4 Cara Mudah Membedakan Ikan Oscar Jantan dan Betina
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Ikan Oscar merupakan salah satu ikan yang sangat sisukai oleh pecinta ikan hias. Namun ada beberapa hal yang sering menjadi kendala bagi pemilik ikan unik ini. Sebab ada sedikit kesusahan untuk membedakan antara ikan Oscar Jantan dan Ikan Oscar Betina.

Pada umumnya ikan oscar memiliki tingkat perkembangan yang sangat cepat. Sehingga butuh akuarium yang besar untuk memelihara ikan ini. Yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan Oscar adalah terus menggunakan air mengalir, sebab ikan ini rajin buang air besar.

Mengenai cara membedakan Ikan Oscar Jantan dan Ikan Oscar Betina, anda dapat lihat sesuai dengan keterangan dibawah ini:

  1. Ikan Oscar Jantan akan memiliki sirip yang agak besar (luas melebar) dibandingkan dengan Ikan Oscar Betina.
  2. Ikan Oscar Betina biasanya memiliki sirip agak bundar pendek, jadi anda harus teliti dalam membedakan. Karena ikan ini sangat sudah dibedakan antara jantan dan Betina.
  3. Ikan Oscar jantan biasanya memiliki bentuk tubuh yang agak panjang dari pada ikan Oscar Betina.
  4. Cara yang terakhir yang sering saya lakukan ketika membedakan Ikan Oscar antara jantan dan betina adalah dengan cara mengambil satu persatu ikan dari aquarium kemudian mengurut dari perut menuju anus. Untuk mengetahui, apakah ikan jantan atau betina, adalah biasanya kalau Jantan akan keluar sperma (cairan) warna putih. Tetapi kalau betina biasanya tidak ada cairan.

Nah demikian cara membedakan antara Ikan Oscar Jantan dan Betina. Semoga bermanfaat bagi anda.

Baca Pengetahuan Terkait   Mengenal 7 Jenis Spesies Ikan Tuna