Home / Fun / Edukasi / Cara Mengatasi Gigitan Semut Api

Cara Mengatasi Gigitan Semut Api

Cara Mengatasi Gigitan Semut Api – Gigitan semut api dikenal menimbulkan rasa panas, nyeri, sekaligus gatal yang intens. Saat menggigit kulit, semut api juga menginjeksikan racun yang disebut solenopsin dalam tubuh. Gigitan menimbulkan ketidaknyamanan yang harus segera diatasi.

Pertolongan Pertama pada Gigitan Semut Api
Saat baru saja digigit semut api, langkah berikut perlu segera dilakukan untuk meminimalkan efek gigitan.

1. Segera singkirkan semut api

Semut api dikenal karena sifat agresif mereka. Untuk mencegah kejadian lebih parah, segera singkirkan semut yang masih menempel di tubuh. Jangan singkirkan semut dengan tangan kosong, Anda bisa menggunakan kain atau handuk agar semut tidak justru berpindah dan menggigit tangan. Jika Anda berada di daerah yang banyak semut apinya, segera menyingkir ke tempat yang lebih aman.

2. Cuci daerah yang terkena gigitan

Cuci daerah yang digigit menggunakan air hangat dan sabun antibakteri. Anda juga bisa mencoba menekan kulit untuk mengeluarkan racun. Cara lain, cuci luka gigitan dengan larutan pemutih yang ditambahkan air pada perbandingan yang sama. Jika Anda bisa menahan rasa sakit, cuci luka menggunakan alkohol untuk memastkan luka terbebas dari infeksi. Pastikan membersihkan luka sesegera mungkin, sebaiknya dalam waktu 10 menit setelah gigitan.

3. Jangan menggaruk bekas gigitan

Racun semut api menyebar segera dan menyebabkan rasa terbakar dan gatal luar biasa. Meskipun terasa amat gatal, jangan menggaruk bekas gigitan karena hanya akan membuat infeksi menyebar ke daerah yang lebih luas. Obat antihistamin oral mungkin diperlukan bagi orang yang alergi terhadap gigitan semut api.

4. Oleskan krim antiseptik

Selanjutnya, oleskan krim antiseptik pada daerah yang digigit. Mengoleskan krim kortikosteroid topikal seperti Hidrokortison 1% akan membantu mengurangi bengkak dan gatal akibat gigitan semut api. Jika tidak tersedia, Anda bisa membuat pasta dari aspirin yang dihaluskan dan diberi sedikit air. Oleskan pasta ini pada kulit yang terkena gigitan.

Cara lain, kompres gigitan dengan air dingin untuk mencegah pembengkakan.

Cara Alami Mengobati Gigitan Semut Api

Empat langkah diatas sudah cukup efektif untuk mengatasi gigitan semut api. Namun, Anda juga bisa menggunakan beberapa pengobatan alami untuk mempercepat penyembuhan bengkak akibat gigitan semut.

Berikut adalah diantaranya:

  1. Oleskan minyak “tea tree oil” untuk membantu menghilangkan racun akibat gigitan semut api.
  2. Pasta lidah buaya bisa pula digunakan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.
  3. Oleskan minyak peppermint atau minyak lavender untuk mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.
  4. Mandi dengan air hangat yang telah dicampur dengan 2-3 cangkir boraks. Boraks adalah boron mineral yang membantu menarik racun dari kulit.

About Reezky11

Check Also

Pengertian Hutan, Cagar Alam, Suaka Margasatwa

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *