Pasti penasarankan dengan harga ikan koi yang dianggap beruntung oleh orang cina ini? Ya, koi merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh beberapa orang yang menganggap ikan ini pembawa keberuntungan. Ikan koi dipercaya membawa keberuntungan karena memiliki sesuatu yang bermanfaat seperti dapat menghilangkan stres, dapat bersahabat dengan manusia, jinak dan lain sebagainya. Oleh karena itu, koi dianggap sebagai ikan pembawa hoki.

Mengapa ikan koi membawa keberuntungan karena beberapa sumber mengatakan bahwa jika seseorang memelihara lebih dari 8 ekor ikan koi, maka seluruh aura negatif yang berada di sekitarnya akan hilang digantikan dengan aura positif. Kepercayaan ini biasanya dianut oleh orang cina dan mulai dipercaya oleh pribumi Indonesia.

Sekarang, kita ngomongin harga nih. Sudah tahu belum berapa sih harga ikan koi di pasaran? Pasti banyak yang bertanya tentang hal ini, bukan. Disini saya akan coba share faktor apa saja yang membuat ikan koi memiliki harga yang mahal secara lengkap ada di bawah ini:

1. Warna Ikan Koi Berpengaruh Pada Harga

Harga koi ditentukan oleh warna dan corak yang ada di tubuh ikan tersebut. Apabila memiliki corak yang banyak, maka harganya juga dapat dipastikan sangat tinggi nilainya. Misalnya jika di tubuh ikan koi memiliki 5 warna seperti merah, kuning, hitam, putih dan abu-abu, maka dapat dipastikan harga per ekor mencapai 1 juta lebih (Tergantung Ukuran). Oh ya, Perawatan ikan koi juga harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan harga yang pantas jika di jual.

2. Harga juga di Pengaruhi Oleh Ukuran Tubuh Koi

Selanjutnya adalah ukuran. Semakin besar ikan koi, maka harganya juga semakin mahal. Selain dari corak, ternyata ukuran tubuh hewan air tawar ini juga sangat berpengaruh dipasaran loh. Bayangkan saja, 1 ekor ikan koi berukuran sedang bisa di bandrol dengan harga Rp 200 s/d 500 rb. Memberikan makan ikan koi juga harus mengikuti prosedur yang berlaku ya, jangan sampai salah jika memberi makanan, karena makanan juga berpengaru kepada tubuh si koi cantik ini.

Baca Pengetahuan Terkait   Ciri Lokasi Sungai Habitat Ikan Kakap Putih

3. Jenis dan Keturunan

Penentuan harga bibit ikan koi selanjutnya bisa dilihat dari jenis dan keturunannya. Meskipun memiliki banyak jenis koi, namun yang paling populer adalah jenis yang terkenal. Beberapa Jenis Ikan koi yang beredar di pasar Indonesia antara lain seperti:

  • Gosanke
  • Bekko
  • Utsiromono
  • Tancho
  • Asagi
  • Goshiki
  • Kujaka
  • Goromo
  • Hikarimoyo
  • Kawarimono
  • Haijiro

Dari jenis koi diatas, harganya dapat dipastikan berbeda semua. Jenis jenis ikan koi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari warna, corak, bentuk tubuh dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, insyaallah pengak.com akan membahasnya dilain kesempatan. Harga jenis ikan koi diatas biasanya dibandrol sekitar 1 juta s/d 5 jt per ekornya. Jika ikan koi sudah mencapai harga tertinggi, sebaiknya kamu segera melakukan budidaya ikan koi, agar mendapatkan keuntungan yang berlipat.

3 Faktor Penentu Harga Ikan Koi
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini