Singa atau Si raja rimba ini yaitu type kucing paling besar serta paling tinggi. Tingginya tidak sama 14 cm dari harimau. Raja rimba ini serupa dengan harimau, terlebih untuk bentuk kerangka badan binatang ini. Untuk berat badan seekor singa jantan dewasa berkisar antara150 – 250 kg (biasanya 181 kg) serta singa betina seputar 120 – 182 kg (biasanya 126 kg). Singa ini mempunyai ekor panjang yang ditumbuhi sejumput bulu di ujungnya. Seperti Jambul yang terdapat pada bagian ekor ini memiliki ukuran variatif dari singa satu ke singa yang lain.

Ukuran Singa ini agak bermacam-macam, bergantung pada keadaan habitatnya. Umpamanya, singa di Afrika sisi selatan lebih berat 5% dari singa di Afrika sisi Timur.

Terkecuali dari ukuran, singa jantan serta betina dapat dibedakan dari surainya. Surai besar di kepala singa jantan menjuntai hingga lehernya yang tidak dimiliki oleh singa betina. Singa jantan sangat dikenal sebagai pimpinan pada kawanan Singa.

Oleh karenanya, singa jantan mesti kerap bertarung dengan sesama singa jantan yang datang dari luar untuk merebut komunitasnya. Nah, salah satu manfaat surai mereka yaitu untuk bikin tubuh singa jantan tampak semakin besar hingga singa jantan lawannya jadi ketakutan. Diluar itu, surai singa jantan juga berperan untuk menakut-nakuti hyena, hewan saingan singa ini dalam berburu.

Lebat atau tidaknya ukuran surai si raja rimba ini di pengaruhi oleh berbagai macam hal. Aspek-aspek itu mencakup segi keturunan atau genetis, produksi hormon testosteron, yang berpengaruh pada sifat kejantanan serta iklim tempatnya hidup.

Warna surai Singa ini bermacam, dari mulai yang berwarna emas jelas hingga gelap.Tingkat kesehatan seekor singa jantan dapat ditunjukan dari warna surainya. Makin gelap warna surai binatang singa serta makin lebat bulunya, maka makin sehat singa itu. Singa betina juga condong suka pada biantang singa jantan yang surainya lebat serta gelap.

Baca Pengetahuan Terkait   Definisi Lengkap Mengenai Tentakel
Singa beserta Ciri Fisik dan Karakteristiknya
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini