Bulu babi atau bulu seribu merupakan salah satu hewan yang berada di lautan, kususnya perairan dangkal. Bulu babi merupakan indikator rusaknya ekosistem terumbu karang. Jika ada bulu-babi maka biasanya daerah tersbut tidak memiliki ekosistem karang yang bagus.

Bulu babi atau landak laut terlihat tidak membahayakan. Sekujur tubuhnya tertutup duri, bentuknya lucu dan imut banget. Tapi, jangan sepelekan hewan mungil ini.

Jika kamu tertusuk durinya, kamu akan mengalami gatal-gatal, pegal, perih, dan neyeri di sekujur tubuh. Efeknya memang nggak langsung terasa, tapi saat racun bulu babi mulai menyerang, bagian sekitar tubuh yang telah tertusuk duri bulu babi pun terasa gatal-gatal. Bila tidak segera ditangani, kamu akan merasakan rasa gatal yang berkepanjangan. Bahkan bisa lebih dari seminggu lho.

Apa yang harus pertama kali kamu lakukan saat tertusuk bulu babi?

Segera menjauh dari lokasi, karena si bulu babi ini suka “nyerang keroyokan”

Bulu babi hidup dalam perairan dangkal dan suka bergerombol. Saat kamu menyadari kakimu tertusuk duri, segera menjauh dari kawanan bulu babi.

Beginilah wujud kakimu saat tertusuk duri landak laut atau bulu babi.

Penyebab Tertusuk Bulu Babi

  1. Saat Snorkeling
  2. Bermain di Pantai
  3. Menyelam
  4. Memasak bulu-babi
  5. Menembak ikan

Setelah kita mengetahui penyebab terkenanya bulu babi tersebut, baru saya akan membagi tips cara mengobatinya.

Tips agar terhindar dari tertusuk bulu babi

1. Karena Bulu Babi banyak ditemukan di perairan yang dangkal, diharapkan ketika sedang menyelam di perairan yang dangkal teman – teman harus berhati – hati.
2. Berusaha sebisa mungkin untuk tidak menyentuh terumbu karang, karena selain dikhawatirkan akan dapat merusak terumbu karang tersebut juga teman – teman tidak menyadari keberadaan Bulu Babi disekitarnya.
3. Ketika melihat Bulu Babi usahakan untuk tidak panik dan tetap tenang saat menyelam.

Cara pengobatan

  1. Kalau sudah terkena duri bulu babi, jangan panik, tetap tenang. Segera mendarat ke pantai atau naik lah ke atas kapal secara perlahan.
  2. Cabut duri yang masih tertinggal di telapak kaki atau bagian tubuh lain
  3. Pukul-pukul kaki yang tertusuk duri menggunakan benda tumpul
  4. Kencingin telapak kakimu!
  5. Untuk penangan lebih lanjut, kamu bisa oleskan cairan antiseptik

Artikel tentang pengobatan terkena bulu babi ini diharapkan dapat membantu kita semua, dan jangan lupa berhati-hati selalu pakailah alas kaki seperti sandal, sepatu, fin, dll saat masuk ke laut.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Memilih Ikan Mas Koki Hias yang Bagus dan Berkualitas
7 Langkah Ampuh Cara Mengobati dan Terhindar dari Duri Bulu Babi
5 (100%) 1 vote