Jika mendengar mengenai Ikan tenggiri pasti teman-teman langsung ingat siomay yang lezat. Ikan Tenggiri memang menjadi salah satu bahan olahan ikan terbaik untuk masakan. Namun tahukah kamu mengenai fakta ilmiah mengenai ikan Tenggiri ? berikut Hewanpedia sajikan informasi seputar ikan Tenggiri.

Taksonomi Ikan Tenggiri

Tenggiri termasuk ikan pelagis yang hidup di permukaan laut atau didekatnya. Salah satu dari sifat ikan pelagis besar ini adalah suka bergerombol, sehingga penyebarannya pada suatu perairan tidak merata. Taksonomi ikan tenggiri diklasifikasikan sebagai berikut :

  • Filum : Chordata
  • Sub filum : Vertebrata
  • Kelas : Pisces
  • Sub kelas : Teleostei
  • Ordo : Percomorphi
  • Sub ordo : Scombridea
  • Famili : Scombridae
  • Sub famili : Scombrinae
  • Genus : Scomberomorus
  • Spesies : Scomberomorus commersonii

Persebaran dan Habitat Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri umumnya hidup di sekitar perairan pantai dan sering pula ditemukan di dekat perairan karang. Penyebaran spesies ini cukup luas mencakup seluruh wilayah Indo-Pasifik Barat dari Afrika Utara dan Laut Merah sampai ke perairan Indonesia, perairan Australia dan perairan Fiji ke Utara sampai ke perairan China dan Jepang.

Ciri fisik atau morfologi Ikan Tenggiri

Ciri-ciri tenggiri (Scomberomorini) adalah mempunyai tubuh yang panjang, berbentuk terpedo dan merupakan perenang cepat. Secara morfologi, ikan ini memiliki karakteristik spesifik pada bagian mulut, sirip, dan bagian tubuh .

Tenggiri mempunyai mulut lebar dengan ujung runcing, gigi pada rahang gepeng dan tajam. Pada bagian punggung ikan terdapat dua sirip. Sirip punggung pertama berjari-jari keras 15-18 buah, sedangkan sirip punggung kedua berjari-jari 15-20 buah yang diikuti 8-10 buah sirip tambahan (finlet). Sirip dubur tenggiri biasanya berjumlah 18-19 buah dan sifatnya berjari-jari lemah sebanyak 21-24 buah.

Baca Pengetahuan Terkait   Ikan Depik atau Ikan Rasbora

Bagian punggung tenggiri berwarna biru gelap atau biru kehijauan. Pada individu dewasa terdapat garis berwarna abu-abu pada bagian perut sebanyak 40-50. Bagian rahang ke bawah berwarna putih keperakan, sirip punggung pertama berwarna biru terang sampai biru gelap dan sirip dada berwarna abu-abu keperakan sampai biru gelap. Punggung ikan tenggiri berwarna biru abu-abu dan perak kebiru-biruan di bagian sisi. Ban-ban warna gelap, menggelombang melintang badan. Sirip-siripnya biru keabuan. Ukuran panjang tubuh dapat mencapai 200 cm dan biasanya 60-90 cm.

Ikan Tenggiri

Mengenal Ikan Tenggiri Beserta Taksonomi, Habitat dan Ciri Fisiknya
5 (100%) 1 vote[s]