Kandang Anjing Cara Membersihkan Kadang Anjing – Seperti halnya manusia anjing juga memerlukan tempat tinggal sebagai tempat berteduh dan berlindung dari panas dan hujan. Untuk itu dibuatlah kandang untuk anjing. Kandang anjing biasanya terletak di halaman rumah, tidak di dalam rumah. Karena untuk beberapa jenis anjing digunakan untuk menjaga rumah.
Kandang anjing hendaknya selalu dibersihkan setidaknya setiap hari, di pagi hari ataupun di sore hari. Berikut beberapa cara untuk membersihkan kandang anjing :
  • Menyapu bagian dalam kandang, hendaknya hal ini dilakukan setiap hari agar tidak ada kotoran dan anjing lebih nyaman menempati kandangnya. Karena kebersihan kandang harus selalu diperhatikan.
  • Mencuci kandang anjing :
  1.           Basahi kandang anjing. Dalam membasahi kandang anjing dianjurkan menggunakan selang yang deras/kuat saat menyemprotkan air. Agar kotoran yang menempel pada dinding kandang dapat dihilangkan dengan mudah.
  2.     Menyabun seluruh bagian kandang. Kita apat menggunakan sabun apa saja untuk membersihkannya. Yang terpenting kita dapat menyabun seluruh bagian kandang terutama bagian dalam. Karena kandang yang tertutup dan tidak dapat dibuka bagian atapnya, sehingga akan sangat sulit untuk menyabunnya. Apalagi kandang yang berukuran lecil.
  3.           Membilas kandang. Dalam membilas dianjurkan dengan menggulakan selang agar lebih mudah dan bersih.
  • Teratur dalam memberi disinfektan pada kandang. Disinfektan kandang anjing seperti formalin dan PK (Kalium Permangat) dapat dilakukan sebulan sekali. Hal ini sangat penting dilakukan. Agar kandang selalu terjaga dari virus dan bakteri yang berbahaya.
Oleh karena itu, kita sebagai pemilik anjing hendaknya jangan bermalas-malasan untuk membersihkan kandang anjing. Karena kebersihan kandang sangatlah berpengaruh pada kesehatan anjing, bahkan juga berpengaruh pada kesehatan pemiliknya. Karena kebersihan anjing merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan anjing. Dan ada beberapa jenis penyakit manusia yang disebabkan oleh anjing.