Jika Anda pernah mengunjungi akuarium atau pergi snorkeling saat berlibur, Anda mungkin akrab dengan beragam jenis karang. Anda bahkan mungkin tahu bahwa karang memainkan peran mendasar dalam menentukan struktur terumbu karang laut, ekosistem yang paling kompleks dan beragam di lautan planet kita. Tapi yang tidak disadari banyak orang adalah makhluk-makhluk ini, yang menyerupai persilangan antara batuan berwarna-warni dan berbagai bit rumput laut, sebenarnya adalah binatang.

Dan hewan yang menakjubkan pada saat itu.

Pada artikel ini, Hewanpedia ingin menjelajahi sepuluh hal yang harus kita ketahui tentang karang, apa yang membuat mereka hewan dan apa yang membuat mereka begitu unik.

  1. FAKTA: Karang milik Phylum Cnidaria. Hewan lain yang termasuk dalam Phylum Cnidaria termasuk ubur-ubur, hydrae, dan anemon laut. Cnidaria adalah invertebrata (mereka tidak memiliki tulang punggung) dan semua memiliki sel khusus yang disebut nematocysts yang membantu mereka menangkap mangsa dan mempertahankan diri. Cnidaria menunjukkan simetri radial.
  2. FAKTA: Karang milik Anthozoa Kelas (subkelompok Phylum Cnidaria). Anggota kelompok hewan ini memiliki struktur seperti bunga yang disebut polip. Mereka memiliki rencana tubuh sederhana di mana makanan masuk dan keluar dari rongga gastrovaskular (kantung perut) melalui lubang tunggal.
  3. FAKTA: Karang biasanya membentuk koloni yang terdiri dari banyak individu. Koloni karang tumbuh dari individu pendiri tunggal yang membelah berulang kali. Koloni karang terdiri dari basa yang menempel pada karang ke terumbu, permukaan bagian atas yang terkena cahaya dan ratusan polip.
  4. FAKTA: Istilah ‘coral’ mengacu pada sejumlah hewan yang berbeda. Ini termasuk karang keras, kipas laut, bulu laut, pena laut, pansy laut, karang pipa organ, karang hitam, karang lunak, karang penangkap karang cambuk.
  5. FAKTA: Karang keras memiliki kerangka putih yang terbuat dari batu kapur (kalsium karbonat). Karang keras adalah pembangun karang dan bertanggung jawab atas terciptanya struktur terumbu karang.
  6. FAKTA: Karang lunak tidak memiliki kerangka batu kapur kaku yang dimiliki oleh karang keras. Sebagai gantinya, mereka memiliki kristal batu kapur kecil (disebut sclerites) yang disematkan di jaringan mirip jeli mereka.
  7. FAKTA: Banyak karang memiliki zooxanthella di dalam jaringan mereka. Zooxanthellae adalah alga yang membentuk hubungan simbiosis dengan karang dengan menghasilkan senyawa organik yang digunakan oleh polip karang. Sumber makanan ini memungkinkan karang tumbuh lebih cepat daripada tanpa zooxanthellae.
  8. FAKTA: Karang menghuni berbagai habitat dan daerah. Beberapa spesies karang keras soliter ditemukan di perairan beriklim sedang dan bahkan polar dan ada sejauh 6000 meter di bawah permukaan air.
  9. FAKTA: Karang langka dalam rekaman fosil. Mereka pertama kali muncul dalam periode Kambria, 570 juta tahun yang lalu. Karang terumbu karang muncul pada pertengahan periode Trias antara 251 dan 220 juta tahun yang lalu.
  10. FAKTA: Karang pengumpul angin tumbuh pada sudut siku-siku sampai arus air. Hal ini memungkinkan mereka untuk secara efisien menyaring plankton dari air yang lewat.
Baca Pengetahuan Terkait   5 Serangga yang dapat Meloncat
10 Fakta Menarik mengenai Karang Laut
5 (100%) 1 vote