Tikus rumah atau Tikus Curut merupakan salah satu hama yang berada dalam lingkungan sekitar kita. apalagi jika lingkungan tersebut kotor atau tidak bersih serta tidak terawat. Maka hal tersebut merupakan lingkungan yang cocok untuk tikus berkembang biak.

Permasalahan sering muncul ketika mencoba membasmi hama satu ini. seperti apabila teman-teman ingin membunuhnya sering etah menggunakan racun atau tikus mati alami akibat usia atau diburu hewan lain seperti kucing sering kali meninggalkan bau yang tidak sedap. Yap betul sekali bahwa bau tikus mati atau sudah menjadi batang sangatlah menyengat dan bisa bertahan berhari-hari. apalagi jika bau tersebut sulit ditemukan asal-usulnya.

Nah berikut Hewanpedia membagikan informasi terkait cara ampuh menghilangkan bau tikus mati atau bangkai tikus :

1. Memburu dan Membuang bangkai tikus

Teman-teman perlu mengambil peran hewan pelacak disini. Semisalnya anjing, biarkan hidung yang terpercaya mengarahkan kamu ke lokasi tikus yang sudah mati. Jika berada sekitar rumah akan sangat mudah untuk menemukannya, tapi jika berada di tempat yang tampaknya tidak terjangkau, seperti mengatakan langit-langit atau ternit rumah dan di sela-sela dinding, Teman-teman bisa melihat arah lalat dan serangga lain berada untuk membantu menemukannya. Cara terakhir ialah bantuan profesional seperti cleaning servis atau tukang untuk membantu mencari dan membuangnya.

Baca Pengetahuan Terkait   3 Cara Terbaru dan Ampuh Mengusir Tikus di Atap Rumah

2. Pastikan aliran udara mengalir

Pastikan aliran udara di rumah atau lokasi bau tikus mengalir dengan baik. buka semua seperti jendela dan pintu serta aarah kan udara tersebut dengan menggunakan kipas angin. pastikan juga untuk mematikan AC agar baunya tidak mengendap dan tercampur dengan AC.

3. Berikan Pengharum Ruangan

Penyemprotan desinfektan atau pengharum ruangan sangat penting untuk mengurangi dan menghilangkan bau tikus yang sudah mati. Dapatkan semprotan yang bukan hanya disinfektan bersertifikat, tapi juga memiliki bau yang berbeda yang akan menutupi bau awal daging busuk. Semprotkan bahan di area di mana teman-teman menemukan tikus yang mati atau bangkai itu sendiri.

4. Bersihkan Tempat Bekas Mati Tikus 

Setelah menemukan lokasi tikus mati, penting sekali untuk membersihkan area tikus mati tersebut agar supaya bau yang tertinggal juga bisa dihilangkan. jika berada di furnitur seperti laci, meja, atau kursi, pastikan untuk mencuci bersih. Hal ini juga untuk menghindari penyakit dari bekas tikus mati tersebut.

5. Jemur dengan sinar matahari

Untuk menyingkirkan bau tikus yang sudah mati dari karpet atau lembaran atau jenis tekstil lainnya, gunakan sepenuhnya sinar matahari. Cuci tekstil dengan desinfektan dan deterjen lembut, dan biarkan mereka mengering di bawah sinar matahari. Tidak hanya udara luar bisa menghilangkan baunya pada mereka, tapi sinar matahari juga akan bertindak sebagai desinfektan alami.

Catatan: Banyak orang lebih suka mengeringkan tekstil di luar rumah untuk menghilangkan bau urin juga.

6. ‘Vent’ itu keluar

Apa yang terjadi jika tikus mati di dalam lubang pemanas atau ventilasi pendingin AC ? Setelah teman-teman mematikan perangkat dan menyingkirkan bangkai, mulailah membersihan dengan cara ini: ini akan menghalangi lalat, serangga dan belatung, dan juga menyingkirkan bau hewan pengerat yang sudah mati. Campur sekitar ⅛ secangkir pemutih atau pengharum seperti deterjen dan pembersih keramik dalam setengah galon air dengan spons selama beberapa detik. Gunakan spons untuk mengelap ventilasi , di dalam ke luar. Biarkan kering sendiri sebelum temen-temen mulai menggunakannya lagi. Jangan lupa memakai sarung tangan selama ini semua!

Baca Pengetahuan Terkait   10 Fakta Menarik Tentang Tarantula

7. Gunakan Lilin pengeharum 

Jika temen-temen bukan penggemar penyegar udara atau semprotan udara, bagaimana dengan beberapa lilin beraroma untuk menghilangkan bau ? Taruh  lilin ini di daerah dimana baunya paling kuat. Namun, tolong berhati-hatilah dengan lilin dan di mana temen-temen menyalakannya, atau mungkin juga memiliki konsekuensi berbahaya. Selain itu, jangan berharap lilin melakukan pekerjaan cepat, mereka mungkin cenderung membutuhkan sedikit waktu lebih banyak daripada penyegar udara dan semprotan.

8. Cara Membersihkan batang tikus di mobil

Ya, mungkin juga untuk menemukan tikus  mati di dalam mobil juga. Caranya pertama dan terutama (setelah temen-temen menyingkirkan binatang berbulu yang mati itu), bersihkan bagian dalam mobilmu dengan desinfektan dan air. Vakum kursi, kotak roda gigi, dan lingkar kemudi dengan saksama, dan tindak lanjuti dengan menyekanya dengan disinfektan, air, dan kain lembut. Namun, pastikan cairan tidak akan terkena tempat duduk temen-temen. Untuk hasil yang cepat, semprotkan cuka di mobilmu dan bersihkan setelah beberapa menit. Cuka memiliki bau yang kuat itu sendiri dan secara efektif akan menyingkirkan bau sebelumnya. Demikian pula, temen-temen bisa menyimpan zat penghilang bau, seperti bawang irisan dan kopi bubuk, di mobilmu dalam semalam.

9. Berikan cuka di lokasi penemuan batang

Cuka adalah caiar penghapus bau alami dan penghilang bau. Jika bau binatang pengerat mati menjadi terlalu tak tertahankan untuk temen-temen, kamu bisa mencoba menuangkan cuka ke gelas plastik dan menempatkannya di berbagai sudut rumah. Cuka akan menyerap bau busuk dan menghilangkannya, tidak hanya masker saja. Namun, temen-temen perlu memastikan dua hal di sini: Pertama, kamu tidak memiliki anak atau hewan peliharaan yang mungkin pergi dekat cuka, dan dua, temen-temen bisa menyimpan barang-barang itu dalam semalam dan tidak keberatan dengan cuka. bau.

Baca Pengetahuan Terkait   Metamorfosis atau Siklus Hidup Kumbang Tanduk atau Kumbang Badak

10. Pencegahan selalu lebih baik dari pada bau

Pertama dan terutama, periksa seluruh rumah temen-temen untuk setiap bukaan yang dapat mengundang hewan pengerat atau hewan kecil untuk berkumpul di Rumahmu, dan tutup mereka segera Demikian pula, temen-temen dapat mencoba menjaga perangkap manusiawi di sudut-sudut rumah yang prospektif sehingga kamu bisa melepaskan hewan pengerat ke luar jika kamu menangkapnya. (Jangan lupa untuk memeriksa perangkap secara teratur, atau temen-temen mungkin memiliki hewan pengerat yang mati di dalam jebakan) Menjaga kebersihan rumah akan lebih atau kurang memastikan bahwa tidak ada yang menarik bagi hewan pengerat yang harus dilakukan, dan mungkin juga membuat mereka tetap sama.

 

Nah semoga langkah-langkah atau tips tersebut bisa membantu temen-temen untuk menghilangkan bau dari bangkai tikus.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini