Home / Fun / Teknik Mancing Konceran

Teknik Mancing Konceran

Teknik Konceran atau yang biasa disebut Ngoncer adalah merupakan salah satu teknik mancing menggunakan umpan asli (alami) yang dilemparkan ke air atau spot dan keadaan umpan melayang-layang di atas air. Umpan itu dihanyutkan mengikuti arus (untuk umpan mati) atau dibiarkan berenang bebas (untuk umpan hidup).


Ngoncer biasanya dilakukan tanpa pemberat, kadang kala malah diberi alat bantu seperti balon yang berfungsi menjaga agar umpan tidak menyelam terlalu dalam. Target ikan yang ingin dipancing dengan menggunakan teknik ngoncer ini adalah jenis ikan-ikan pelagis yang biasanya mencari makan di permukaan, seperti Tenggiri dan Barracuda.

Peralatan Ngoncer

1. Reel

Gunakan reel dengan tipe Baitrunner, cirinya adalah mempunyai dua drag knob yang letaknya dibagian belakang reel dan di spool. Biasanya juga dilengkapi dengan tuas pengaktif (sistem) free spool, hal ini bertujuan agar umpan bisa bergerak bebas sebatas tahanan yang di set di drag belakang.

2. Joran

Gunakan joran yang memiliki action medium dan terbuat dari bahan carbon.

3. Umpan

umpan yang digunakan berupa ikan hidup seperti ikan tembang, selar, kembung, alu-alu dll.

4. Senar

Untuk senar monofilament gunakan ukuran 16lbs-20lbs. Atau bisa juga menggunakan Fluoro Carbon ukuran 20-30lbs.

5. Float

Kadang-kadang float juga tidak digunakan dalam teknik mancing ngoncer ini, untuk jenis float yang digunakan biasanya running float ataupun statis float. Usahakan pelampung tidak melebihi besar bola pingpong. Tujuan penggunaan float adalah agar ikan tidak berenang terlalu ke bawah sehingga akan selalu berada dipermukaan air. Bisa juga menggunakan balon.

6. Hook, neklin dan swivel

Rangakaian yang digunakan adalah rangkaian rigging 2 mata kail dengan neklin dan swivel.

Ngoncer Action

Inti dari teknik ngoncer ini adalah menjaga umpan agar tetap berada di daerah permukaan air sampai ikan predator memangsa ikan yang kita jadikan umpan barulah fight dimulai. Rangkaian yang digunakan adalah rigging 2 mata kail, cara pemasangannya adalah satu kail di bagian punggung ikan yang kita jadikan umpan dan satu lagi dibiarkan saja.

Teknik Konceran ada dua jenis yaitu :

1. Teknik Konceran Umum

Yaitu teknik memancing koncer yang umum dilakukan. Secara garis besar teknik tersebut terbagi menjadi dua kategori dalam hal penggunaan piranti, pertama menggunakan piranti mancing modern dengan joran/stik dan kedua menggunakan piranti mancing konvensional dengan piranti mancing gulung. Dalam hal fungsional, teknik konceran ini dapat digunakan di kolam, pinggir sungai, muara, pantai, dermaga dan di laut.

2. Teknik Konceran Cebluk

Yaitu menggunakan teknik memancing konvemsional atau piranti pancing gulung.

Cara bekerja Teknik Konceran :

1. Teknik Konceran Umum

Pada prinsipnya teknik ini adalah melontarkan umpan asli hidup/mati sejauh mungkin ke permukaan air (lokasi spot) dan umpan melayang-layang di dalam air tapi tidak terlalu dalam dari permukaan air. Pergerakan umpan seiring dengan hempasan ombak laut dan pergerakan arus air laut.

2. Teknik Konceran Cebluk

Prinsip bekerjanya umpan ditentukan dari timah kerucut yang digunakan. Karena posisi timah kerucut yang fleksibel pergerakannya sehingga para mania bisa menentukan target perburuan pada posisi yang diinginkan. Pergerakan umpan sangat bebas di dalam air mulai dari atas, tengah sampai dasar laut atau sebaliknya tergantung dari tekanan/dorongan air laut dan keadaan arus air laut yang mempermainkan gerakan umpan sehingga tingkat akurasi untuk mendapatkan target ikan sangat memungkinkan.

Efektifitas Teknik Konceran

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Lokasi Spot

Teknik Konceran akan efektif apabila pemancing yakin lokasi spot yang dituju terdapat ikan buruan, jadi jika di lokasi tersebut terdapat ikan yang beraksi di permukaan air laut maka disarankan pergunakanlah teknik konceran umum. Dan apabila di lokasi tidak ada ikan yang beraksi maka gunakan konceran cebluk.

2. Penggunaan Umpan

Pemahaman tentang umpan dalam teknik konceran sangat penting untuk mendapatkan hasil target ikan yang efektif dan optimal. Penggunaan umpan ada dua jenis yaitu umpan ikan hidup dan umpan ikan mati yang masih segar.

Berikut ini target ikan dan umpan yang dipergunakan :

  • Tenggiri/talang-talang/wahoo umpan : kembung/selar/layang/como/belida/tembang/bandeng
  • Barakuda/baracota/lemadang umpan : cumi/ikan tanpa sisik/ikan sisik perak
  • Layur umpan : cumi/ikan teri ukuran besar
  • Manyung/pari (konceran cebluk) umpan : cumi/kurisi/layang
  • Kuwe (GT)/budun umpan : cimu/ikan tanpa sisik/ikan sisik lunak
  • Tuna (konceran cebluk) umpan : ikan tanpa sisik/ikan sisik lunak
  • Hiu (konceran cebluk) umpan : ikan tanpa sisik/ikan sisik lunak
  • Billfish/sailfish umpan : ikan tanpa sisik

(IftFishing)

About Reezky11

Check Also

Tips merawat alat pancing

Merawat alat-alat pancing adalah kegiatan yang sangat vital bagi para mancing mania, hal ini bertujuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *