Kucing kabur dari rumah merupakan sebuah tragedi yang sudah umum terjadi, mengingat kucing bukanlah hewan yang dipelihara dengan cara diikat lehernya. Namun akan berbeda ceritanya jika kucing yang kabur adalah kucing yang dipelihara di dalam rumah terus dari kecil.

Nah, berkaitan dengan masalah tersebut, Hewanpedia akan berbagai 14 cara menemukan kucing yang kabur dari rumah. Dengan catatan kucing tersebut memang benar-benar kabur bukan hilang diculik :

  1. Ketika kucing anda menghilang, jangan sekali-kali berpikir dia akan kembali dengan sendirinya. Kucing yang dari kecil dipelihara di dalam rumah, ketika berada di luar rumah yang cukup jauh dan tidak kembali, adalah kucing yang tersesat. Dia hilang, karena tidak tahu jalan pulang. Jadi, segera cari, jangan tunda-tunda lagi. Jangan tunggu sampai dia semakin menjauh tersesat.
  2. Pasang iklan kucing hilang di koran lokal segera. Ini adalah cara paling malas dan mudah yang bisa anda lakukan. Di sekitar kita masih banyak orang baik dan perduli dengan kesusahan orang lain kok. Tidak semuanya egois.
  3. Selain nomor telepon, pada iklan koran tersebut tuliskan pula di area mana temen-temen tinggal dan dimana kira-kira kucing anda menghilang. Namun jangan tuliskan alamat lengkap rumah temen-temen. Biarkan orang yang menemukan kucingmu untuk menelepon terlebih dahulu.
  4. Jam-jam kucing keluyuran adalah sekitar 9 malam hingga 5 pagi. Carilah pada jam-jam tersebut. Biasanya kucing akan berada di dekat tempat sampah untuk mencari sisa-sisa makanan, atau berada di luar rumah makan yang dekat dengan rumah temen-temen. Atau kamu juga bisa memeriksa sekitaran dinding luar rumahmu, dan bawah mobilmu.
  5. Ketika temen-temen sudah berhasil menemukan kucingmu, jangan buru-buru mendekatinya dan menangkapnya. Duduklah dengan tenang, panggil namanya, kalau bisa sambil memberikan makanan. Biarkan si kucing datang kepadamu dengan sendirinya. Jika teman-teman langsung mengejarnya, bisa-bisa dia akan langsung kabur, karena berpikir anda marah kepadanya.
  6. Membuatkan kotak tidur kucing dan meletakkannya di tempat tenang seperti di garasi atau di area gelap dan tenang di sekitaran rumah adalah ide yang bagus juga. Teman-teman juga bisa meletakkan mainan atau seilmut kesayangan si kucing besertanya untuk menciptakan bau yang familiar bagi kucingmu yang ‘kebur’. Jika kucingmu belum jauh dari rumah, kemungkinan besar dia akan mengenali aroma tersebut.
  7. Kucing yang kabur cenderung tidak akan menyeberang jalan utama yang ramai, bahkan ketika jalan tersebut sudah sepi sekalipun. So, carilah si kucing pada sisi jalan yang tidak menyeberang.
  8. Waktu yang tepat untuk mencari kucing yang hilang adalah di malam hari. Karena kucing cenderung bersembunyi dan menghindari tempat yang ramai di siang hari.
  9. Kucing bukanlah petualang yang jauh. Apalagi kucing rumahan. Jadi, carilah di dekat-dekat rumahmu terlebih dahulu dengan teliti. Kira-kira sejarak 4-5 rumah di sekeliling rumahmu.
  10. Jika teman-teman yakin kucing hilang karena tersesat, kamu bisa meninggalkan barang-barang yang memiliki aromamu, di sepanjang jalan atau di sekitaran rumah. Semoga angin akan membawa aroma tersebut dan menuntun kucingmu pulang ke rumah.
  11. Saat mencari kucing di malam hari, sebaiknya temen-temen tidak menggunakan senter karena sinarnya terlalu lemah. Gunakanlah lampu sorot lalu sorotlah semak-semak di sekitaran rumahmu. Mungkin si kucing bersembunyi di sana.
  12. Periksa beberapa tempat penampungan hewan di dekat teman-teman tinggal. Barangkali kucingmu ditangkap petugas pengendali hewan karena dikira kucing liar. (Ini berlaku untuk negara-negara maju dan beberapa kota-kota besar.)
  13. Jika teman-teman tahu posisi kucingmu dimana, tetapi si kucing tidak juga mau pulang ke rumah, mungkin perlu menggunakan perangkap semacam ‘kandang perangkap’ untuk menjebak kucing anda tersebut.
  14. Yang terakhir adalah menyewa tenaga profesional. Namun opsi ini butuh dana tambahan yang tidak murah.
Baca Pengetahuan Terkait   Cara Paling Ampuh agar Burung Cendet / Pentet Cepat Gacor

Catatan : Tips di atas hanya berlaku untuk kucing-kucing rumahan yang selalu berada di dalam rumah dan tinggal di daerah kota-kota besar. Untuk kucing-kucing yang terbiasa keluyuran di luar rumah dan yang tinggal di kota-kota kecil atau di pedesaan, tips di atas tidak akan berlaku. Karena kucing outdoor dan kucing kampung memiliki jangkauan keluyuran yang lebih luas dan keluar rumah bukan karena kabur atau tersesat, tetapi lebih karena memang suka jalan-jalan.

14 Cara Jitu Mencari Kucing Hilang
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini