Gotong royong merupakan prinsip hidup yang tidak hanya dimiliki oleh manusia saja, hewan pun sering menerapkan cara ini guna bertahan hidup di dunia mereka. Dengan melakukan gotong royong, pekerjaan yang super berat pun bisa dieksekusi dengan segera dan hanya membuang sedikit energi.

Mungkin teman-teman sudah menyadari bahwa ada beberapa hewan yang sangat doyan gotong royong ketika beraktivitas dan bahkan diantaranya sangat terbiasa wara-wiri di dalam rumah menggondol banyak makanan tanpa pernah minta ijin kepada yang pemiliknya.

Nah berikut merupakan hewan yang gemar bergotong royong :

Daftar isi konten dalam artikel ini

1. Semut

Semut Rangrang dan Kroto

Mereka akan dengan cueknya mengambil segala makanan yang ada di rumah, bahkan makanan yang sudah di kunci rapat dalam tempat makanan. Lihatlah barisan rapi mereka bergerak menuju target dan pulang kembali ke sarangnya untuk menampung berbagai hasil curian tersebut. Mereka memang sangat jago dalam urusan gotong royong dan bahu membahu mengambil makanan kita.

2. Lebah

lebah

Hewan yang satu ini memang sangat terkenal karena bisa menghasilkan makanan  enak yang manis dan lezat yang bernama “madu”. Madu asli lebah bisa dijual dengan harga mahal lho. Lebah akan bekerja bersama-sama dengan gerombolannya untuk mencari sari disetiap bunga yang sedang mekar. Sari tersebut mereka hisap dan ditampung dalam sarangnya yang berbentuk seperti balon. Tapi hati-hati ya dengan lebah, karena ia akan bisa menyengat hati temen-temen. Eh, maksudnya menyengat kulit yang bisa menimbulkan bentol.

3. Rayap

Rayap Tentara

Rayap adalah salah satu jenis binatang yang sangat hobi bercanda dengan kita. Tapi bercandanya keterlaluan, yaitu menggerogoti setiap kayu yang ada di rumah. Kalau tidak dicegah, bisa rusak rumah kita. Karena itu banyak orang memberikan rayap beberapa ramuan, yaitu ramuan yang bisa mengusirnya jauh-jauh dan bahkan tidak berani datang lagi. Hewan ini bekerja dalam kelompok dengan cara yang sangat agresif, kayu yang ada bisa habis dilalapnya dalam waktu yang singkat. Jika tidak dicegah maka kita bisa kena musibah.

4. Hyena

Hyena

Crocuta crocuta at Abuko National Reserve/The Gambia

Hewan yang satu ini adalah hewan yang memiliki wajah culas dan sangat cocok sekali memerankan peran antagonis pada suatu film. Hewan ini akan bekerja dalam kelompok untuk memangsa binatang buruan untuk memenuhi kebutuhannya. Pengepungan kilat ala hyena sering membuat mangsanya kewalahan dan berhasil menjadi santapan lezat oleh gerombolan tak berperasaan ini. Tapi dibalik itu, mereka bisa makan karena melakukan kerjasama dan gotong royong yang apik dalam menjerat target.

5. Serigala

Tidak mau kalah dengan hyena, serigalapun mencontek cara berburu mereka, yaitu berkelompok dan saling berbagi tugas untuk mengejar mangsa. Bagi hewan yang apes, kawanan serigala ini akan dengan senang hati mengajak mangsanya berpesta pora. Tentu saja menjadi hidangan lezat dalam pesta tersebut.