Ikan Gurame Sirip Biru
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

trichogaster-trichopterus-sumatranus-2

Ikan Gurame Sirip Biru atau dalam bahasa latin ialah Trichogaster trichopterus sumatranus merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari keluarga gurame. Sekilas ikan Gurame ini lebih cocok untuk dijadikan penghuni akuarium daripada untuk dikosumsi karena keindahan dari warna tubuhnya.

Fakta Menarik

  • Jenis ikan Gurame yang memiliki warna yang indah
  • Hampir mirip dengan ikan Sepat

 Taxonomi

Klasifikasi ilmiah
Kekaisaran : Animalia (Hewan)
Suku : Chordata (chordate)
Kelas : Ikan bertulan (ray)
Orde : Perciformes (bertengger)
Keluarga : Osphronemidae
Gender : Trichogaster
Jenis : Trichogaster trichopterus

 Deskripsi

trichogaster-trichopterus-sumatranus

Ikan Gurame Sirip biru memiliki ukuran tubuh yang kecil daripada ukuran Gurame pada umumnya yang besarnya bisa hingga 50cm. Ikan Gurame Sirip Biru memiliki ukuran sekitar 10-20cm, namun rata-rata usia dewasa ikan ini hanya tumbuh hingga 15cm. suhu yang cocok untuk memiihari ikan ini berkisar antara 22-28 º C dengan kadar keasaman sekitar 7-7,5.

Selain itu ikan ini terbilang memiliki warna yang lebih menarik daripada ikan Gurame pada umumnya. Warna dari ikan ini biasanya hijau atau baru dengan garis, bintik-bintik atau spot, serta titik pada tubuhnya yang berwarna putih atau cerah.

Untuk membedakan antara yang mana betina serta jantan biasanya dilihat dengan melihat sirip dan kedua antena pada bwah tubunya. Untuk betina biasanya memiliki ukuran antena yang lebih pendek daripada jantan.

Ikan ini bukanlah ikan yang agresif. Ikan ini lebih cenderung bersifat diam. Maka jika anda tertarik untuk memilihara ikan ini diusahakan tidak dijadikan satu dengan ikan yang agresif. Selain itu disarankan juga untuk memiliki ukuran akuarium sebesar 1,2 m untuk memilihara ikan ini.

Untuk reproduksi adalah bubblenest dibuat, menurunkan tingkat ikan air tidak berpikir masa reproduksi tercapai. Splash biru secara luas dikenal di akuarium dunia karena sifat pendiam nya, penerimaan dari berbagai macam makanan dan terutama toleransi besar spesies habitat dan beberapa tuntutan kualitas air. Jika suhu air antara 22 dan 28 derajat daripada yang optimal. Mereka adalah ikan yang sangat damai.

 

Makanan

Makanan ikan ini sangatlah beragam, seperti ikan hias pada umumnya, ikan ini dapat memakan cacing, pelet, atau remukan-remukan makanan.