Burung hantu adalah burung predator, Burung hantu masuk dalam kelompok yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan hewan atau burung buas (karnivora, pemakan daging) dan sebagian besar merupakan hewan malam (nokturnal), kita dapat melihat pola perburuan atau aktifitas adalah salah satunya dari warna mata burung hantu.

Spesies burung hantu sekitar berjumlah 222 dari yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Karena burung hantu adalah predator, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang makanan burung hantu (owl), yaitu :

  1. Jangan beri burung hantu makanan yang diolah, karena sesuai habitatnya bahwa burung hantu sebagai burung pemangsa hewan hidup
  2. Makanan burung hantu beragam, sesuai jenisnya. Burung hantu kecil (celepuk misalnya) biasanya diberi makan serangga atau jangkrik, bisa juga tikus putih anakan yang telah dipotong
  3. Burung hantu yang berukuran besar, diberi makan mulai tikus putih, burung kecil, atau daging segar. Bahkan untuk tipe Buffy Fish Owl, makanannya adalah ikan hidup yang ditaruh dalam bak berisi air.
  4. Jangan berikan burung hantu makanan dari daging olahan atau daging ayam potong atau lele yang biasanya mengandung zat kimia, karena apa yang aman bagi manusia… belum tentu aman bagi burung hantu.
  5. Burung hantu sebagai makhlup hidup juga memerlukan minum air, salah kalau orang bilang bahwa burung hantu tidak perlu minum…. untuk burung hantu yang masih stress ( Mengatasi burung hantu agar tidak stress ) dan belum mau minum sendiri, minum dapat diberikan melalui spuit ke mulutnya, sedangkan yang sudah terlatih dan jinak, burung hantu biasanya minum sendiri di bak air atau tempat yang kita sediakan secara rutin.
Baca Pengetahuan Terkait   Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan

Kapan burung hantu diberi makan ?

Burung hantu terdiri dari beberapa kelompok besar, kenali tipe burung hantu Anda, yang paling mudah kenali burung hantu dari warna matanya. Sebab burung hantu tidak semua suka berburu atau aktif di malam hari, dan beri makan secukupnya agar sehat dan bulu tumbuh dengan bagus.

Apakah merawat burung hantu itu sulit ?

#Iya betul, merawat burung hantu bukan hanya sulit, tapi juga memerlukan biaya yang besar untuk perawatan dan peralatan pendukungnya (mulai dari gloves sampai anklet), maka bila Anda bukan orang yang telaten dan memiliki dana yang cukup untuk disisihkan setiap harinya, saya sarankan untuk tidak usah memelihara burung hantu / BOP.

Hal ini perlu saya sampaikan, karena populasi burung hantu mulai sedikit, terutama untuk beberapa jenis seperti Bubo Sumatranus (burung hantu hingkik) atau Buffy Fish Owl (burung hantu Limbat), sehingga sayang bila nyawa burung hantu tersebut mati sia-sia karena kita tidak siap dan paham dalam perawatannya.

Hal Penting dan Cara Memberi Makan Burung Hantu
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini