Ikan Kerapu
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

kerapu-2

Ikan Kerapu atau dalam bahasa inggris kerap dipanggil dengan  grouper atau groper fish ini merupakan ikan yang hidup di karang dan bebatuan. Ikan ini menjadi ikan yang cukup bernilai ekonomi yang tinggi. berikut merupakan ulasan lebih lanjut mengenai ikan kerapu

Taxonomi

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Serranidae
Upafamili: Epinephelus

Deskripsi

kerapu-3

Ikan bernilai ekonomi tinggi ini memang sudah tidak asing lagi dimasyarakat terutama nelayan. Harga jualnya yang cukup tinggi menjadi salah satu incaran oleh para nelayan. Selain itu ikan ini memiliki prospek yang baik apa bila dibudidayakkan.

Kerapu merupakan ikan yang suka hidup karang atau bebatuan. Sering kali ikan ini ditemukan di tengah-tengah karang atau gua-gua kecil dalam laut. Ikan ini merupakan ikan karnivora yang biasanya yang memiliki ukuran lebih kecil daripada ukuran tubuhnya. Namun walaupun tergolong sebagai ian karnivora, ikan Kerapu tidak begitu aktif dalam memburu mangsanya.

Ukuran ikan ini dapat mencapai ukuran yang besar sekitar 2 meter. Namun rata-rata ikan ini ditangka oleh nelayan sebesar 20 – 100 cm. selain itu ikan ini memiliki cirikhas tubuh yang memiliki bintil-bintil pada tubuhnya. Warna ikan ini bermacam-macam, terkadanga ada yang berwarna coklat, merah, abu-abu, hitam, tergantung dari jenis ikan Kerapu. Ikan Kerapu juga dikenal dengan gaya ikan kamuflase yang baik karena dapat menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Selain itu ikan Kerapu memiliki duri pada siripnya yang keras dan tajam.
Ikan Kerapu juga dikenal dengan beberapa jenis. Diantarnya ialah ikan Kerapu Tikus atau sering dikenal dengan Kerapu Bebek, Ikan Kerapu Macan, dan Ikan kerapu Lumpur. Namun dari ketiga jenis ikan kerapu tersebut, ikan Kerpau Tikuslah yang memiliki nilai ekonomis yang paling tinggi dibandingkan dengan kedua jenis Kerapu yang lain.

Selain itu Ikan Kerapu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya manfaat ikan Kerapu ialah mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu Ikan Kerapu juga memiliki kandungan Omega 3, Asam Amino, V itamin B Kompleks, Taurin, dan Selenium. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi ikan Kerapu dalam jumlah tinggi karena mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Penyebaran dan Habitat

kerapu

Ikan Kerapu cukup mudah untuk ditemukan dibeberapa perairan Indonesia. Seperti halnya ikan ini dapat ditemukan dipeairan Pulau Jawa, Ambom, Sumatra, Sulawesi, Buru, dan beberapa perairan di sekitar Kalimantan.

Habitat utama ikan ini ialah Karang dan Gua yang ada dalam dasar laut. Maka dari itu pesebaran ikan ini tergantung pada penyebaran karang yan ada. Biasanya ikan Kerapu dapat ditemukan di kedalaman 0,5 – 3m ketika berukuran kecil, namun setelah dewasa ikan ini akan mudah ditemukan dalam kedalaman sekitar 7 – 40 m.

Bagi anda yang berniat untuk membudidayakan ikan ini disarankan untuk membudidayakannya dalam perairran yang bersuhu 24-31 darajat Celcius, salinitas antara 30 -33 ppt, kandungan oksigen terlarut > 3,5 ppm dan pH antara 7,8 – 8.

Telur dan larvanya bersifat pelagis, sedangkan kerapu muda dan dewasa bersifat demersal. Habitat favorit larva dan kerapu tikus muda adalah perairan pantai dengan dasar pasir berkarang yang banyak ditumbuhi padang lamun.

Makanan

Makanan Ikan Kerapu merupakan ikan-ikan kecil penghuni karang.

Jenis

  • Kerapu batik (E. polyphakeion syn. E. microdon)
  • Kerapu kertang (Epinephelus lanceolatus)
  • Kerapu sunuk/merah/lodi (Plectropomus leopardus)
  • Kerapu lumpur (Epinephelus bleekeri Vaillant, 1878)
  • Kerapu macan (E. fuscoguttatus)
  • Kerapu muara (E. coioides)
  • Kerapu tikus/bebek (Chromileptes altivelis)