meracik makanan hammster
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • Print Friendly

Cara Meracik Makanan Hamster yang Baik – Untuk meracik makanan hamster, dibutuhkan pengetahuan makanan apa saja yang cocok dan baik bagi hamster kesayangan kita. Ada beberapa makanan biji-bijian yang cocok dan baik bagi hamster, berikut ini diantaranya.

 Beras atau Beras merah

Hamster juga membutuhkan karbohidrat, dan beras atau beras merah merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik. Ada yang mengatakan jika lebih bagus memberikan beras masih dalam bentuk gabah (masih ada kulitnya), ini karena kulit beras tersebut mengandung vitamin D. Namun sepertinya lebih ringkas kalau sudah dalam bentuk beras saja, sebab kulit beras umumnya tidak dimakan oleh hamster dan hanya akan mengotori kandang hamster saja.

Biji bunga matahari atau kuaci

Biji bunga matahari atau kuaci merupakan makanan favorit hamster, namun kuaci mengandung banyak lemak. Ini membuat biji bunga matahari tidak boleh terlalu banyak diberikan bagi hamster, sebagian hamster bisa mengalami kerontokan. Dan yang pasti hamster kita bisa kelebihan berat badan bila terlalu banyak di beri kuaci, namun pemberian kuaci yang terjaga walaupun setiap hari sangat baik bagi hamster. Biji bunga matahari juga bisa menjadi solusi saat hamster enggan makan atau jadi cemilan.

Kacang hijau

Kacang hijau merupakan jenis makanan kedua yang menjadi favorit hamster disamping biji bunga matahari. Kacang hijau sangat baik bagi hamster, terutama saat hamster sedag dalam masa kehamilan. Pemberian kacang hijau dapat memperkuat tulang pada janin hamster dan induknya.

Jagung

Jagung juga merupakan sumber karbohidrat, namun jagung kurang di sukai oleh hamster. Sebaiknya beri jangung dalam takaran yang lebih sedikit.

Biji Jawawut atau Jelai

Jawawut adalah sejenis serealia untuk pakan ternak, penghasil malt, dan sebagai makanan kesehatan. Jawawut berbentuk biji kecil, sering juga di berikan sebagai pakan burung. Hamster juga sangat menyukai jawawut ini, jawawut bisa menjadi sumber kalori (energi) dan karbohidrat yang baik disamping nutrisi lainnya. Selain jawawut, jenis makanan dari serealia yang lain seperti biji gandum dan jelai juga bisa diberikan bagi hamster. Namun pilih salah satunya saja.

Cara Meracik Makanan Hamster

Untuk meracik makanan hamster, kita ambil masing-masing 1 bagian dari Biji Jawawut, Kacang hijau, Biji bunga matahari, Beras atau Beras merah , dan setengah bagian jagung. Aduk hingga rata, setelah itu sajikan pada hamster. Selain cara meracik makanan hamster, kita juga mesti memberikan nutrisi terpenting yang di butuhkan hamster. Yaitu air, sipman air dalam ‘dot’ khusus hamster agar air tidak tumpah dan membasahi hamster dan kandangnya. Selamat mencoba.