Hiu Harimau
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Hiu harimau merupakan satu dari hiu terbesar, dan satu-satunya anggota genus Galeocerdo. Hiu dewasa memiliki panjang tubuh berkisar antara 3,25 m hingga 4,25 m, dan berbobot 385 kg hingga 635 kg. Hiu ini banyak ditemukan di samudera tropis dan hangat, terutama di sekitar pulau di tengah Pasifik.
Hiu harimau adalah pemburu soliter, dan berburu di malam hari.

Hiu harimau adalah predator berbahaya, karena memakan banyak benda. Makanannya biasanya ikan, singa laut, burung, hiu kecil, cumi-cumi dan penyu. Terkadang juga ditemukan barang buatan manusia seperti ban, atau plat mobil.

hiu-harimau2

Hiu harimau adalah penyerang kedua terfatal setelah great white shark, dan, bersama dengan great white shark, dianggap sebagai hiu paling berbahaya bagi manusia. Predator dengan hidung besar dan tumpul ini terkenal dengan reputasinya sebagai pemakan/penyerang manusia. Masalah terbesar dengan hiu ini adalah, mereka tidak membeda-bedakan jenis menu yang mereka akan makan. Apabila mereka menyerang manusia dan melakukan gigitan pertama, mereka kemungkinan akan terus menyerang. Tidak seperti hiu putih yang kebanyakan meninggalkan manusia setelah melakukan gigitan pertamanya.

Hiu macan sering diburu para nelayan untuk diambil sirip, kulit, daging dan hatinya yang mengandung vitamin A kadar tinggi yang dapat diproses menjadi minyak vitamin A. Jumlah mereka saat ini sangat terancam keberadaannya.