Home / Spesies / Antropoda / Udang hias Red Crystal

Udang hias Red Crystal

udang-red-crystal-2

Udang hias Red Crystal ( Caridina cantonensis sp. ) atau dalam bahasa indonesianya ialah udang hias kristal merah atau juga sering dipanggil dengan sebuatan Red Bee Shrimp atau Crystal Shrimp ini merupakan salah satu udang yang di gen-nya ditemukan oleh peneliti asal jepang, Mr. Hisayasu Suzuki dan diperkenalkan pada tahun 1998.

Udang jenis ini sangat digemari oleh pengemar ikan hias sebagai salah satu koleksi di akuariumnya. Bukan hanya penggemar akuarium, namun para pertani udang juga sangat mengemari udang jenis ini untuk di budidayakan atau diternakan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Fakta Utama :

  • Udang Red Crystal bukan merupakan Udang yang memiliki genetik murni
  • Udang Red Crystal memiliki Indera yang sangat peka
  • Udang Red Crystal memiliki nilai ekonomi yang tinggi
  • Udang Red Crystal perempuan memiliki warna yang lebih menarik dari pada yang laki-laki
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Subphylum: Crustacea
Class: Malacostraca
Order: Decapoda
Infraorder: Caridea
Family: Atyidae
Genus: Caridina

 

Deskripsi  

udang-red-crystal-1

Mengapa dinamakan Udang Red Christal ialah karena corak warna dalam tubuhnya berwarna merah dengan warna dasar yaitu putih. Warna merah yang dimiliki udang jenis ini memiliki warna seperti halnya kristal merah. Itulah sebabnya mengapa dinamakan udang hias Red Crystal. Udang ini juga pantas mendapatkan julukan sebagai Udang Indonesia karena warnanya yang sama dengan warna bendera Indonesia

Udang Red Crystal ini memiliki ukuran seperti udang pada umumnya, berkisar antara 1,8cm. Namun tak jarang ukuran dewasa dari udang jenis ini mencapai 3cm hingga 5cm. Udang jenis ini dalam lingkungannya memerlukan suhu air yang termasuk dalam suhu dingin yaitu berkisar dari 21 hingga 27 derajat celcius. Jadi bagi anda yang ingin menjadikan udang ini sebagai koleksi dalam akuarium atau untuk dibudidayakan maka jangan lupa untuk mengechek suhu dari tempat tinggal udang jenis ini.

Udang Red Crystal juga sangat peka dalam indranya karena mendapatkan genetik dari beberapa jenis udang lainnya. Untuk itu jika melakukan pengeriman atau pemeliharaan Udang ini haruslah mengerti betul mengenai Udang ini.

Penyebaran dan Habitat

Habitat alami udang jenis ini masih belum ditemukan. Hal ini disebabkan karena Udang ini merupakan hasil dari ekperimen. Udang Red Crystal ini awalnya berasal dari Jepang. Udang ini merupakan spesies baru karena hasil dari perubahan gen Udang. Namun Udang penyebaran udang yang memiliki jenus sama dari Udang Red Crystal yaitu Caridina dapat ditemukan diperairan tropis dan suptropis, meliputi Afrika, Oceania, serta Asia.

Dari data yang ditemukan, di Indonesia sendiri udang ini dapat ditemukan di desa-desa di kaki Gunung Salak Bogor karena desa-desa tersebut membudidayakan udang ini untuk tujuan Export atau dipasarkan di pasar sekitar. Harga untuk pasar sekitar berkisar dengan harga Rp. 5000-15000 per ekor tergantung ukuran Udang sendiri. Sedangkan untuk di Ekspor, harga udang ini dapat mencapai beberapa kalilipat harga dipasar sekitar.

Makanan

udang-red-crystal-3

Seperti Udang pada umumnya, Udang Red Crystal ini menyukai makanan ikan seperti pada umumnya yaitu alga hijau. Namun akan lebih baik jika Udang ini diberikan makanan sayuran lunak atau bisa juga dengan menyajikan makanan yang berbahan dasar daging. Sayuran lunak tersebut bisa berupa timun dan bayam. Ketika anda menemukan kotoran setelah Udang ini beranak, maka jangan dibersihkan. Hal ini dikarenakan makanan dari anak Udang Red Crystal ialah cakang dari bekas telurnya.

Referensi

  • Udang Cantik Nan Lebay Duitnya, Kompasiana.

http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/06/10/udang-cantik-nan-lebay-duitnya-menengok-usaha-budidaya-udang-crystal-567427.html

  • Teknik Jitu Pijahan Udang Hias, Babeja.

http://www.bebeja.com/teknik-jitu-pijahkan-udang-hias/

  • Crystal Red Shrimp, Animal Post

Crystal Red Shrimp

 

 

 

About Reezky11

Check Also

Red Tail Barracuda (Acestrorhynchus falcatus)

Red Tail Barracuda (Red Tail Barracuda (Acestrorhynchus falcatus)) mempunyai banyak nama yang berbeda di pasaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *