Ikan kembung merupakan salah satu ikan yang banyak ditemukan di Indonesia. Ikan ini juga menjadi salah satu jenis ikan yang paling laku dipasaran karena rasanya yang enak ketika dijadikan masakan. Lalu apakah temen-temen sudah mengetahui fakta ilmiah terkait ikan Kembung ? Berikut Hewanpedia sajikan informasi mengenai Ikan Kembung.

Karakteristik Biologis dan Ekologis Ikan Kembung

Karakteristik Biologis dan Ekologis Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta Cuvier 1817) Ikan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta Cuvier 1817) menurut taksonominya diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Pisces
  • Subkelas : Teleostei
  • Ordo : Percomorphi
  • Subordo : Scombroidea
  • Famili : Scombridae
  • Genus : Rastrelliger
  • Spesies : Rastrelliger kanagurta

Spesies Ikan Kembung

Ikan kembung (Rastrelliger spp) dapat dibedakan menjadi 3 spesies yaitu Rastrelliger kanagurtaRastrelliger brachysoma, dan Rastrelliger neglectus. Sedangkan ikan kembung di Teluk Jakarta terdiri dari 2 spesies yaitu ikan kembung lelaki atau banyar (Rastrelliger kanagurta) dan kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma). Ikan kembung lelaki terdiri atas ikan-ikan jantan dan betina, dengan periode pemijahan di Teluk Jakarta dan Laut Jawa terjadi dalam dua periode yaitu musim timur mulai Juni, Juli, hingga Agustus dan periode musim barat pada Februari hingga April.

Ciri Fisik atau Morfologi Ikan Kembung

Ikan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta) memiliki ciri-ciri morfologi sebagai berikut :

  1. Kepala lebih panjang dibandingkan dengan tebal tubuh.
  2. Rahang sebagian tersembunyi, tertutup oleh tulang lakrimal yang memanjang hingga tepi rongga mata.
  3. Bukaan insang sangat panjang, terlihat ketika mulut sedang terbuka.
  4. Memiliki kantung renang.
  5. Memiliki sirip punggung pertama berjari-jari keras IXXI; sirip punggung pertama berjari-jari lemah 11-13+5; finlet pada sirip anal 11- 12+5; serta finlet pada sirip dada 19-22; V, 1+5.
  6. Ikan kembung lelaki dalam keadaan hidup berwarna keemasan pada bagian punggung.
  7. Dalam keadaan mati berwarna garis kegelapan pada bagian punggung dan tanda hitam dekat batas bawah sirip dada; sirip punggung berwarna kekuningan dengan corak hitam, sirip ekor dan sirip dada berwarna kekuningan.
Baca Pengetahuan Terkait   Burung Kuau Raja

Daerah Pesebaran Ikan Kembung

Daerah penyebaran ikan kembung lelaki di perairan pantai Indonesia dengan konsentrasi terbesar di perairan Laut Jawa, Kalimantan, Sumatera Barat, dan Selat Malaka. Ikan kembung lelaki hidup di perairan pantai dan tersebar di wilayah Indo-Pasifik barat dengan suhu perairan kurang lebih 170C. Ikan kembung lelaki dewasa banyak ditemukan di lepas pantai dan pesisir yang dalam. Ikan ini memakan plankton dan biasa ditemukan bergerombol di kolom perairan.

Ikan kembung lelaki cenderung berenang mendekati permukaan air pada waktu malam hari dan pada siang hari turun ke lapisan yang lebih dalam. Gerakan vertikal ini dipengaruhi oleh gerakan harian plankton dan mengikuti perubahan suhu, faktor hidrografis dan salinitas air laut . Ikan kembung lelaki biasanya dijual dalam bentuk segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin seperti pedayang lebih tahan lama. Ikan kembung lelaki yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini