6 Tahapan Cara Memelihara Ikan Louhan
5 (100%) 2 votes

Mahalnya harga ikan louhan tidak menurunkan niat para pecinta untuk memiara ikan yang satu ini. Hal ini beralasan karena, para kolektor ikan hias ingin memanjakan mata dengan keanggunan yang dimiliki oleh ikan louhan.

Memelihara ikan arowana pada akuarium bisa dibilang susah-susah gampang tergantung kesungguhan serta ketertarikan penghobi nya kepada ikan peliharaannya. Dikatakan mudah bila kita tahu cara untuk memiara ikan louhan di dalam akuarium.

Namun, hal ini dibilang susah bila kita belum mengetahui cara untuk memelihara ikan louhan di dalam akuarium. Bedanya sangat tipis, bukan? Nah Oleh karena itu, kita harus mempelajari terlebih dulu bagaimana cara memiara ikan louhan dalam akuarium dengan baik dan benar.

Selanjutnya akan kami jabarkan tentang tips-tips tips untuk memelihara ikan louhan dalam akuarium.

1. SEDIAKAN AKUARIUM

Hal yang paling urgen dalam membeli akuarium ialah kualitas dari produk akuarium itu sendiri, baik itu kaca, perekat yang digunakan oleh pengrajin hingga desain landscape yang selaras dengan selera Anda.

Selanjutnya, ikan louhan tidak bisa sekonyong-konyong diletakkan ke dalam akuarium yang kita beli melainkan harus kita penuhi terlebih dahulu alat-alat pendukung akuarium tersebut. Peralatan-peralatan tersebut diantaranya adalah:

A. AERATOR

Aerator atau pompa udara berfungsi untuk menyalurkan udara ke dalam akuarium dan membuang udara sisa respirasi ikan ke luar akuarium. Pompa udara yang bagus ialah aerator yang bisa membuang banyak udara, namun membutuhkan aliran listrik yang ekonomis.

B. HEATER DAN THERMOMETER

Heater atau alat pemanas bermanfaat saat suhu air dingin, sedangkan thermometer berguna untuk mengecek keadaan suhu pada air. Suhu air yang baik untuk akuarium berkisar antara 25-27 0C.

C. FILTER

Filter atau penyaring air berguna untuk menyoltir air supaya selalu bersih. Bila tidak memanfaatkan filter, kita akan direpotkan untuk memelihara kebersihan akuarium dan rajin menguras air pada akuarium.

Baca Pengetahuan Terkait   4 Alasan Induk Burung Cucak Rawa Buang Anaknya

D. LAMPU TL

Lampu TL bermanfaat untuk penyinaran akuarium dan mempercantik akuarium. Namun, penggunaan lampu TL perlu diperhatikan. Sebab lampu TL mengeluarkan suhu panas yang bisa mempengaruhi keadaan air dalam akuarium. Lampu TL yang bagus untuk akuarium ukurannya 80 X 40 cm ialah 20 watt.

2. PENGONTROLAN AKUARIUM

Hal yang harus dilakukan saat pengontrolan adalah suhu air, ph air, dan kebersihan air. Pengawasan suhu air mesti dilakukan setiap hari. Manfaatkan thermometer untuk mengecek kondisi suhu pada air.

Bila suhu air akuarium menurun, maka segera hidupkan heater sampai suhu udara kembali ideal. Sedangkan, ph air yang normal untuk akuarium sekitar 6-8,5. Bila ph air turun, maka masukkan kapur ke dalam akuarium. Selain itu, awasi pula sanitasi air. Tambahkan malachite green 3 minggu sekali.

Pengendalian air juga sangat penting untuk dikerjakan. Biasanya, hal yang banyak dilupakan oleh para pecinta ikan louhan adalah mengganti air pada akuarium.

Buatlah jadwal untuk mengganti air pada akuarium supaya tetap terjaga kebersihannya. Pengurasan air bisa dijadwalkan dengan dua cara.

Langkah pertama, air akuarium dikuras seminggu tiga kali sebanyak 10% saja dari jumlah air yang ada di akuarium. Langkas selanjutnya, air akuarium dikuras semuanya dalam waktu tiga bulan sekali. Bila Anda memanfaatkan air PDAM, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 24 jam agar kuman turun.

3. PENATAAN INTERIOR AKUARIUM.

Ikan louhan pada mulanya hidup di alam liar, seperti sungai dan danau. Oleh karena itu, jika ingin memelihara ikan louhan di dalam akuarium, ciptakanlah suasana akuarium Anda layaknya lingkungan yang ada di habitat asli ikan louhan supaya ikan louhan merasa nyaman serta tidak depress.

Berikut merupakan perlengkapan yang dibutuhkan agar akuarium Anda mirip dengan tempat tinggal yang ada di ekosistem asli ikan louhan.

Baca Pengetahuan Terkait   Rumah Nyaman Untuk Kuncing

4. TANAMAN AIR

Di ekosistem aslinya, ikan louhan biasanya suka menyembunyikan dirinya di bawah tanaman air dengan tujuan melindungi diri Dengan alasan tersebut, sediakanlah tanaman air jika Anda ingin memiara ikan louhan di dalam akuarium.

5. PASIR BATUAN

Pasir berguna untuk landasan penempatan bebatuan. Pasir yang baik untuk akuarium ialah pasir sungai yang masih tercampur dengan humus. Tambahkan juga krikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm. Untuk mempercantik tampilan akuarium Anda.

6. MAKANAN IKAN LOUHAN

Ikan hias ialah ikan yang mempunyai ke indahan, baik dilihat dari sisi siripnya, bentuknya bahkan bentuk sisiknya dan umumnya dipelihara oleh para penggemar ikan hias.

Secara garis besar, Ikan hias dibagi menjadi dua yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Adapun yang umumnya dipelihara oleh para pecinta ikan hias adalah ikan hias air tawar.

Ikan hias air tawar memiliki beragam pilihan yang bisa kita gunakan sebagai hewan kesayangan di rumah. Salah satunya ialah ikan louhan.

Ikan louhan merupakan hewan peliharaan tingkat atas atau ikan yang mempunyai harga yang fantastis. Ikan louhan ini mempunyai beragam jenis dan semua jenis ikan louhan terlihat sangat indah.

Tetapi, keindahan ikan louhan bisa saja pudar bila kita salah dalam mensuplai makanan pada ikan peliharaan kita. Oleh karena itu, kita perlu meneliti dalam membeli pakan pada louhan kita.

A. CACING DARAH BEKU DAN CACING CACINGAN JENIS LAIN

Cacing darah beku merupakan salah satu pakan yang sangat ideal untuk anakan ikan louhan. Makanan ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan louhan yang mempunyai ukuran sekitar 8 cm.

bila louhan sudah agak dewasa, Anda bisa menggantinya dengan pakan lainnya. Selain itu, pakan ini juga sangat gampang didapatkan. Anda dapat mendapatkannya dari para penjual ikan hias di sekitar rumah Anda.

Baca Pengetahuan Terkait   4 Ciri Utama Anakan Ikan Louhan Kualitas Terbaik

B. JANGKRIK

Jangkrik merupakan sangat cocok untuk hidangan utama ikan louhan kita. Makanan ini sangat baik untuk memperbaiki kecerahan corak pada ikan louhan kita, terutama ikan louhan jenis golden base dan super red dragon louhan. karena hewan ini mengandung betacarotene yang berfungsi untuk memperbaiki kecerahan sisik ikan.

Jangkrik yang ideal untuk louhan kita ialah jangkrik yang masih kecil serta ketika kita ingin memberikan makanan ini, jangan lupa untuk memotong kakinya terlebih dulu agar tidak melukai mulut dan alat pencernaan ikan louhan kita.

Ingat sesuaikan ukuran ikan louhan kita dengan makanan yang satu ini jangan sampai kebesaran.

C. UDANG

Udang memiliki manfaat yang sama dengan jangkrik. Pakan ini sangat baik untuk meningkatkan kecerahan corak pada ikan louhan kita. Udang ini dapat kita berikan pada ikan louhan kita, baik dalam kondisi segar maupun beku.

Namun tetap hati-hati sebelum memberikan makanan ini, hendaknya dibuang terlebih dahulu sungutnya karena dapat menciderai ikan louhan kita.

D. MAKANAN BUATAN

makanan buatan atau umumnya kita sebut pellet ikan. Pellet merupakan makanan yang paling simpel dan memudahkan kita dalam memberi makan ikan. Selain itu makanan ini tidak sulit diperoleh.

Saran, jika Anda ingin menggunakan pellet sebagai pakannya maka Anda perlu melatihnya sejak kecil. Karena tidak semua ikan louhan menyukainya serta dibutuhkan pembiasaan.

Demikianlah segmen tentang jenis ikan louhan dan cara merawatnya. semoga uraian diatas dapat membantu teamn-teman sekalian dalam merawat dan membudidayakan ikan louhan Anda di rumah.

 

sumber : infosiana.net

Content Protection by DMCA.com