Kambing atau Domba merupakan salah satu komoditas yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan dari jaman dahulu kala. Nah tahukah kamu terhadap keuntungan dan manfaat berternak kambing atau domba ? Terdapat keuntungan yang dapat diraih dengan beternak. Simak pemaparan berikut :

  1. Mudah Beradaptasi

    Di Indonesia yang terletak di daerah tropis pun ternak domba tidak mengalami kesulitan karena karena domba adalah hewan tahan haus. Tubuh domba yang seluruhnya tertutup bulu akan menahan penguapan lewat permukaan kulit sehingga mereka tidak perlu banyak memerlukan air minum. Keperluan air minum cukup dipenuhi dari kandungan air dalam hijauan rumput.

  2. Lapangan Pekerjaan

    Memelihara domba menimbulkan lapangan pekerjaan termasuk pemanfaatan efektif dari tenaga kerja keluarga. bahkan dengan memelihara domba dalam jumlah besar dalam peternakan dapat menyerap tenaga kerja dan menghidupkan perekonomian rakyat sekitar peternakan.

  3. Cepat Berkembang Biak

    Cepat berkembang biak karena memiliki sifat prolifik dalam waktu 2 tahun bisa beranak 3 kali. maka dari itu kambing menjadi komoditi yang mudah untuk dikembang biakan. tidak hanya itu, kambing dapat beranak lebih dari satu dalam masa kehamilan.

  4. Merupakan alternatif sumber protein hewani

    Daging kambing saat ini masih menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh masyrakat Indonesia karena menjadi salah satu sumber protein hewani selain ayam dan sapi. terlebih lagi banyak sekali masakan Indonesia yang berbahan dasar kambing.

  5. Adanya Naluri Flocking atau berkelompok

    Naluri ini memudahkan pengembalaan karena domba tidak akan saling berpisah dari kelompoknya. Jadi tidak perlu susah-susah untuk mengatur satu per satu kambing.

  6. Modal Awal Realtif Kecil

    Domba dapat dipelihara dengan kandang yang sangat sederhana. Domba dapat memanfaatkan limbah pertanian dan industri hasil pertanian sebagai pakannya dan mengubahnya menjadi bahan hewani (daging, susu, kulit, bulu) yang sangat berguna.

  7. Alternatif Tabungan

    Di musim panen, para petani membeli domba dengan jumlah yang sangat besar dan pada masa paceklik domba tersebut dengan mudah bisa dijual di pasar sehingga menciptakan rasa tenang dan aman dari sudut keuangan. Terlebih apabila idul adha harga kambing cenderung meningkat dibandingkan biasanya.

Semoga bermafaat.

 

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Panduan Lengkap Ternak Kambing agar Cepat Gemuk dan Menguntungkan