kolam pemancingan terbagi atas dua kategori pokok, yakni kolam harian dan kolam galatama, jangan heran karena namanya mirip dengan istilah persepakbolaan. Kolam harian paling tepat digunakan sebagai wisata keluarga. Hasil ikan yang dipancing kemudian ditimbang dan dibayar per kilogramnya atas hasil yang didapat oleh pemancing. Memancing ikan dikolam harian perolehannya pasti tinggi karena populasi ikan biasanya lumayan padat dan ikannya pada lapar karena jarang dikasih makan. Tetapi ini bukan jaminan karena memancing adalah seni. Kolam harian inilah sasaran utama pemancing yang membawa keluarga atau datang bersama teman.

Kolam Galatama adalah memancing dengan sistem pertandingan. Bayar tiket masuk untuk ikutan lomba kompetisi memancing, lalu memancing terbatas biasanya hanya boleh dua joran, diakhiri dengan acara adu perolehan total berat ikan terbesar dalam batas waktu tertentu, misal dari jam 08.00 hingga jam 15.00. Pemenangnya, tentu saja pemancing yang bisa memancing ikan terberat dan terbanyak.

Harga tiket masuk kolam galatama ini cukup bervariasi yaitu ada yang seharga 3 – 5 juta an dengan hadiah yang cukup menggiurkan yaitu mobil kijang atau sepeda motor keluaran terbaru atau ada juga kolam galatama yang menetapkan harga tiket masuk berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 100.000,- dengan berbagai hadiah yang sesuai seperti radio, TV, kulkas dsb. Ikan hasil dari kolam pancing galatama setelah ditimbang harus dimasukan lagi kekolam setelah pertandingan usai untuk dipakai lagi pada pertandingan berikutnya.

Tipe pemancing yg berlaga dikolam Galatama biasanya adalah tipe advanced atau mahir. Disini para pemancing mengadu teknik umpan ramuan siapa yang paling ampuh dalam menarik hati sang ikan. Pada akhir lomba biasanya pemenang bukan disambut oleh tim cheerleader dengan pakaian minim tetapi diserbu oleh sesama pemancing yang kalah dan ingin tahu rahasia sang pemenang seperti formula umpan pancing yang dipakai.

Baca Pengetahuan Terkait   Ciri Ular Berganti Kulit dan Cara Merawatnya
Perbedaan Kolam pancing Harian dan kolam Galatama
5 (100%) 1 vote