Ada begitu banyak cara untuk menggunakan moss di akuarium dan moss haruslah ditanam didaerah yang benar-benar sudah direncanakan dalam desain aquascape teman-teman. Moss mudah menyebar, jadi jika teman-teman mencari tanaman karpet atau yang menutupi lantai, mempertimbangkan penggunaan moss adalah awal yang baik. Moss dapat membantu untuk melembutkan akuarium dan meningkatkan nuansa alami dari desain teman-teman. Moss mempunyai berbagai macam bentuk, warna, dan kebiasaan pertumbuhan dan dapat digunakan untuk membuat rumput hijau, atau tumbuh di atas batu, kayu apung, atau bahkan untuk tumbuh menuju ke atas sejajar level air! Moss umumnya sangat mudah untuk menyebar sehingga cocok untuk aquascaper dari segala tingkat pengalaman.

Mengapa Menumbuhkan Moss ?

Moss umumnya dipilih karena kualitas estetika mereka, mereka tidak hanya tampak hebat; mereka juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas air. Sebagai tanaman photosynthesizing, moss menyerap nutrisi dalam air akuarium teman-teman, termasuk nitrat, dari dalam air. Di mana tanaman lain membutuhkan tingkat cahaya yang tinggi untuk mencapai hal ini, ataupun pemupukan secara rutin, moss adalah penghilang nitrat efektif tanpa tingkat cahaya yang tinggi atau pupuk.

Cara Menumbuhkan Moss di Aquascape

Lalu bagaimana cara menumbuhkan moss atau lumut pada aquascape ? Berikut Hewanpedia sajikan panduannya untukĀ  Panduan Cara untuk Memelihara dan Menumbuhkan Moss untuk Aquascape meliputi 3 faktor terpenting ini:

1. Suhu

Salah satu tempat yang paling penting untuk diingat ketika membiakan moss di akuarium adalah bahwa moss menyukai suhu air yang cukup dingin. Cara terbaik untuk mendorong moss di akuarium teman-teman terlihat bagus dan tumbuh cepat adalah dengan menjaganya tetap dingin. Beberapa moss dikenal dapat beradaptasi dengan suhu sedikit lebih tinggi. Ada juga beberapa moss yang akan tumbuh dalam berbagai macam suhu.

2. Permukaan

Tempelkan rhizoids (rimpang akar-seperti filamen yang digunakan untuk melekatkan diri dan menyedot nutrisi) dari moss ke permukaan kasar untuk melekatkan diri, dan mereka dengan cepat akan melakukannya! Jika teman-teman ingin, dan atau memiliki waktu, banyak moss cukup mampu melekatkan diri tanpa bantuan kita. teman-teman hanya perlu menaruh media untuk melekatkan diri dan moss bersama-sama dalam akuarium teman-teman, maka daun moss cepat atau lambat akan menempel pada permukaan tumbuh. Jika teman-teman tidak ingin menunggu untuk ini terjadi, maka ada cara sederhana dan efektif lainnya untuk mencapai hal tersebut.

Salah satu cara terbaik adalah dengan menyebarkan moss di atas permukaan yang ingin ditutup oleh moss, dan kemudian gunakan tali pancing atau benang hitam untuk memasangnya. Metode ini akan membuat tapi terlihat pada awalnya, tapi moss akan tumbuh sangat cepat dan akhirnya menutupi tali. Beberapa ahli di bidang ini merekomendasikan menggunakan benang katun 100% karena akan, pada akhirnya, larut dan menghilang. Jika teman-teman menggunakan metode apapun, mempertimbangkan bentuk kehidupan lain di akuarium teman-teman. Ikan terutama mungkin akan terjebak atau melukai diri sendiri pada ikatan benang yang longgar, dan mungkin mencoba untuk makan bagian yang lepas setelah ikatan kendor. Mengawasi akuarium teman-teman dan membuat penyesuaian ketika dirasa perlu.

3. Pemangkasan dan pencahayaan

Secara umum, moss akan tumbuh dalam situasi pencahayaan apapun. Moss yang tangguh benar-benar dapat berkembang dalam cahaya ambient yang rendah. Pencahayaan merupakan masalah sangat penting untuk dipertimbangkan menyangkut pertumbuhan moss. Jika teman-teman telah memilih berbagai jenis moss untuk aquascape, maka pastikan teman-teman mengetahui dan memahami bagaimana masing-masing moss ini tumbuh. Jika salah satu moss tumbuh jauh lebih cepat dari yang lain, pertumbuhan moss baru yang cepat akan menutupi moss yang tumbuh lebih lambat, sehingga mencegah mereka mendapat cahaya. Ini berarti bahwa moss yang tumbuh lambat akan mati jika teman-teman tidak melihat dan memperbaiki kejadian ini dengan cepat. Cara paling mudah untuk menangani hal ini, jika teman-teman ingin menggunakan moss yang memiliki pola pertumbuhan yang berbeda, adalah dengan memangkas moss yang tumbuh lebih cepat sebelum menjadi masalah, atau memindahkan gumpalan moss ke bagian yang berbeda dari akuarium. Ini adalah praktik yang baik untuk memangkas moss secara teratur karena ini akan membantu untuk mencegah moss menjadi benang.