Inilah beberapa jenis makanan yang baik dan sehat untuk hamster. Teman-teman memang sebaiknya memberikan makanan sehat agar hamster peliharaanmu yang lucu dan menggemaskan ini tetap bahagia dan sehat. Untuk semua jenis hamster, kalori dan kuantitas atau jumlah makanan yang dibutuhkan setiap hari sama dan hewan ini termasuk mempunyai sistem metabolisme tubuh yang baik.

Sebaiknya teman-teman memberikan makan hamster sekali sehari baik sore atau pagi hari. Sebaiknya perhatikan seksama bahwa makanan itu aman dan tidak mengandung kadar gula tinggi karena hampir semua hamster beresiko mengidap diabetes. Makanan yang menjadi pilihan biasanya sayuran, buah-buahan dan produk bermerek yang memang dikhususkan untuk binatang ini.

1. Makanan Bermerek

Terdapat beberapa jenis merek makanan yang dijual di pasaran yang diproduksi khusus untuk makanan hamster. Teman-teman dapat menemukannya di gerai besar, supermarket, pet shop dan tempat lainnya. Contoh merek yang terkenal adalah Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Marukan, Hartz, Nutriblocks, vitakraft dan lainnya dengan harga bervariasi. Namun biasanya orang memilih vitakraft karena mengandung vitamin dan nutrisi yang baik.

Disarankan memilih makanan bermerek yang bentuknya seperti pelet, kacang-kacangan atau biji-bijian. Biasanya pelet merupakan standard makanan untuk hewan pengerat dan harus mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan hamster.

2. Buah dan Sayuran Segar

Sayuran dan buah-buahan dapat menjadi pelengkap makanan untuk hamster dan banyak disarankan oleh dokter hewan dan pecinta hewan ini. Pastikan buah dan sayuran ini bersih dan segar sebelum diberikan ke hamster termasuk sedikit mengandung kadar air dan gula karena hamster beresiko besar mengidap diabetes dan air berlebihan dapat membuatnya mengidap diare atau masalah pada sistem pencernaan. Pilihan terbaik adalah melon, apel, berri-berrian (strawberry, blackberry dan lainnya), buah persik atau buah peer (plum) dimana buah ini sebaiknya dihidangkan dan tidak terdapat biji yang keras.

Baca Pengetahuan Terkait   Asupan Gizi yang Dibutuhkan Bagi Burung Pentet atau Cendet

Hindari memberikan anggur,mangga dan pisang karena mengandung kadar gula tinggi. Semangka juga sebaiknya dihindari karena kadar airnya tinggi. Sayuran yang direkomendasikan biasanya sayuran hijau dan berwarna seperti asparagus, brokoli, seledri, kacang panjang, wortel dan lainnya.

3. Makanan berprotein

Jika teman-teman tidak memberikan makanan bermerek yang kurang mengandung asupan protein maka makanan berprotein sebaiknya diberikan yang dikombinasikan dengan buah atau sayuran segar seperti biji-bijian dan kacang-kacangan kecuali kacang almond. Keju rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang disajikan dalam bentuk potongan berukuran kecil. Beberapa serangga yang kaya protein dapat juga diberikan seperti ulat, belalang kecil, atau jangkrik. Telur rebus dan ayam bakar juga dapat diberikan asal tidak sesering mungkin.

Makanan yang Harus Dihindari Hamster

Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari hamster karena dapat menimbulkan masalah kesehatan, merusak gigi dan berbahaya. Sebaiknya jangan langsung memberikan buah yang mengandung biji yang keras didalamnya atau mempunyai karakter keras seperti kacang Almond. Jangan juga memberikan makanan cepat saji atau junk food yang serong dikonsumsi manusia serta permen, coklat, keripik kentang atau makanan kaleng yang diproses pabrik seperti sereal gandum. Makanan lain yang dihindari adalah terong, kacang merah, jeruk-jerukan, bawang-bawangan, alpukat, dan makanan mengandung babi. Jika teman-teman ragu, sebaiknya disarankan berkonsultasi ke ahli atau dokter hewan.

3 Jenis Makanan yang Bergizi untuk Hamster
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini