Si raja rimba ini termasuk juga binatang yang sedikit bergerak. Mereka dapat diam saja tidak lakukan suatu hal yang bermakna sepanjang nyaris 20 jam dalam satu hari. Kesibukan mereka banyak dikerjakan di petang hari hingga matahari terbit. Kesibukan binatang singa itu mencakup bersosialisasi, bersihkan badan, serta buang air. Kesibukan perburuan binatang singa ini juga lazimnya dikerjakan pada malam hari.

Tak seperti type kucing besar yang lain yang condong hidup menyendiri, mereka hidup berkelompok. Mereka hidup serta berburu berbarengan. Sekumpulan binatang singa umumnya terbagi dalam seekor singa jantan dewasa juga sebagai pemimpin grup, 5 – 6 ekor singa betina, serta anak-anak singa baik jantan ataupun betina.

Umumnya ada pula grup binatang singa yang mempunyai 1 – 2 pejantan. Bila sudah seperti itu, makin lama beberapa singa jantan berkelahi serta sama-sama saling mengusir. Anak singa jantan yang beranjak dewasa juga bakal diusir dari grup untuk membuat kelompoknya sendiri.

Pada suatu grup binatang singa, singa betina lah yang lakukan perburuan mangsa. Bentuk badan singa betina yang lebih langsing, kecil, lincah, serta tangkas untungkan dalam berburu. Bila singa jantan yang berburu, ia bakal kerepotan lantaran ada surai. Surai itu membuatnya mudah dikenali oleh mangsa dan surai tersebut membuat sang raja rimba gampang kepanasan waktu lari memburu mangsa.

Walau demikian, pada beberapa hal singa jantan menolong beberapa betina membunuh mangsa yang telah dilumpuhkan pada awal mulanya. Waktu makan, singa jantan bakal makan duluan, serta membagi jatahnya untuk beberapa anak mereka ; sedang singa betina mengonsumsi bekasnya. Jika kebetulan singa jantan menangkap serta membunuh mangsanya sendirian, ia bakal jadi sangatlah pelit serta tidak ingin membagi makanannya pada anak-anak singa serta beberapa singa betina dalam kelompoknya.

Baca Pengetahuan Terkait   Filosofi dan Mitos Burung Kepodang

Singa jantan serta betina dalam satu grup mempunyai kesadaran membuat perlindungan kelompoknya dari masalah singa asing. Mereka bakal bekerja bersama dalam melawan singa yang mereka anggap juga sebagai penyusup.

Sifat dan Perilaku Singa di Habitat dan Kelompoknya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini