Pernah nggak sih teman-teman mancing di sungai atau rawa tiba-tiba mendapatkan ikan yang memiliki corak bercak-bercak dengan warna coklat ? tau nggak ikan apa ? ya ikan Betutu namanya. Ikan ini dikenal sebagai ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata) yang biasa hidup dirawa-rawa, danau maupun sungai, yang apabila dipancing tarikannya sangat matab, sehingga banyak disukai oleh para pemancing. Namun sayanganya menurut kebanyakan orang populasi ikan ini sendiri sudah semakin jarang dialam liar, bahkan kami juga belum pernah mendengar ada yang membudidayakannya.

Ikan betutu di pasar harganya cenderung lebih mahal karena bisa dibilang agak langka, dagingnya rasanya juga gurih mirip dengan ikan gabus, namun ukurannya memang cenderung jarang yang besar. Mungkin faktor inilah yang membuat banyak orang yang enggan membudidayakannya, karena kemungkinan untuk membesarkan ikan betutu membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding ikan lain.

Bagi orang Jawa ikan Betutu yang masih kecil biasa disebut dengan ikan kotes yang mudah untuk dipancing di sungai-sungai dekat sawah, sehingga banyak anak-anak kecil dikampung-kampung yang suka memancing ikan ini. Uniknya beberapa orang menyebut ikan ini sebagai ikan malas, hal ini mungkin disebabkan Betutu tergolong ikan yang mampu untuk jarang bergerak dan sering bersembunyi, bahkan selain itu ikan ini juga disebut sebagai ikan bodoh.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba untuk memancing jenis ikan ini, pada artikel kali ini kami akan sedikit berbagi tentang tips dan trik dalam memancing ikan betutu disungai dan rawa.

  1. Siapkan peralatan pancing seperti joran jenis apa saja, apungan, pemberat, mata pancing dengan ukuran sedang atau besar(standar mancing ikan air tawar).Umpan yang paling mantab untuk memancing ikan Betutu adalah udang dan cacing. Untuk jenis udang bisa rebon, namun satu mata pancing dipasang rebon sampai penuh atau juga bisa udang dengan ukuran sedang namun kulitnya dikupas terlebih dahulu dan kepalanya dibuang.
  2. Untuk cacing yang paling baik adalah yang biasa hidup di pohon pisang yang membusuk, karena menurut orang-orang cacing ini didalam tubuhnya tidak terdapat banyak tanah atau kotoran. Namun selain itu juga tidak menutup kemungkinan untuk jenis cacing lain.
  3. Spot pancing yang bagus untuk ikan Betutu adalah didekat bebatuan dirawa atau sungai pada kedalaman kisaran setengah meter dan pilihlah yang airnya lebih tenang. Ikan Betutu biasanya hidup dibawah batu dan sering berdiam diri ditempat tersebut, namun terkadang juga suka hidup didekat tumbuhan-tumbuhan air seperti enceng gondok dan ganggang.
  4. Ikan ini ketika memakan umpan tarikannya sangat mantab dan ditelan, sehingga pada umumnya apungan sebagai indikator akan tertarik kedalam air.
  5. Sayangnya ikan ini populasinya cenderung sedikit, sehingga faktor inilah yang membuat ikan ini cukup sulit diburu, walaupun jika ada atau kita menemukan spot mancing yang tepat Betutu cukup mudah untuk dipancing karena terbilang agresif.
Baca Pengetahuan Terkait   10 Spot Favorit Terbaik Mancing Liar Air Tawar Di Malang dan Sekitarnya

Demikian tip dari kami, apabila Teman-teman ingin menambahkan atau memiliki pengalaman yang berbeda silahkan berkomentar dikotak dibawah ini, agar bisa bermanfaat bagi pembaca yang lainnya.

Teknik dan Cara Memancing Ikan Betutu atau Ikan Kotes (Oxyeleotris Marmorata)
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini