Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah.  Allah menciptakan mereka dari cahaya.  Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya,  mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya.

Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Malaikat selalu menampakan diri dalam wujud laki-laki kepada para nabi dan rasul. Seperti terjadi kepada Nabi Ibrahim.

Mari kita pelajari  hadits Rasulullah ini :

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

kemudian hadits yang berkaitan juga

Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.  HR. Abu Dawud dan Ahmad

Kedua hadits di atas shahih karena dirawikan oleh orang-orang yang dalam ilmu hadits memiliki ingatan yang kuat, Kemudian bila  sering mendengarkan ayam pada waktu antara pukul 03.00 – 04.30 yang tidak lain adalah waktu yang disunnahkan untuk shalat malam/tahajud. Saat pagi hari saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat para malaikat yang sedang sibuk membagikan rizky dari Allah untuk semua makhluknya setiap hari.

Berikut adalah mitos kebenaran hadirnya Setan atau Malaikat :

  • Kunang kunang dan kuku orang mati

    Kunang kunang mungkin dianggap sebagai binatang yang menambah romantisme suasana. Binatang yang disebut fireflies ini merupakan serangga yang indah karena mampu mengedipkan cahaya yang indah seperti bintang. Namun dibalik ke indahan itu, kunang kunang punya mitos yang cukup menyeramkan.

    Kunang kunang sering disebut sebagai kuku orang mati atau jelmaan iblis. Meskipun bentuknya sudah jelas sebagai serangga, Namun kedipan lampu hewan ini masih sering jadi pertanyaan dan perdebatan dikalangan peneliti.

  • Ayam jago dan datangnya malaikat

    Ayam Cemani
    Diantara semua hewan yang mengandung mitos, mungkin ayam jago adalah salah satu yang mengandung mitos paling baik. Anda mungkin tidak jarang mendengar ayam berkokok. Namun bagaimana bila ia berkokok sebelum pagi hari alias ditengah malam atau dini hari jauh sebelum subuh ?

    Kono menurut mitos pertama, apabila ayam berkokok sebelum waktunya, maka sedang ada gadis yang hamil diluar nikah. Namun mitos tersebut mungkin tidak seberapa dipercaya dibandingkan dengan mitos kedua yang lebih bagus. Apabila anda mendengar ayam berkokok ditengah malam, sebaiknya anda berdo’a, karena ayam tersebut sedang melihat malaikat. Hemm, mau percaya yang mana sobat ?

  • Tokek dan ilmu sihir

    Mitos Tokek
    Selain cicak, reptil lainnya yang kurang disukai dan mengandung misteri adalah tokek.

    Binatang yang satu ini konon berhubungan dengan ilmu sihir. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa tokek adalah binatang jelmaan jin atau setan. Mitos tokek tidak jauh dari cicak. Apabila anda mendengar tokek berbunyi, kabarnya ditempat tersebut sedang ditunggui makhluk halus.

  • Anjing dan kedatangan hantu

    Anjing Melolong

    Anjing adalah salah satu hewan yang paling dijadikan peliharaan. Mungkin kita sering gemas dengan tingkah anjing yang lucu, namun apabila anda mendengarnya melolong atau menggonggong ditengah malam maka sebaiknya anda hati hati.

    Berkebalikan dengan ayam yang berkokok ditengah malam, bila anjing menggonggong ditengah malam, maka hal itu bisa jadi bukan karena ia melihat orang asing yang bermaksud jahat, melainkan bisa menjadi alarm akan keberadaan makhluk halus.

  • Burung dan isu kematian

    Burung Gagak Menyeramkan
    Ada beberapa jenis burung yang menandakan sesuatu yang buruk tentang kematian dan identik dengan makhluk halus. Burung yang pertama adalah burung hantu. Burung ini sering digunakan dalam film horor dan dipercaya sebagai burung peliharaan hantu dengan sorot mata yang mengerikan dan dianggap sebagai simbol kematian.

    Burung lainnya yaitu burung dares dan burung gagak. Konon bila dirumah anda berkicau burung dares yang berputar putar, maka hal itu menunjukkan akan ada orang yang meninggal dunia. Burung gagak juga dikabarkan menjadi burung yang memberikan pertanda buruk seputar kematian.

  • Kucing jelmaan tukang sihir

    Kucing Hitam
    Dibeberapa negara eropa, Kucing yang terutama berwarna hitam dianggap sebagai makhluk mistis. Hal ini karena mereka percaya bahwa kucing adalah jelmaan penyihir. Tidak sedikit orang yang meyakini bahwa kucing adalah hewan pembawa sial walaupun beberapa toko menggunakan simbol kucing dan memelihara kucing sebagai pembawa kebruntungan. Selain itu kucing hitam yang melewati mayat dianggap sebagai pertanda yang kurang baik.

Terima Kasih semoga bermanfaat bagi pembaca.