Teman-teman para pecinta Reptil pernahkah kamu melihat hewan peliharaan reptil kalian memuntahkan makanan atau mangsanya ? tahukah sebenarnya penyebabnya apa ? kalian harus mengerti lho penyebab reptil seperti ular sering muntahkan mangsanya. berikut informasinya di Hewanpedia.

Sebagai hewan exotermis atau hewan yang suhu tubuhnya tergantung lingkungan, reptil sangat terpengaruh oleh temperatur lingkungan. Seringkali kita temukan reptil peliharaan kita, khususnya ular mengalami muntah / memuntahkan makanannya sesaat sampai beberapa hari setelah makan.

Muntah atau vomitus, pada reptil dapat dikarenakan beberapa faktor diantaranya :

  1. Temperatur lingkungan yang terlalu rendah atau kondisi extrim dingin pada malam hari dan terlalu panas pada siang hari. Terlalu rendahnya temperatur lingkungan (kandang) menyebabkan gagalnya proses pencernaan makanan oleh reptil.
  2. Menghandel terlalu sering sesaat setelah makan (ular). Setidaknya pada hari ke-3 kita bisa memainkan ular kesayangan kita, namun juga harus tetap berhati-hati untuk tidak seenaknya memainkan ular kita, mengingat masih ada makanan (ingesta) padat dalam perut ular kita.
  3. Ketidakcocokan makanan yang diberikan, terutama jenis dan ukuran.
  4. Adanya parasit internal maupun stress akibat perubahan kondisi kandang maupun lingkungan makro di sekitar kandang.

Nah tadi 4 faktor penting mengapa hewan reptil memuntahkan mangsanya. teman-teman harus tau lho ya alesannya apa, karena itu bisa jadi tanda dari penyakit ular atau hal yang bisa mengancam hewan reptil teman-teman. n

 

4 Penyebab Mengapa Reptil Memuntahkan Makanannya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Cara Merawat Aquarium