Home / Pets and Care / Human Care / Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu

Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu

ulat_bulu

Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu РUlat bulu merupakan serangga yang melata yang memiliki racun di bulu tubuhnya. racun ini bertujuan untuk melindungi dirinya bagi predator yang akan memangsanya. terkadang sering manusia terkena racun ulat bulu ini. racun ini bereaksi pada kulit kita dan menyebabkan gatal-gatal. maka dari pada itu hewanpedia akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan gatal akibat ulat bulu :

1. Hilangkan bulu dari ulat bulu yang menempel atau melekat pada kulit agar tidak menyebar ke kulit lain. usahakan dalam menghilangkan bulu ini jangan dengan bagian tubuh yang lain seperti tangan. hilang kan bulu mengunakan alat bantu seperti kertas, salotip, atau alat bantu lainya

2. Jangan pernah di garuk jika mudah terasa gatal. hal ini akan menyebabkan gatal yang merata di seluruh tubuh karena bulu ulat berpindah tempat jika di garuk. di sisi lain hal ini akan menyebabkan infeksi pada kulit jika di garuk secara berlebihan.

3.Basuh bagian yang terkena ulat bulu dengan air garam atau air hangat. jangan gunakan air biasa atau air dingin. hal ini akan memicu racun ulat bulu untuk bereaksi. air garam dan air hangat akan mengurangi efek racun yang di timbulkan.

4. Secara tradisional cara untuk menghilangkan gatal akibat ulat bulu ialah dengan cara mengosokan bagian yg terasa gatal di kulit kepala. hal ini di percaya akan menghilangkan gatal yang terasa akibat racun ulat bulu.

5. bila air garam tidak mempan terhadap gatal. gunakan balok garam dan usap-usapkan di bagian yang terkena bulu. sebisa mungkin haluskan garam terlebih dahulu agar tidak merusak kulit anda.

6. untuk mengobati jika kulit mengalami pembekakkan , segera gunakan virgin coconut oil dan usapkan kepada bagian yang bengkak. virgin coconut oil bisa menetralisir pembengkakan akibat racun ulat bulu. dan jika masih berkelanjutan segera hubungi dokter.

7. Daun cengek juga di percaya dapat menetralisir racun karena daun cengek ini bersifat penetral racun. hal ini dapat dilakukan dengan cara menumbuk dan memeras daun sehingga menghasilkan air. hasil perasan itulah yang di gunakan untuk menetralisir racun ulat bulu dengan cara di usapkan ke bagian gatal.

8. Dan untuk mencegah agar ulat bulu tidak masuk ke rumah anda bisa di gunakan oli bekas atau menyemprotkan insektisida di sekitar rumah. hal ini akan mencegah ulat bulu agar tidak masuk rumah anda.

semoga tips berikut tadi bermanfaat untuk pembaca. terima kasih .

About Reezky11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *