Ikan Koi Oranda
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

oranda-koi

Ikan Koi Oranda

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari oleh para pecinta ikan untuk dikoleksi di akuarium mereka masing-masing. Jenis ikan Koi yang beragam membuat para pencinta ikan koi memiliki beragam pilihan. Salah satu jenis ikan Koi yang digemari oleh para pe cinta ikan hias ialah ikan Koi Oranda.

Fakta Menarik

·         Ikan Koi Oranda yang berasal dari Cina, bernama “Bruce” dapat mencapai panjang hingga 15 inci.

Taxonomi

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus

ikan-koi-oranda

Deskripsi

Ikan Koi Oranda merupakan salah satu jenis ikan Koi yang sangat digemari oleh para pecinta ikan. Ikan Koi Oranda jika di Jepang terkenal dengan nama ikan Shishigashira, sedangkan Oranda jika di China ikan ini dipanggil dengan  nama Hon Mao Tze. Di Indonesia sendiri ikan ini memiliki nama lain yaitu ikan Mas Koki Panser.

Ciri utama dari Ikan mas Koi Oranda yang membuat ikan ini menjadi populer merupakan tonjolan yang berada kepalanya. Tonjola di kepala ini dalam bahasa China disebut dengan Wen. Oranda sendiri memiliki banyak tonjolan dikepalanya yang bentuknya menyerupai buah berry. Tonjolan-tonjolan tersebut membungkus hampir diseluruh bagian kepala, kecuali mata dan mulut. Selain itu ciri lain dari ikan Koi Oranda ini ialah sisik yang berwarna metalik atau matte yang sekilas hampir mirip dengan ciri fisik yang dimiliki oleh jenis ikan mas Koki Veiltail.

Secara penampilan fisik ikan Koi Oranda lainnya ialah jenis ikan Koi ini memiliki panjang ekor yang mencapai empat kali lipat dari pada panjang tubuhny sendiri. Bentuk ekor yang berumbai menambah nilai estitika dari fisik ikan Koi ini. Selain itu ikan ini juga tidak memimiliki benjolan yang membentuk punuk di bagian punggungnya.

Ikan Koi oranda dewasa ukurannya dapat mencapai panjang sekitar 20-30cm. Suhu air untuk tempat tinggal ikan Koi Oranda sebaiknya pada suhu yang berkisar 17-28 ° C. Menurut Matsui, pakar mas koki yang menulus buku Goldfish Guide, Ikan Koi Oranda merupakan hasil mutasi dari Fantail. Maka dapat simpulkan kenapa ikan Koi Oranda memiliki sirip punggung.

Pada umumnya ikan Koi Oranda memiliki warna orange cerah atau merah. Namun pada perkembangannya ikan Koi Oranda tidak selalu memiliki warna orange atau merah, melainkan terdapat pula warna putih, hitam, kemerahan atau semu merah. Di China juga ditemukan Oranda berwarna biru, coklat, atau bahkan berwarna biru coklat.

Penyebaran dan Habitat

Ikan Koi merupakan ikan yang berasal dari China, namun seiring dengan perkembangannya ikan Koi banyak dikembang biakkan hingga sekarang. Penyebaran ikan koi sendiri sekarang sangatlah luas terutama di Asia seperti Jepang dan China. Di Indonesia, ikan Koi juga menjadi salah satu ikan yang banyak diminati oleh pencinta ikan hias.

Makanan

Makanan ikan Koi Oranda sebenarnya sama dengan ikan Koi pada umumnya. Ikan Koi pada umumnya juga merupakan ikan yang pemakan segalanya. Mereka juga gemar memakan pakan seperti buah-buahan serta sayur-sayuran. Namun kedua jenis makanan tersebut tidak dianjurkan untuk diberikan dalam takaran yang cukup banyak untuk ikan Koi karena memiliki kandungan serat yang tinggi. maka dari itu pemberian makanan alami ikan Koi harus sesuai takaran karena makanan alami ini mengandung zat karoten diantaranya; wortel, alga atau ganggang Spirullina, dan Chlorella, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau. Sedangkan pakan dari hewan bisa diberikan kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, dan cacing darah.

Namun ada makanan lain selain makanan alami, seperti halnya wheat germ. Wheat germ ini merupakan jenis pakan ikan Koi yang digunakan untuk pertumbuhan ikan Koi. Wheat grem ini terbuat dari bahan yang memiliki protein tinggi seperti gandum, tepung udang, tepung ikan, serta bungkil kacang kedelai. Selain dari bahan yang memiliki kandungan protein tinggi tersebut, wheat germ juga mengandung vitamin A,D,E,K,B2,B6,B12, niasin, vitamin C dan unsur-unsur mineral lain seperti kalsium, choline chloride, panthetonate, trace mineral, dan antioksidan.

Jika anda ingin makanan yang berguna untuk mempertajam warna dari ikan Koi ialah pakan yang memiliki kandungan zat karoten yang cukup tinggi. hal ini dikarenakan dalam tubuh ikan Koi sendiri mengandung zat karoten yang berupa antaxanthin yang dimana zat tersebut menghasilkan warna merah, sedangkan zat lutein merupakan zat untuk menghasilkan warna kuning kehijauan.

Referensi

  • Memberi makanan alami pada ikan koi, Filter Koi

Memberi Makanan Alami Pada Ikan Koi

  • Cara Merawat dan Memelihara ikan Koi, Budidaya Usaha

http://budidayausaha.blogspot.com/2013/05/cara-merawat-dan-memelihara-ikan-koi.html

  • Ikan Koki Oranda, Saldiscus

ikan koki oranda

  • Oranda, Kuliah Ikan

http://kuliah-ikan.blogspot.com/2012/03/oranda.html