Bagi teman-teman yang suka memelihara Landak Mini dan berkeingan untuk membudidayakannya maka langkah satu ini sangatlah penting untuk teman-teman ketahui. Tahapan dimana hal-hal penting sebelum mengawinkan Landak Mini, atau mungkin ciri-ciri Landak siap untuk dikawinkan. berikut merupakan 10 Hal Penting Ketika Akan Mengawinkan Landak Mini.

1.Karakteristik Landak Mini betina

Pastikan awalnya bahwa Landak Mini betina dalam keadaan sehat. Tidak ada salahnya untuk membawanya ke doter hewan untuk memastikan Landak Mini betina bebas dari parasit internal maupun eksternal. Pastikan juga Landak Mini betina tidak terlalu gemuk (apakah dapat menggulung menjadi bola?) dan tidak terlalu kurus (apakah sisi perutnya terlihat cekung?). Usia kawin yang ideal untuk Landak Mini betina adalah antara 6 hingga 12 bulan. Kurang dari itu, fisik Landak Mini betina tidak cukup matang.

Landak Mini betina dapat hamil ketika masih berumur 8 minggu, tapi sangat tidak sehat dan dapat menyebabkan kekurangan gizi dan masalah lainnya. Landak Mini betina masuk ke tahap menopause sekitar 2,5 hingga 3 tahun. Pembiakan Landak Mini pada masa-masa menopause sering memiliki masalah kekurangan gizi atau kematian, sehingga biasanya Landak Mini betina pensiun dari pembiakan pada usia 2,5 tahun. Temperamen Landak Mini betina adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan mengawinkannya. Alasannya bahwa sebagian temperamen Landak  Mini mini akan diwariskan, sehingga pembiakan Landak Mini yang memiliki temperamen tenang atau ramah adalah cara terbaik untuk mendapatkan bayi yang ramah pula.

2. Karakteristik Landak Mini jantan

Sekali lagi, kesehatan adalah sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan. Landak Mini jantan biasanya bisa berkembang biak sepanjang masa hidupnya jika mereka sehat. Pastikan Landak Mini jantan tidak sedarah dengan Landak Mini betina. Pembiakan sedarah dapat menyebabkan anomali fisik, masalah kesehatan, dan temperamen buruk. Landak Mini jantan mulai memasuki masa subur ketika berumur 8 minggu, walaupun beberapa orang menunggu hingga minimal berumur 4 bulan. Sama halnya dengan Landak Mini betina, carilah Landak Mini jantan dengan temperamen yang baik.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Meracik Jamu untuk Meningkatkan Stamina Merpati Balap

Ada banyak cara tentang mengawinkan Landak Mini, informasi di sini adalah hal yang biasa dilakukan dan bekerja dengan baik. Ketika Landak Mini betina diletakkan sekandang dengan Landak Mini jantan, biasanya Landak Mini jantan akan mengejar Landak Mini betina tapi ada juga yang tidak. Perhatikan apakah mereka berkelahi, jika tidak maka biarkan selama 3 hari hingga seminggu tergantung pada perilaku mereka. Lalu pisahkan keduanya.

3. Keadaan Kandang Landak Mini

Landak Mini betina memerlukan privasi, maka sediakan tempat persembunyian yang nyaman di dalam kandang. Bisa menggunakan kotak sepatu yang dilubangi sesuai ukuran Landak Mini. Kandang harus memiliki dinding yang solid dan tinggi sehingga bayi-bayi Landak Mini tidak dapat memanjatnya. Kontainer plastik bekerja sangat baik untuk hal ini. Lalu tempatkan kandang di ruangan yang sunyi.

4. Siklus Kehamilan Landak Mini

Rata-rata lama kehamilan Landak Mini adalah 37 hari (sejak pertama kali dikawinkan hingga kelahiran). Paling cepat adalah 33 hari dan paling lama 50 hari, namun sebagian besar antara 35 hingga 39 hari. Pada hari ke 30, anda harus membersihkan kandang secara menyeluruh karena anda tidak boleh membersihkan kandang hingga bayi berumur 3 hingga 4 minggu.

5. Cara mengetahui Landak Mini telah hamil

Kadang-kadang perut Landak Mini akan ketat dan keras, mungkin juga terlihat benjolan. Pertumbuhan berat badan signifikan, dan kadang-kadang putingnya akan terlihat jelas. Hal ini bisa sangat sulit, siaga lah, dan berikan waktu paling sedikit 40 hari sejak pertama kali dikawinkan sebelum anda memutuskan apakah Landak Mini sudah hamil atau belum.

6.Bagaimana jika tidak hamil ?

Jika pertama kali anda gagal mengawinkan Landak Mini, teruslah berusaha jangan menyerah! Beberapa Landak Mini betina mungkin tidak menyukai pasangannya, dan mungkin membutuhkan beberapa percobaan. Coba kawinkan dengan Landak Mini jantan yang lain. Hal ini bisa 2 hingga 3 kali percobaan, bahkan ada yang telah mencapai 10 Landak Mini jantan baru berhasil. Terserah anda untuk memutuskan, tapi jika Landak Mini betina dalam keadaan sehat maka tidak ada salahnya untuk mencoba lagi.

Baca Pengetahuan Terkait   Rumah Nyaman Untuk Kuncing

7.Ada bayi apa yang harus anda lakukan?

Anda mengetahui ada bayi dengan melihatnya atau mendengar suara deritnya. Apapun yang anda lakukan, usahakan untuk membiarkan induk Landak Mini sendiri. Cobalah untuk tidak mengganggunya (walaupun hanya untuk melihatnya). Landak Mini betina sering meninggalkan bayinya tersebar sampai semua bayi lahir, jadi anda tidak perlu khawatir tentang bayi yang berserakan, tunggulah beberapa waktu dan biarkan induk Landak Mini yang mengkondisikan bayi-bayinya. Banyak induk Landak Mini yang memakan bayinya jika mereka stress dan itu adalah risiko yang harus anda terima jika anda mengganggunya! Jika ada sesuatu yang darurat dan membutuhkan peran anda, gunakan sendok yang telah digosokkan atau disimpan di dalam kandang sehingga baunya tidak asing bagi induk Landak Mini.

8. Kapan temen-temen dapat memegang bayi Landak Mini?

Aturan umum biasanya jika bayi Landak Mini Mini telah berumur 3 minggu atau lebih. Hal lainnya adalah sikap induknya, jika tenang dan santai maka induk betina akan membiarkan anda akrab bermain dengan bayinya. Para induk betina yang galak dan mengancam kedatangan anda bisa mengigit bayinya bahkan memakannya. Lebih baik anda menunggu hingga bayi Landak Mini berumur 4 minggu agar tidak terlalu berisiko.

9. Kapan bayi Landak Mini tidak menyusu lagi?

Induk Landak Mini akan memulai proses penyapihan (lepas susu) ketika bayi berumur 3 hingga 4 minggu. Di umur 3 minggu bayi Landak Mini biasanya sudah memiliki gigi dan 4 sampai 4,5 minggu mereka akan mulai mencoba makanan padat dan menggunakan botol air. Pada umur 6 minggu biasanya induk Landak Mini tidak mau menyusui bayinya, dan jika tampak agresif terhadap bayi-bayinya maka pisahkan segera. Juga pisahkan segera jika ada anak Landak Mini yang agresif sehingga mereka tidak akan saling menyakiti.

Baca Pengetahuan Terkait   Ciri dan Cara membedakan Burung Cendet / Pentet Jantan dan Betina

10. Kapan indukan bisa dikawinkan lagi?

Setelah bayi Landak Mini benar-benar disapih, sebaiknya induk betina diistirahatkan terlebih dahulu selama 2 hingga 3 minggu sebelum dikawinkan kembali. Hal ini berguna untuk memulihkan organ-organ reproduksinya dan juga mencegah stres.

 

Berikut merupkan 10 Hal Penting Ketika Akan Mengawinkan Landak Mini, semoga bagi temen-temen yang sedang atau akan memelihara Landak Mini tips ini bermanfaat.
10 Hal Penting Ketika Akan Mengawinkan Landak Mini
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini