Ular merupakan salah satu jenis reptil yang keberadaannya terkadang meresahkan bagi manusia. Apalagi jika ular ini ditemukan atau masuk di sekitaran lingkungan kita seperti rumah. Nah di Indonesia sendiri banyak sekali yang mengartikan masuknya ular didalam rumah ini sebagai salah satu pertanda suatu kejadian akan datang bagi sipemilik rumah. Terlebih ada beberapa mitos dan arti menurut Kejawen atau Jawa serta Islam. Ada juga alasan Ilmiah mengapa ular masuk kedalam rumah. Berikut rangkumannya menurut Hewanpedia :

1. Pertanda Ular Masuk Rumah Menurut Kejawen atau Jawa

Menurut pemahaman ilmu kejawen, ular masuk rumah memang bukan suatu kejadian yang bisa dianggap biasa saja. Datangnya ular ke dalam rumah diyakini membawa suatu pesan kepada pemilik rumah. Pesan tersebut tergantung dari jenis ularnya, apakah ular berbisa ataukah ular yang tidak berbisa.

Jika ular yang masuk rumah adalah ular berbisa, seperti ular kobra, ular weling, atau ular koros, maka itu adalah pertanda bahwa dalam waktu dekat pemilik rumah akan mendapati suatu masalah atau sial. Sementara, jika ular yang masuk rumah adalah ular tidak berbisa, seperti ular lariangon, ular kadut, atau ular hijau, maka itu adalah pertanda diingatkannya teman-teman atas janji yang pernah dibuat kepada seseorang.

2. Mitos Membunuh ular yang masuk rumah

Datangnya pertanda ular masuk rumah bila ia berbisa harus disikapi dengan segera. Menurut orang tua zaman dulu, teman-teman dilarang membunuh ular tersebut bila tidak ingin kesialan benar-benar terjadi. Teman-teman hanya dibolehkan untuk mengusirnya sejauh mungkin dari rumah untuk menghindarkan keluarga dari patukan bisa dan racunnya.

Baca Pengetahuan Terkait   Alasan dan Faktor Migrasi Ikan Salmon Menurut Ilmiah

Adapun bila setelah ular tersebut diusir, tapi ia kembali masuk ke dalam rumah, maka pada saat itu teman-teman justru dianjurkan untuk segera membunuhnya. Ular tersebut datang ke rumah memang bertujuan agar dirinya segera dibunuh. Ular semacam ini biasanya adalah penjelmaan dari jin yang ingin menyempurnakan dirinya.

3. Arti ular yang tak berbisa bila masuk rumah

Sementara ular berbisa adalah tanda kesialan, ular yang tidak berbisa justru merupakan pengingat tentang janji. Ular tersebut datang untuk mengingatkan teman-teman tentang janji yang pernah terucap. Selain itu, ia juga bisa mengingatkan tentang suatu wasiat dari seseorang yang sudah meninggal dunia.

4. Penjelasan fenomena ular masuk rumah secara ilmiah

Terlepas dari segala kepercayaan dan mitos tentang pertanda ular masuk rumah, kejadian semacam ini sebetulnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Ular masuk rumah biasanya sering terjadi pada saat musim kemarau. Di saat itu, air di permukaan tanah sulit ditemukan. Ular yang kehausan akan mencari air untuk bisa bertahan hidup. Ular akan masuk ke dalam rumah melalui saluran pembuangan air dan menyelinap ke bagian rumah yang lain.

5. Pertanda Ular Masuk Rumah Menurut Islam

Dalam islam sendiri, percaya dengan pertanda sial dari kejadian ular masuk rumah adalah satu bentuk thayyirah atau sirik kecil yang harus dihindari. Mempercayai ramalan-ramalan semacam ini tidak akan memberikan manfaat, dan justru akan menimbulkan mudhorot bagi kehidupan di dunia, lebih lebih kehidupan di akhirat.

 

Nah, mungkin itulah yang bisa dijelaskan tentang pertanda ular masuk rumah dan kumpulan arti ular masuk rumah menurut primbon, menurut ilmu pengetahuan, dan menurut Islam. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru untuk teman-teman. Pesan kami, berhati-hatilah setiap saat dan bersihkan lingkungan sekitar rumah agar tidak ada kejadian semacam ini tidak akan pernah teman-teman alami lagi.

Baca Pengetahuan Terkait   5 Hewan Yang Dianggap Membawa Keberuntungan dan Penjelasannya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini