5 Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar wajib anda ketahui betta lover’s!. Meskipun ikan cupang merupakan hewan yang tidak rewel dalam urusan pakan. namun, jangan sembarangan dalam memberikan makanan kepada ikan cupang, karena bisa jadi tidak baik untuk pertumbuhan dan perawatan ikan cupang itu sendiri.

Memberikan makanan untuk ikan cupang dari usia masih burayak / anakan hingga dewasa bisa jadi berbeda-beda jenisnya, hal ini dikarenakan harus disesuaikan dengan ukuran besar mulut ikan cupang. Burayak atau anakan ikan cupang ukuran small misalnya, tidak boleh diberikan pakan jentik yang tidak sesuai dengan ukuran mulutnya. untuk itu jentik perlu disaring lagi agar bisa dimakan oleh burayak / anakan ikan cupang yang sudah berukuran small.

Berikut beberapa jenis makanan untuk ikan cupang agar cepat besar :

1. Jentik Nyamuk

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan makanan yang sangat baik bagi ikan cupang agar cepat besar. jentik nyamuk memiliki banyak protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang, terutama untuk anak-anak cupang yang masih kecil. Jentik nyamuk juga sangat mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari bak mandi, ember, selokan, sawah, dan lainnya. Di mana ada air yang menggenang, baik itu bersih ataupun kotor, pasti nyamuk akan dengan mudah bertelur di atasnya.

Berikanlah jentik nyamuk yang masih berupa larva dengan dengan ciri-ciri seperti berdiri terbalik di permukaan air. Usahakan untuk tidak memberikan jentik yang sudah menjadi kepompong karena dapat menyebabkan perut cupang membuncit dan membuatnya sakit hingga mati.

Jika Anda mengambil jentik nyamuk dari alam bebas seperti parit atau selokan, usahakan untuk tidak langsung memberikannya kepada ikan cupang. Pasalnya jentik tersebut biasanya sudah tercampur dengan larva dari hewan air lainnya.

Baca Pengetahuan Terkait   7 Tahapan Penting Memulai Budidaya Jangkrik

Untuk memisahkannya dari jentik hewan lain, silahkan masukan ke dalam wadah berisi air es. Jentik-jentik nyamuk biasanya akan langsung tenggelam sedangkan jentik hewan lainnya akan mengambang. Nah, silahkan ambil jentik nyamuknya, dengan cara di saring menggunakan saringan yang lebih kecil, cuci dengan air bersih, lalu berikan kepada ikan cupang.

2. Kutu Air

Kutu Air

Kutu air atau water flea merupakan makanan favorit bagi para anak ikan cupang atau burayak. Burayak yang berusia 3 hari biasanya mulai memakan kutu air yang bergerak-gerak di air. Namun kutu air ini tidak akan mempercepat pertumbuhan mereka karena kandungan lemaknya hanya sedikit.

Meskipun begitu, kutu air dianggap memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan juga dapat mempercantik warna ikan cupang. Maka dari itu, cupang yang sudah dewasa juga sangat menyukai hewan yang satu ini.

Kutu air biasanya banyak ditemukan di aliran air tenang parit atau kolam-kolam yang tidak memiliki arus. Sayangnya, budidaya kutu air cukup sulit karena hewan ini umurnya pendek dan sangat rentan terhadap perubahan suhu air. Maka dari itu, kutu air biasanya dijual lebih mahal dibandingkan makanan ikan cupang yang lain.

3. Cacing Sutra

Cacing Sutra

Makanan selanjutnya yang cocok untuk ikan cupang adalah cacing sutra atau Res Water Worms. Menemukan cacing ini sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menengok selokan yang kotor pasti akan ada kumpulan cacing ini di dalamnya.

Jika Anda merasa jijik untuk mengambilnya, maka Anda bisa membelinya di pedagang cupang dengan harga yang sangat murah. Sama halnya seperti jentik nyamuk, cacing sutra ini juga sangat bagus untuk pertumbuhan cupang agar bisa mencapai bentuk tubuh sempurna dalam waktu cepat.

Baca Pengetahuan Terkait   Mengganti Air Akuarium Ikan Cupang

Sebelum Anda memberikannya kepada ikan cupang, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu cacing ini dengan air bersih. Pasalnya, kotoran yang menempel pada cacing ini bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi ikan cupang.

Jika berniat untuk membudidayakannya, Anda juga harus rajin membersihkan wadah tempat penampungannya. Pasalnya cacing ini memiliki kecenderungan untuk mengotori air tempat tinggalnya dengan sangat cepat.

4. Microworms

MICROWORMS

Makanan lainnya yang sangat cocok untuk burayak cupang adalah Microworms. Disebut mikro karena ukurannya yang sangat kecil, berkisar antara 0,5 hingga 2 mm saja. Gerak geriknya yang lincah biasanya akan mengundang perhatian burayak untuk memakannya.

Microworms ini juga sangat mudah untuk dibudiayakan. Anda hanya tinggal membeli bibit microworms kemudian masukkan ke dalam toples. Untuk makanannya Anda hanya tinggal menaruh roti tawar ataupun oatmeal.

Toples yang beri microwors tersebut harus disimpan di dalam suhu sekitar 26 derajat celcius. Jika suhunya kurang dari itu maka biasanya perkembangbiakan microworms tidak akan terlalu pesat dan kualitasnya juga kurang baik.

5. Kuning Telur

Kuning Telur

Kuning telur juga dapat dijadikan alternatif untuk makanan anak cupang ataupun ikan cupang dewasa. Anda hanya tinggal mengukus kuning telur tersebut hingga matang kemudian berikan kepada ikan cupang sedikit demi sedikit. Namun ingat, jangan terlalu sering memberikan kuning telur ini karena bisa mengotori air dan mengganggu kesehatan ikan.

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini