Hot Info
Home » Pets and Care » Bird Care » Tips Merawat Jalak Suren

Tips Merawat Jalak Suren

Tips Merawat Jalak Suren - Jalak suren sebenarnya bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok Indonesia. Namun, sekarang burung ini semakin sulit ditemukan. Apa yang dialami burung lain, populasinya kian hari kian susut di alam, ternyata juga dialami jalak suren. Pencemaran sawah oleh pestisida, penangkapan untuk dipelihara atau diperdagangkan, dan penciutan hutan merupakan penyebab utama menurunnya populasi jalak suren yang bernama ilmiah Sturnus contra jalla.

Keistimewaan jalak suren Jalak suren dilambangkan sebagai burung jinak penjaga rumah. Dengan memelihara burung ini, rumah akan selalu terjaga setiap hari. Mungkin ada benarnya anggapan ini karena jalak suren merupakan burung yang sangat peka. Jika ada orang datang, akan bersuara nyaring dan bervariasi. Bisa dipahami kalau banyak orang yang memelihara burung ini.


Ada empat alasan orang memelihara jalak suren. Pertama, untuk menjaga rumah. Kedua, untuk kesenangan. Ketiga, untuk memancing suara burung lain agar ikut berkicau. Kecerewetan jalak uren akan merangsang burung lain untuk mengeluarkan nyanyiannya. Jalak suren dapat dijadikan master bagi whamei atau whabi. Keempat, untuk ditangkarkan. Usaha penang-karan dilatarbelakangi oleh kesa-daran terhadap kelestarian jenis burung ini dan alasan ekonomis. Jalak suren hasil penangkaran dapat diperjualbelikan dengan harga Rp 900.000,00 per pasang.

Membedakan jantan dan betina

Jalak suren mulai dewasa pada umur 8-10 bulan. Ciri fisik dan tingkah laku burung jantan dan betina mulai bisa dibedakan. Untuk membedakannya, harus dilakukan dengan pengamatan yang seksama.
Jalak suren jantan memiliki tubuh berbentuk lurus dengan ukuran relatif lebih besar dari betina. Tubuhnya lonjong dan panjang, kepa-lanya lebih besar dan bulat, paruhnya relatif lebih panjang dan kokoh. Bulu kepala, punggung, dan dada berwarna hitam legam dan mengilat. Warna merah pada kulit di atas mata lebih cerah dan jelas. Pada bagian yang memiliki bulu warna putih, di tubuh bagian bawah, kelihatan lebih bersih. Ekornya sedikit lebih panjang dan menyatu. Jari-jari kakinya lebih panjang dan lebih kokoh. Jambul kepalanya lebih panjang dan lebih melebar saat mengembang.


Yang betina memiliki bentuk tubuh bulat dan pendek. Warna hitam dan putihnya agak suram. Paruh, jari kaki, dan ekornya lebih pendek dan halus. Kepalanya agak ramping. Warna merah pada bagian mukanya lebih pucat dibanding burung jantan.

Selain itu, aktivitas dan gerakan burung jantan relatif lebih lincah dan agresif dari yang betina. Suara ocehannya lebih cerewet, bervariasi, dan lebih keras dari betina.Untuk tujuan penangkaran, burung jantan dan betina harus dipilih yang memiliki pandangan mata tajam, postur tegap, gesit, gerakan lincah, suara lantang, dan nafsu makan tinggi.

Cara menangkar



Penangkaran merupakan solusi penting dalam menjaga populasi jalak suren supaya tidak sampai punah. Dalam menangkarkan jalak suren, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan.
Kandang sebaiknya memiliki bentuk meninggi. Di dalam kandang disediakan tanaman yang tinggi, bercabang banyak, dan berdaun lebat, misalnya kemuning, klampis, kersen, atau tanaman lain yang mirip dengan tanaman tersebut. Lantai kandang juga perlu ditanami tanaman perdu atau semak dan rumput-rumputan. 



Tempat berteng-ger diupayakan yang besar atau melebar untuk memudahkan perkawinan. Tempat pakan harus cukup memadai dan kebersihannya dijaga. Tempat minum dan mandi juga perlu disediakan. Sinar matahari harus dapat masuk ke kandang secara memadai. Banyaknya sinar matahari yang masuk sangat menentukan produktivitas perkawinan dan telur. Selain itu, tentunya juga perlu tempat berteduh sewaktu ada hujan.


Menurut pengalaman, jalak suren yang ditempatkan dalam kandang berukuran 100 x 175 x 200 cm atau yang lebih besar lagi (3 x 3 x 4 m) ternyata bisa berkembang biak dengan baik. Perlengkapan yang ada di dalam kandang ditata hingga menyerupai kondisi alami.Pakan yang diberikan berupa pepaya, pisang, dan serangga (misalnya kroto, ulat bambu, ulat hongkong, atau jangkrik.


Selain itu, juga diberi voor yang berkualitas baik. Dengan pakan seperti ini, sepasang jalak suren yang sudah jodoh akan berkembang biak dengan baik.Jalak suren mulai siap berbiak pada umur 10-12 bulan. Satu tahun untuk betina dan 1,5-2 tahun untuk jantan merupakan umur ideal untuk penjodohan. Biasanya betina lebih cepat dewasa kelamin dibanding jantan.

Tehnik penjodohan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, kalau jumlahnya banyak, penjodohan bisa dilakukan secara bebas. Artinya, masing-masing burung dibebaskan memilih pasangannya. Bila ada sepasang burung yang saling berdekatan, berkicau sahut-sahutan, dan bercumbu, itu pertanda jodoh. Burung yang sudah jodoh harus dipindahkan dalam kandang tersendiri. Biasanya burung yang sudah jodoh akan merajai di antara yang lain dan menyerang sesamanya atau sebaliknya diganggu oleh yang lain yang sama-sama jodoh atau berebut jodoh. Ini akan mengganggu proses perkawinan dan perkembangbiakan selan-jutnya.


Jika hanya ada dua ekor, seekor jantan dan seekor betina, penjodo-han dapat dilakukan dengan mendekatkan betina ke jantan. Caranya, burung betina dimasukkan dalam sangkar kecil atau sangkar gantung. Burung jantan dibiarkan dalam kandang penangkaran. Selanjutnya, sangkar kecil berisi burung betina dimasukkan ke dalam kandang penangkaran. Karena memiliki sifat berahi yang tinggi dan musim kawin sepanjang tahun, kedua burung ini akan segera jodoh.


Burung yang sudah jodoh akan melakukan perkawinan 2-4 minggu setelah penjodohan. Selanjutnya, burung akan membuat sarang untuk bertelur pada tanaman yang banyak cabangnya.Dalam kandang penangkaran jalak suren dapat dirangsang membuat sarang. Caranya, di beberapa tempat yang layak untuk bersarang -misalnya pada tanaman yang memiliki banyak cabang kuat, terlidung, dan aman dari gangguan- diberi tatanan dasar sarang. Di tempat-tempat yang telah ditentukan itu ditaruh bahan sarang seperti jerami, akar sulur yang panjang, ranting-ranting, atau daun-daunan. Bahan sarang ini ditata melingkar atau dalam tumpukan yang teratur. 

Cara ini dapat merangsang dan membantu jalak suren untuk bersarang.

Jalak suren akan memilih sendiri tempat yang sesuai untuk bersarang. Pembuatan sarang dilakukan selama 5-10 hari, tergantung agresivitas burung. Ukuran sarang termasuk besar. Panjang tumpukan susunan sarang antara 35-45 cm, lebar 20-30 cm, dan tinggi sekitar 20 cm. Lubang tempat keluar masuknya burung berada di permukaan atas sarang, agak miring dengan derajat kemiringan antara 40-45°.

Jalak suren merupakan salah satu, mungkin satu-satunya, jenis dari keluarga Sturnidae yang membuat sarang bukan di dalam rongga pohon, tetapi menaruh sarang pada cabang-cabang pohon.Telur jalak suren berwarna biru, berukuran 19,8 x 27,7 mm, dan berjumlah 3-4 butir. Telur dierami bergantian oleh burung jantan dan betinanya. Telur-telur itu akan menetas setelah 14 hari dierami. Selain sebagai pengganti selama pengeraman telur, yang jantan juga bertindak sebagai penga-man di luar sarang. Anak jalak suren akan dipelihara induknya sampai berumur 1,5 bulan.Jalak suren bisa berkembang biak sepanjang tahun. Puncak perkembangbiakan terjadi pada pertengahan tahun, yaitu antara bulan Januari-Juni. Bulan Juli-Desember merupakan masa penurunan perkawinan.

Jika Anda menangkar burung jalak suren usia dewasa dengan kondisi terlihat sehat tetapi tidak juga birahi dan kawin, atau kawin dan bertelur tetapi banyak telur yang tidak jadi, Anda bisa melakukan terapi pemberian BirdMineral selama 4-5 hari kemudian dilanjutkan dengan pemberian BirdMature yang cair (campur ke kroto) selama 6-7 hari. Setelah pemberian sepekan dilihat perkembangannya. Jika belum ada tanda kawin, ulang pemberian selama 6-7 hari an dilihat lagi perkembangannya. Apabila tetap bermasalah, maka kemungkinan besar ada hal yang menjadi gangguan sehingga burung tidak tenang, seperti keberadaan tikus, orang lalu lalang, udara terlalu panas dan sebagainya.

Perawatan anak
 


Induk jalak suren akan menyuapi anaknya yang baru menetas dari telur dengan pakan berupa serangga, misalnya kroto, belalang, kupu-kupu, jangkrik, ulat hong-kong, ulat bambu, atau jenis serangga lain yang dijumpai. Anak jalak suren jarang disuapi buah-buahan. Demikian pula dengan anak yang sudah keluar dari sarang, pakan yang diberikan berupa serangga, sampai anakan umur 1-1,5 bulan. Setelah itu anak jalak suren mulai makan buah-buahan.


Pemberian makanan dilakukan 1-2 jam sekali setiap hari. Kira-kira umur 1,5 bulan anak jalak suren sudah disapih oleh induknya.Selanjutnya anak jalak suren dapat dipisah dari induknya dan diperlakukan seperti halnya jalak suren dewasa. Burung muda ini selanjutnya bisa dilatih suaranya atau ditangkarkan seperti induknya.

Sumber : Gudangburung.com

One comment

  1. Extra Fooding Alternatif sebagai pengganti serangga (jangkrik dan ulat) hidup yang biasa di berikan ke burung jalak suren anda

    Extra Fooding Pengganti Serangga Hidup untuk Jalak Suren Kesayangan Anda

    Extra Fooding MARKEL, Solusi Cerdas untuk Jalak Suren Kesayangan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


two + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

a complimentary shuttle service is also available to hotel guests With the loss of so many quality players it is tough to see Florida repeating the success of the last 4 years. This younger group should improve as the season rolls along. This team has the talent to win 10+ games again, but don look for them in the BCS Championship game this season. Sequences vanished for budget reasons, like the journey to Hell, Cerebus, and the dual monsters Scylla and Charybdis. Those sequences that remained got juggled a bit. Beverly Cross said, 'I took over the script, and since I knew the stories, I corrected some of the more flagrant errors. Ray was very positive about the effects he wanted to do. I think that some retailers just eventually go "out of fashion" and can't compete on price alone with a Michael Kors (NYSE:KORS) brand. But a possible "macro" explanation may be a short term shift in consumer spending toward bigger ticket items caused by a unique combination of rising home equity values and sales the wealth effect and the rise in interest rates motivating consumers to "buy now" (cars, appliances, and other durables) while interest rates are low. He also may have shown off the inside of the leather to reveal the natural color, but wouldn this mean it not fully dyed or aniline? I may be mistaken this tidbit from a different shop, I check again. Still, is lambskin expected to be uniform throughout after dyeing? So far this leather looked much better than other shops save for Hermes, which was too heavy anyway (double sided and reversible). So let's get to it. Welcome to Part one of my personal guide to scoring "Streetwear successs. Firstly, I would like to start by thanking the internet, yes, the internet which I capitalized on to garner an international presence at such an unexpected rate. It is probably the most effective and cost efficient method towards not only building brand recognition globally, but to also sky rocket your sales volume, gain more business opportunities, diversify your network, and most importantly, save more time. While the name Mill Creek BBQ Restaurant would suggest an eatery proficient in preparing succulent, Southern style the reality at this Redlands, Calif., spot was that owners Lisette and Steve Brown were dishing up bland food in a poorly run environment, according to Robert Irvine. In the first mission of Restaurant: Impossible, Season 8, the fearless and determined host worked on revamping Mill Creek menu in the hopes of offering more full flavored favorites. He and his team had only two days and a limited budget to execute their plans, plus give Steve the tools to successfully run the restaurant and dissolve the strain on the Browns blended family. Read on below to hear from Steve a few months after Mill Creek Impossible transformation, and learn how his business and family are doing today.nono hair removal
nono hair removal
no no pro
porn
no no pro
kamagra
coach outlet
xvideos
black porn
youjizz
anime porn
porno
cartoon porn
kiamagra uk
pornhub
pornhub
youporn
TuKif
porno
sac michael kors
montre michael kors
montre rolex
replica watches
rolex submariner
cartoon porn
black porn
cartoon porn
free black porn
iphone parts wholesale
iphone screen replacement
oakley sunglasses
ray ban sunglasses
replica watches
best electronic cigarette
electronic cigarette
michael kors watches
replica watches
true religion outlet
watches replica
coach outlet
sac michael kors
replica uhren
electronic cigarette
coach outlet
electronic cigarette
replica bags
electronic cigarettes
michael kors taschen
sac louis vuitton
michael kors klokker
michael kors veske
montre michael kors
canada goose outlet
coach outlet store
Michael Kors Outlet
abercrombie
sac louis vuitton
burberry schal
coach outlet
Michael Kors Watches
canada goose parka
replica watches
sac lancel
replique montre
links of london charms
coach outlet
orologi replica
woolrich
kamagra
canada goose
Michael Kors Watches
coach factory outlet
replica clothing
coach outlet
gucci outlet
coach factory outlet
moncler outlet
replica watches
Rolex replica
replica watches
valentino outlet
gucci outlet
woolrich
replica rolex
orologi replcia
orologi replica
borse replica
wandtattoo
woolrich outlet
burberry outlet
Christian Louboutin Schuhe
Christian Louboutin Canada
Christian Louboutin Australia
Chanel Flats
chanel espadrilles
Murnauer Kaffeerösterei
Net on TV
ISAD e.V.
burberry online shop
Parajumpers dam
Isabel Marant Sneaker
Scroll To Top
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.