Memulai sebuah toko hewan peliharaan atau petshop memberi teman-teman kesempatan untuk merawat hewan yang membutuhkan rumah dan kemudian membantu mencocokkan hewan-hewan itu dengan pemilik yang bersedia merawat mereka. Selain membantu hewan dan mereka yang mencari hewan peliharaan, Teman-teman juga mendapatkan kesempatan untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan sekaligus.

Memulai seringkali merupakan salah satu bagian tersulit dari proses menjalankan toko hewan peliharaan. Lalu bagaimana cara memulai untuk membuat petshop ? Berikut Hewanpedia memberikan tips mengenai cara membuat petshop secara sederhana.

  1. Temukan lokasi yang baik untuk toko hewan peliharaan

    Dalam bisnis penjualan hewan peliharaan dan persediaan hewan peliharaan, teman-teman memerlukan lokasi yang sangat terlihat dan mudah dijangkau. Banyak penjualan yang dilakukan di toko-toko hewan peliharaan terjadi karena dorongan hati. Karena itu, memiliki toko di daerah dengan lalu lintas tinggi biasanya merupakan ide yang bagus. Hati-hati di mana teman-teman membuat toko hewan peliharaanmu. Jika area tersebut sudah memiliki beberapa toko hewan peliharaan, mungkin tidak masuk akal untuk menempatkan toko hewan peliharaan lain di sana. Kalau tidak, mungkin tidak ada cukup banyak pelanggan untuk berkeliling. Lakukan riset pasar untuk menentukan berapa banyak tempat tinggal pribadi dan pesaing di daerah tersebut.

  2. Tuliskan rencana bisnis

    Gunakan rencana bisnis untuk merencanakan bagaimana teman-teman akan membiayai bisnis petshop serta bagaimana cara beroperasi. Gunakan riset pasar untuk menentukan berapa harga yang akan teman-teman tawarkan kepada hewan peliharaan dan persediaan dan berapa banyak inventaris yang akan teman-teman beli. Rencanakan setidaknya untuk tahun pertama. Jika kamu perlu memperoleh pinjaman, pastikan rencana bisnismu terlihat profesional sehingga kamu dapat menyampaikannya kepada petugas pinjaman bank.

  3. Beli inventaris yang diperlukan untuk toko hewan peliharaan

    Ini termasuk membeli persediaan seperti makanan, mainan, barang perawatan dan suplemen. Ini juga termasuk mendapatkan inventaris dari hewan peliharaan yang ingin teman-teman jual. Sebagian besar toko hewan peliharaan memiliki berbagai jenis hewan peliharaan setiap saat. Misalnya, anjing, kucing, burung, kadal, ikan, hewan pengerat dan beberapa hewan lain biasanya ditemukan dijual di toko hewan peliharaan. Memiliki pilihan yang lebih besar dapat membantu teman-teman mendapatkan penjualan ekstra dibandingkan dengan beberapa toko lain di daerah tersebut.

  4. Iklankan toko hewan peliharaan Anda di daerah tersebut

    Ketika mencoba untuk berkembang, teman-teman perlu berinvestasi dalam iklan untuk meningkatkan branding petshopmu. Sampai pelanggan terbiasa dengan nama petshop teman-teman dan memahami apa yang teman-teman tawarkan, peluang mendapatkan penjualan sangat kecil. Meskipun teman-teman akan mengandalkan lalu lintas yang lewat depan petshopmu, kamu juga ingin beriklan untuk membawa orang secara khusus ke petshopmu. Ini harus dilakukan dengan pemasaran massal, seperti televisi, radio dan surat kabar, serta media yang ditargetkan, seperti Internet atau majalah.

  5. Gunakan promosi untuk membuat penjualan awal

    Dalam banyak kasus, teman-teman mungkin ingin mendistribusikan kupon atau memiliki spesial yang membuat pelanggan melakukan pembelian. Misalnya, jika teman-teman memiliki merek makanan anjing yang sangat rekomendasikan, teman-teman dapat menawarkan potongan harga agar supaya membuat pelanggan mencobanya. Kemudian ketika mereka membutuhkan lebih banyak, mereka akan kembali ke tokomu untuk melakukan pembelian tambahan.

  6. Bekerja dengan tempat perlindungan hewan setempat untuk mempromosikan merek atau layanan

    Menyiapkan hubungan atau program rujukan dapat membantu teman-teman dan penampungan hewan memenuhi kebutuhan hewan dan masyarakat. Misalnya, jika teman-teman tidak memiliki binatang yang diinginkan pelanggan, arahkan dia ke penampungan hewan atau pasar hewan sekitar. Di sisi lain, tempat penampunga atau pasar hewan tersebut juga dapat merekomendasikan pelanggan kepada petshopmu jika memberikan layanan yang baik dan menawarkan banyak pilihan.

Tips membuat petshop

Pastikan bahwa teman-teman mematuhi semua hukum zonasi lokal dan mendapatkan izin, izin usaha, dan asuransi yang sesuai. Memelihara hewan di properti teman-teman mungkin mengharuskan teman-teman untuk membuat izin khusus atau izin usaha di daerah Anda

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Baca Pengetahuan Terkait   Pengertian dan Cara Menghitung Food Conversion Ratio (FCR)