Buat teman-teman penggemar kenari yang ingin membisnisnya hobi kenari. maka temen-temen wajib menyimak salah satu bekal untuk membuat kandang yang cocok untuk ternak burung kenari berikut. pasalnya kadang merupakan salah satu kunci sukses untuk berternak kenari.

Sekilas mengenai Kandang Kenari untuk Ternak

kandang penangkaran dapat pula dibuat dari bahan kayu, triplek, maupun bambu dan pada sisi tertentu diberi kawat. kelengkapannya dapat diperoleh dengan mudah atau dengan memanfaatkan bahan bekas.

meskipun tidak ada aturan khusus mengenai pembuatan kandang penangkaran, tetapi bentuk segi empat dianggap paling baik. ukurannya tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil agar ruang gerak tetap memadai. kadang penangkaran sebaiknya membuat burung senang dan terlindungi didalamnya, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Berikut merupakan beberapa komponen yang harus ada di kandang ternak burung Kenari beserta saran yang baik mengenainya :

1. kandang tunggal kotak

bahan kandang ini bisa dari kayu, triplek, kawat dan bambu.

kandang dapat ditempatkan pada lingkungan yang memungkinkan dipindah-pindah sesuai keinginan, misalnya pada satu rak khusus, bahkan bila ruangan sangat terbatas, kandang dapat pula ditempatkan di atas lemari.

kandang tunggal kotak bisa dibuat dengan ukuran minimal panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. kerangkanya terbuat dari reng. salah satu sisi kanan atau kiri, sisi belakang dan sisi atas terbuat dari triplek. sementara sisi depan, dasar sangkar, dan salah satu sisi sampingnya terbuat dari kawat ayam atau anyaman bambu.

bagian dalam kandang dicat warna putih agar tampak terang sehingga burung bisa lebih leluasa menemukan makanan atau minuman yang disediakan. kadang tunggal seperti ini ditempatkan berjajar atau ditumpul kalau terpaksa agar menghemat tempat.

Baca Pengetahuan Terkait   Ikan Pemakan Lumut atau Alga Paling Cocok Untuk Aquascape

contoh gambar :

Kandang Kenari Kayu Kotak

2. kandang sistem baterai

kandang sistem baterai digunakan untuk menangkarkan kenari pada skala besar. kandang dapat menghemat tempat, biayanya relatif murah dari pada haru membuat kandang tunggal atau membeli sangkar burung dalam jumlah yang banyak.

namun kandang seperti ini memerlukan lokasi/tempat tersendiri, harus diawasi secara intensif, dan secara teknis juga lebih repot. kenari dijodohkan dalam satu sangkar khusus, kemudian dipindahkan ke kandang baterai setelah kenari berjodoh dan siap kawin.

contoh gambar :

kandang Kenari

4. tenggeran

Tenggeran kenari sebaiknya dari ranting kayu yang agak lunak, misalnya kayu randu, petai china, akasia dan cabang jambu air. sebelum digunakan kulit luarnya dibuang kemudian dijemu sampai kering. diameter tenggeran sekitar 1-1,5 cm,

tenggeran yang diletakan dalam penangkaran sebaiknya tidak terlalu banyak karena akan membatasi ruang gerak kenari. upayakan salah satu tenggerannya dekat ke jeruji, karena kelak tempat tersebut sebagai tempat pakan hijauan, buah dan kulit cumi-cumi sebagai penambahan kalsium.

contoh gambar :

Tenggeran Burung

5. tempat bertelur

Tempat sarang untuk bertelur bisa terbuat dari apa saja. jika ingin praktis bisa membelinya ditoko burung, ada bahan dari batok kelapa yang dibelah menjadi dua, ada juga yang terbuat dari anyaman rotan, harganya berkisaran Rp.2500,- rupiah.

contoh gambar :

Tempat Bertelur Burung

6. bahan sarang

Jika bahan sarang, sebaiknya jangan dipilih bahan sarang dari serat nanas, yang bagus yaitu bahan sarang dari serabutan karung goni, ada juga di toko burung sekitar Rp.1000,- rupiah

contoh bahan serat nanas :

sERAT NANAS

alangkah baiknya sudah teruji kelembutan dan kehangatan terjamin memakai bahan dari karung goni.

contoh gambar :

karung Goni

 

7. lampu listrik

kandang atau sangkar penangkaran sebaiknya diberi lampu sebagai alat penerangan. lampu yang dipasang cukup 5 watt dan penempatannya tidak terlalu dekat dengan sarang maupun tenggeran. namun, penerangan ini hanya dinyalakan pada waktu malam hari atau pada saat hujan.

Baca Pengetahuan Terkait   9 Sifat Alami Tokek yang Harus dipahami Sebelum Memelihara

dari pengamatan yang dilakukan, penerangan listrik di malam hari dapat menghangatkan badan dan memberikan rasa aman karena kenari tidak langsung melompat saat ada gangguan yang membuatnya terkejut. terkadang ada juga burung yang melakukan perkawinan dimalam hari bila kandang selalu terang, terutama jika betinanya selalu birahi. paling tidak lingkungan kandang harus terang siang maupun malam. penerangan listrik dimalam hari juga sangat bermanfaat pada waktu anakan sudah menetas. dalam hal ini, resiko anakan akibat terinjak iduknya dapat dikurangi. kematian anakan saat terinjak induknya sering kali terjadi sebagai akibat gerakan mendadak atau lompatan induk karena kaget.

8. penempatan kandang

penangkaran kenari masih mungkin berhasil, sekalipun pada lingkungan yang kumuh atau ramai oleh aktivitas manusia. kondisi ini dapat disiasati dan kenari pun akan dapat mengatasinya. apalagi kenari yang sedang mengerami telurnya. telur tersebut akan terus dilindungi bila ada ancaman atau gangguan dengan terus mengeraminya.

penempatan kandang, terutama sangkar burung yang ditempelkan di dinding atau digantungkan, perlu disiasati agar tidak sampai bergerak atau bergeser dengan disengaja maupun tidak disengaja. selain itu, kandang penangkaran sebaiknya terhindar dari asap dapur, asap rokok, obat anti nyamuk (asap maupun cairan).

bahan kimia yang sangat menyengat, gangguan binatang seperti tikus, kucing, gonggongan anjing, dan suara benturan keras, kandang sebaiknya ditempatkan dilingkungan yang tidak terlalu lembab, selalu mendapat hawa segar dengan sirkulasi yang cukup baik dan hembusan angin tidak berlebihan.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini