Jika kalian berminat untuk memelihara reptil (atau tarantula), Teman-teman harus memiliki terrarium untuk meletakkannya. Terrarium berfungsi seperti akuarium pada ikan, namun berisi tanah dan tumbuhan yang cocok untuk tempat hidup reptil. Terrarium membuat kamu seperti memiliki sedikit bagian dari dunia yang kamu ciptakan sendiri untuk reptil peliharaanmu. Bagaimana membangun terrarium yang baik? She Knows memberikan beberapa tips ini untuk Teman-teman.

1. Membuat Terrarium dulu, baru membeli reptil

Sebelum membeli reptil, ada baiknya Teman-teman membuat terrarium terlebih dahulu. Setiap reptil memiliki lingkungan yang cocok dengan mereka, dan bisa berbeda-beda. Jadi pastikan kamu membuat terrarium yang sesuai untuk peliharaanmu nantinya.

2. Sediakan cukup ruang 

Binatang seperti ular atau kada bisa tumbuh menjadi sangat besar, dan membutuhkan tempat yang luas untuk bergerak. Tak hanya itu, reptil terkadang juga suka bersembunyi di balik batu-batu atau tumbuhan. Beberapa bahkan suka berenang. Pastikan Teman-teman menyediakan tempat yang sesuai dengan kebiasaan mereka, dan memberikan mereka cukup ruang untuk melakukannya.

3. Tingkat kenyamanan

Beberapa reptil memiliki kebutuhan tersendiri mengenai lampu dan panas. Untuk itu, memilih lampu yang tepat juga penting untuk membuat reptilmu nyaman. Pastikan kamu juga menyesuaikan jenis penghangat atau lampu dengan kebutuhan reptil yang kamu pilih.

4. Menambahkan kelembaban

Beberapa reptil menyukai lingkungan yang lembab. Teman-teman dapat menambahkan kelembaban dengan membuat bagian atas terrarium menutup. Walaupun begitu, berikan beberapa lubang udara untuk ventilasi. Kurangi pencahayaan, dan gunakan kipas tambahan jika perlu.

5. Lingkungan yang familiar

Lingkungan yang Teman-teman buat dalam terrarium harus sesuai dengan lingkungan reptilmu secara alami. Misalkan reptil Teman-teman menyukai berenang, maka ada baiknya kamu mengusahakan untuk membuatkan lahan dengan tambahan kolam kecil, serta tanah kering untuk tempatnya mengeringkan diri.

Baca Pengetahuan Terkait   Penduan Lengkap Mengenal Makanan Burung Betet

6. Dekorasi

Untuk mendekorasi terrarium, Teman-teman mungkin dapat menempel gambar di bagian belakang terrarium. Ini tidak hanya membuat reptil kamu merasa akrab dengan lingkungannya, tapi ini juga membuat terrariummu menjadi semarak. Kamu bisa menambahkan hal lain seperti ranting, tumbuhan, batu, atau apapun yang sesuai dan membuat reptilmu senang.

 

Itulah tips untuk membangun terrarium Teman-teman. Ingat bahwa seringkali media yang ditawarkan untuk membangun terrarium sangat terbatas, namun jumlah dan jenis reptil sangat banyak. Kamu dapat melakukan tips-tips di atas untuk membuat terrariummu nyaman bagi reptil peliharaan.

6 Langkah Mudah Cara Membuat Terrarium untuk Memelihara Reptil
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini