Sunday , 21 September 2014
Hot Info
Home » Random Catagory » Herbivora » Kangguru

Notice: Undefined index: tie_sidebar_pos in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/single.php on line 25

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 4

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 9

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 45

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 62

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 69

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 84

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 103

Notice: Undefined index: tie_post_head in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-head.php on line 114

Kangguru


Notice: Undefined index: tie_hide_meta in /home/k9420531/public_html/wp-content/themes/sahifa/includes/post-meta.php on line 3
Kangguru  300x216 Kangguru

Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguruKangguru merupakan hewan unik dari Australia. Hewan ini memiliki bentuk yang lucu, memiliki empat kaki dan kantung pada perutnya. Kangguru berjalan dengan mengandalkan dua kaki belakangnya, caranya melompat-lompat. Sedangkan dua kaki depan dipakai untuk membungkuk ketika mencari makan. Kangguru merupakan hewan endemic Australia, artinya spesies kangguru hanya dijumpai di daratan Australia.


Begitu terkenalnya kangguru, hingga hewan mamalia ini dijadikan ikon fauna Benua Australia.  Kangguru dijadikan simbol negara dan diabadikan dalam brand yang berkaitan dengan Australia seperti simbol armada udara, Qantas Air Line. Australia stamp dan lain sebagainya.  

Beralih ke negeri kangguru atau Australia, menuru sejarah, Australia merupakan benua harapan kedua setelah Amerika. Benua Merah, ini ditemukan pertama kali oleh pelaut Inggris yakni Captain Cook pada abad tahun 1600, yang kemudian dilanjutkan imigrasi besar-besaran dari Inggris.   

Zoologi
 
Ada tiga spesies kanguru:

  • Kanguru Merah
Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.
  • Kanguru Abu-abu Timur
Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.
  • Kanguru Abu-abu Barat
Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling.
Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput.

Makropod

Kangguru 2 300x194 Kangguru
Tulang Kangguru

 
Sebagai tambahan, ada 60 makropod yang lebih kecil yang masih berhubungan dengan kanguru yaitu:

  • Kanguru Pohon. Kanguru jenis ini hidupnya di atas pohon. Pada siang hari mereka tidur di dahan-dahan pohon. Pada malam hari mereka makan daun dan buah. Kanguru Pohon bisa ditemukan di hutan hujan tropis yang padat di Australia bagian timur laut dan New Guinea. Beberapa kanguru Pohon adalah hewan yang dilindungi. Kebanyakan dari mereka hampir punah disebabkan oleh perusakan lingkungan.
  • Wallabi
  • Wallaroo
  • Quokka

Deskripsi Fisik
Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau terkadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.

Menelisik Kangguru Sebagai Ikon Australia  

Kangguru 3 300x199 Kangguru
Tulang Tengkorak Kangguru

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang benua kangguru lebih dalam. Ada baiknya kita membicarakan lebih lanjut tentang hewan berkantung ini. Kangguru memiliki nama latinnya Macropus giganteus. Ciri yang paling sepesifik adalah hewan ini berkantung atau istilah ilmiahnya marsupialia. 

Fungsi kantung kangguru adalah sebagai incubator alami, jadi setelah kangguru betina dibuahi oleh kangguru jantan, pada masa beberapa bulan janin kangguru akan naik sendiri menuju kantong, perpindahan proses berkembangan dari janin menjadi anak kangguru. 

Fungsi kantong adalah incubator. Jadi anak kangguru bisa dibawa kemana-mana oleh induknya. Dalam klasifikasi makanan, kangguru adalah hewan mamalia atau pemakan tumbuhan dan buah. Porsi makan kangguru hampir 20% dari total berat badannya.  

Kawanan kangguru pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, ketika mencari makan. Dalam satu koloni kangguru terdapat lebih dari 20 ekor dan satu pemimpinnya. Mereka bermigrasi bersama mencari padang rumput baru. 

Di Australia ternyata terdapat tiga jenis kangguru yang berbeda. Kangguru merah, kangguru abu-abu sepies timur dan kangguru abu-abu dari barat. Walaupun sama dalam satu jenis ternyata ada berbedaan dalam segi fisik. Yang menyebabkan perbedaan karena faktor ketersediaan makanan, goegrafis dan faktor genetis. 
Namun, kangguru yang paling besar adalah kangguru merah atau red kanggoroo. Tinggi badannya bisa mencapai dua meter, sedangkan bobot kangguru merah dewasa lebih satu kwintal. Kangguru merah merupakan hewan yang berbahaya bagi manusia, serangan kangguru sangatlah fatal dan mematikan.  
Hewan ini akan menyerang kalau terdesak, misalnya anaknya diganggu atau teotorialnya diusik oleh manusia. Musim kawin kangguru pada musim hujan saat habitatnya basah,dan banyak terdapat sumber makanan. Usia kangguru siap kawin adalah delapan bulan. Kangguru hanya melahirkan satu anak dalam satu kali siklus reproduksi. 

Mengapa Dinamakan Kangguru?  

Nama kangguru adalah hasil dari miskomunikasi antara pelaut dari Inggris dan orang aborigin. Waktu itu pelaut Inggris menjumpai hewan berkantung yang jalannya meloncat-loncat dan bertanya kepada orang aborigin. Hewan apakah itu? Orang aborigin juga tak mengerti? Kemudian menjawab kepada pelaut barat, “kanggoroo”, yang artinya saya tak tahu.   

Namun jawaban dari aborigin diartikan nama hewan itu adalah kangguru. Padahal arti harfiah kanggoroo adalah saya tak tahu. Kesalahan dalam translate menghasilkan nama baru bagi hewan berkantung, yakni kangguru. Sejak itu kangguru dikenal luas oleh pelaut dan pendatang dari Eropa. 

Sejarah Negeri Kangguru 

Kangguru 4 300x198 Kangguru
Anak Kangguru yang baru lahir

Australia merupakan tanah harapan kedua setelah Amerika. Australia mulai dihuni oleh imigran dari Eropa, setelah ekspedisi orang Belanda, William Janzoon menjejak kakinya di benua selatan. Kemudian pelaut legendaris dari Inggris, William Dampier meneruskan langkah William Janzoon menjelajah pantai-pantai di Australia.  

Keberhasilan ekspedisi di tanah kangguru lantas dilaporkan kepada Kerajaan Inggris. Kemudian pada 1700 terjadilah ekspedisi besar-besaran dari Inggris. Tujuan ekspedisi ini adalah membuang tahanan penjahat dari barat untuk dipekerjaan di benua baru. Tahanan itu dipekerjaan di Australia untuk membangun sarana dan infrastruktur. 

Selain itu dipaksa mencari sumber mineral baru seperti emas dan perak dan minyak. Sebetulnya, Belanda ternyata berminat dengan benua baru, di selatan Hindia Belanda, daerah jajahannya. Namun karena kalah cepat dan kalah strategis dengan rivalnya Inggris Raya, akhirnya Belanda gigit jari, dan tanah harapan dikuasai oleh Kerajaan Inggris. 

Autoriti Australia adalah bagian dari kekuasaan Inggris. Konflik antar pendatang Eropa dan penduduk asli Australia atau aborigin terus berlangsung, orang asli Australia terus terdesak hingga bergeser ke pedalaman. Bahkan  ketika masa-masa awal imigrasi pernah terjadi pembasmian penduduk aborigin, demi kepentingan ekonomi bangsa Eropa pendatang. 

Mengingat sumber daya alam negeri kangguru menyimpan banyak kekayaan. Seperti emas, opal, minyak bumi dan lain sebagainya. Orang Eropa datang ke Australia hanya untuk berburu emas dan mineral lainnya untuk dijual di tanah kelahiraannya. Hingga sekarang bahkan jumlah penduduk keturunan Eropa lebih banyak dari pada orang aboriginnya sendiri. Itulah namanya risiko dari invansi, pasti ada yang dirugikan dan diuntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− two = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.