Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan kura-kura jantan & betina. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai beberapa perbedaan yang nisbi mencolok. Cuma untuk mengetahui jenis kelamin kura-kura yang masih mini terhitung lebih sukar dibandingkan memakai kura-kura yang telah matang secara sistem reproduksi.

Buat temen-temen yang memelihara kura-kura, tahukah caranya untuk memedakan kelamin kura-kura dengan mengetahui ciri-cirinya baik jantan maupun betina ? berikut merupakan cara membedakannya melalui beberapa ciri.

1. Perhatikan Alat Kelaminnya

Alat kelamin kura-kura jantan berupa hemipenis yang terletak di bagian bawah ekor. Perlu menekan-nekan plastron (tempurung bawah) terlebih dahulu untuk merangsang si kura-kura mengeluarkan hemipenis-nya. Jika muncul, dapat dipastikan kura-kura tadi berjenis kelamin jantan. Begitu jua sebaliknya bila kura-kura tidak mengeluarkan hemipenis, kemungkinan besar itu merupakan kura-kura betina.

2. Raba Permukaan Tempurung Bawahnya

Tempurung bawah kura-kura dinamakan plastron, sedangkan tempurung atasnya disebut karapas.  Untuk dapat mengetahui jenis kelamin kura-kura memakai meraba bagian plastron-nya. Kura-kura betina mempunyai plastron yang datar & kura-kura jantan memiliki plastron agak melengkung. Bentuk plastron jantan yang seperti ini berkhasiat untuk memudahkannya dalam membuahi dengan menaiki cangkang betina ketika sedang melakukan perkawinan.

3. Lihat Ukuran Kuku Kakinya

Ukuran kuku kaki kura-kura jantan selalu lebih panjang daripada betinanya. Sama halnya maupun memakai kura-kura betina yang memiliki kuku kaki nir terlalu panjang. Selain dipakai untuk menangkap mangsa & mempertahankan diri, fungsi kuku kaki pada kura-kura jantan maupun membantunya memanjati tempurung betina ketika akan melakukan proses perkawinan.

4. Cermati Karakteristik Ekornya

Perbedaan kura-kura jantan & betina maupun terletak di bagian ekornya. Kura-kura jantan mempunyai ekor yang lebih panjang & mengembang di pangkalnya. Sementara itu, ciri ekor kura-kura betina antara lain berukuran pendek & pangkalnya kurus.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara memilih Burung Kenari Bahan di Ombyokan¬†

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini