Untuk teman-teman yang memelihara burung Cucak Jenggot apakah kalian tahu perbedaannya dengan jenis Kapas Tembak ? sekilas memang bentuknya hampir mirip dan tidak jauh beda. maka dari itu Hewanpedia memberikan informasi mengenai apa perbedaan Burung Cucak Jenggot dengan burung Kapas Tembak.

Jika dilihat sekilas, antara Cucak Jenggot (CJ) dan Kapas Tembak (KT) memang tampak sangat mirip, tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama maka akan terlihat beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya, dari mulai bentuk fisik, warna bulu, suara, dan karakteristiknya.

Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot

Ciri-ciri Cucak Jenggot (CJ) yang paling menonjol terletak pada bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) dan jambul dikepalanya yang terlihat sangat jelas (njegrak). Warna bulu Cucak Jenggot secara keseluruhan didominasi warna coklat kehijauan, tapi pada bagian dada pada umumnya berwarna putih kekuningan dan dengan semakin bertambahnya umur, maka warna kuning pada bagian dadanya akan semakin memudar.

Burung Kapas Tembak

Burung Kapas Tembak

Sedangkan ciri-ciri dari Kapas Tembak (KT) diantaranya, memiliki warna bulu keseluruhan didominasi warna abu-abu atau coklat tua dengan bulu pada bagian dadanya cenderung berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) serta jambul dikepalanya tidak menonjol (tidak njegrak).

Suara Kapas Tembak (KT) cenderung lebih tajam dan lebih rapat jika dibandingkan dengan suara Cucak jenggot (CJ).

Pembeda dari Cucak Jenggot dan Kapas Tembak, diantaranya:

  1. Warna bulu Cucak Jenggot keseluruhannya didominasi warna coklat kehijauan, sedangkan warna bulu Kapas Tembak keseluruhannya didominasi warna abu-abu atau coklat tua.
  2. Bulu pada bagian dada Cucak Jenggot cenderung berwarna putih kekuningan, sedangkan bulu pada bagian dada Kapas Tembak cenderung berwarna putih keabu-abuan atau coklat tua.
  3. Bulu dibagian bawah paruh (jenggot) dan jambul pada Cucak Jenggot terlihat sangat jelas (njegrak), sedangkan bulu dibagian bawah paruh (jenggot) dan jambul pada Kapas Tembak tidak terlalu menonjol (tidak njegrak).
  4. Cucak Jenggot memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru yang sangat baik,  sedangkan Kapas Tembak memiliki mental fighter yang kuat, sehingga jika keduanya di trek/di adu, rata-rata Kapas Tembak akan lebih unggul dibanding Cucak Jenggot.
  5. Pada umumnya, untuk Cucak Jenggot yang bagus dan sering dilombakan adalah yang berjenis kelamin betina, sedangkan untuk Kapas Tembak, baik jantan maupun betina sama-sama biasa dilombakan.
  6. Karakter suara dari Cucak Jenggot cenderung lebih kasar dan lebih banyak variasi, sedangkan suara Kapas Tembak cenderung lebih tajam dan lebih rapat.
Baca Pengetahuan Terkait   Ini Ciri dan Cara Ampuh Mengatasi Burung Kenari yang Stress
6 Perbedaan Burung Cucak Jenggot dengan Kapas Tembak
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini