Teknik Mancing di Sungai Arus Deras – Mancing di sungai dengan aliran air yang deras mempunyai tantangnan tersendiri bagi para pemancing. Dengan air sungai yang mengalir deras, akan sulit bagi kita untuk menempatkan umpan pancing kita di tempat yang kita inginkan, karena pasti akan terspu derasnya aliran air sungai. Dengan kondisi seperti ini kita membutuhkan strategi khusus untuk mensiasati agar tetap bisa mancing walau aliran air sungai deras.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita memancing di sungai dengan aliran air yang deras adalah sebagai berikut :

  1. Joran atau Tongkat Pancing dan senar pancing.

    Pakai joran yang lentur dan senar yang kuat, karena kekuatan ikan akan menjadi dua kali lipat lebih kuat karena dibantu oleh arus sungai.

  2. Mata kail dan pemberat.

    Untuk mata pancing/kail pun jangan terlalu besar, kecuali jika target memancing kita sudah jelas ikan-ikan besar seperti Bebeong dan Hampala, cukup ukuran 1 – 2,5 saja. Gunakan pemberat atau timah agar umpan dapat segera sampai ke dasar sungai sebelum terbawa oleh derasnya air.

  3. Tempat Mancing.

    Pilihlah tempat yang kering dan padat agar anda tidak terpeleset saat menarik ikan. Jika ada tempat berbatu besar dan tinggi, akan lebih baik kita memancing dari atas batu itu agar pandangan kita menjadi lebih luas dan bisa memilih spot memancing yang lebih banyak.

  4. Teknik memancing.

    Untuk tehnik mancing, ada dua tehnik yang bisa kita gunakan, yaitu :

  • Teknik yang paling sering dipakai adalah dengan melemparkan kail jauh ke sungai ke arah berlawanan dengan arus sungai sejauh mungkin dan membiarkan umpan dan pemberat mencapai dasar sungai dengan sendirinya dan membiarkan umpan bergerak sendiri oleh dorongan arus sungai. Pemberat sangat penting agar umpan tidak melayang kemana-mana terbawa arus sungai.
  • Umpan hanya diletakkan di pinggir-pinggir sungai berarus deras. Biasanya ada jenis ikan maupun belut yang suka mencari makan di sisi-sisi sungai. Terkadang juga banyak ikan yang tersembunyi dibawah dahan pohon yang dekat dengan permukaan sungai maupun di sela- sela akar pohon yang masuk ke dalam sisi sungai. Cukup letakan joran dengan ujung joran mendekati air dan usahakan umpan melayang-layang di sungai, tidak sampai ke dasar sungai.

Demikian sedikit tips dan trik untuk mancing di sungai yang berarus deras. Kami sarankan untuk tetap memperhatikan keselamatan anda karena memancing disungai yang berarus deras memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. Selain itu juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk bisa mendapat ika, jadi selain tips dan trik diatas, seyogyanya anda terlebih dahulu memperhatikan situasi dan kondisi tempat dimana anda memancing.

(zonamancing)