Moss atau lumut merupakan salah satu elemen paling penting dalam membuat Aquascape. Alasannya karena ini merupakan hal yang membuat aquascape nampak cantik dan hidup. Jenis moss sendiri juga beragam, namun ada 3 jenis moss atau lumut yang paling cantik untuk Aquascape teman-teman. Berikut merupakan 3 Jenis Moss atau Lumut paling cantik dan populer untuk Aquascape :

1. Java Moss – Taxiphyllum Barbieri

Java Moss

Moss yang paling umum ditanam di akuarium adalah Java Moss, Taxiphyllum barbieri. Ada banyak alasan untuk ini. Menggunakan Java moss menciptakan aquascape alam yang menakjubkan dan dapat terikat pada segala macam fitur yang ada dalam akuarium teman-teman; batu, kayu apung ,dan tanaman lainnya – moss akan cukup senang melekat pada mereka semua. Moss ini juga self-attaching, jadi pada aquascape teman-teman tidak perlu membuat ikatan apapun jika memiliki waktu untuk melihat Moss melekat dengan sendirinya. Alasan utama lain mengapa Java Moss begitu dicintai oleh aquascaper adalah bahwa hal itu (hampir!) Tidak mungkin untuk mati. Moss ini akan dengan senang hati tumbuh di akuarium dengan tingkat pencahayaan yang tinggi untuk akuarium sampai akuarium dengan cahaya kurang.

2. Peacock Moss – Taxiphyllum sp. Peacock

Peacock moss

Ini adalah alah satu jenis moss yang seperti tanaman pakis. Moss ini merayap dan kecil dengan cabang rata. Cabang-cabang ini memiliki daun yang menyebar dan mencolok karena warna warni biru-hijau mereka. Peacock moss cenderung lebih suka tumbuh di perairan dingin sekitar 25 derajat Celcius. Pada suhu yang lebih tinggi, daunnya yang berbentuk seperti bulu merak akan hilang. Aquascaper beralih ke Peacock Moss ketika mereka mencari moss yang bisa membuat aquascape mereka terlihat ‘lembut’.

3. Stringy Moss – Leptodictyum riparium

Stringy Moss

Aquascaper suka dengan Stringy Moss, karena merupakan moss yang bervariasi dan dapat mempunyai banyak bentuk yang berbeda ketika ia tumbuh terendam/submersed. Di alam liar, moss ini ditemukan di bumi belahan utara. Mulai dari Eropa ke Cina sampai ke Amerika Utara; semua dikenal menjadi tempat dimana lumut ini tumbuh subur. Stringy Moss tumbuh lebih lambat dari moss lainnya, tetapi mudah untuk tumbuh dan dibiakan. Salah satu alasan utama Stringy Moss dicintai oleh aquascaper karena moss ini tumbuh bebas dan sedikit liar seperti batang yang tumbuh ke atas dengan gaya benang. Pengaruh tumbuh Stringy Moss di akuarium teman-teman dapat terlihat menakjubkan secara visual dengan batang dan daun yang halus. Ini adalah moss yang bagus untuk digunakan jika teman-teman mau menciptakan ilusi gerakan atau aliran dalam akuarium teman-teman.

 

Ketika teman-teman sedang merancang aquascape, pikirkanlah tempat yang akan ditaruh moss. Pertimbangkan berbagai jenis moss dan pola pertumbuhan mereka. Renungkan estetika yang teman-teman cari untuk dicapai di aquascape. Dengan penambahan moss yang tepat, aquascape teman-teman akan terlihat bersinar!