Salah satu ikan buas yang dkenal dengan akgresifnya yakni ikan hiu. ikan hiu merupakan salah satu ikan dengan kerangka tulang rawan yang ramping dan tubuh lengkap. Ikan hiu atau dikenal dengan superordo selachimorpha merupakan salah satu ikan terbesar yang mampu tumbuh hingga 12 meter.
Dari beberapa penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa ikan hiu yang lasim ditemukan seperti Carcharhinus leucas, Hiu banteng, hiu paus, Rhincodon typus, Hiu pigmi, dan Euprotomicrus bispinatus. Hiu pada lasimnya makan dengan menggunakan platon melalui alat penyaring di mulutnya.
Jika dilihat dari lapisan tubuhnya, hiu memiliki lapisan dermal denticles pada kulitnya. Dermal ini berfungsi sebagai perlindungan diri dari benturan parasit dinamika air atau kerusakan lainya. Hiu dikenal bernafas dengan insang (liang insang) dan memiliki gigi yang tajam seperti gergaji.
Seperti kita ketahui ikan hiu merupakan salah satu ikan yang bertulang rawan yang berasal dari anggota Condrichthyes. Adapun ciri ikan hiu bila dilihat dari bagian luar adalah sebagi berikut:

1. Ciri Ikan Hiu Dilihat Dari Bagian Luar

  1. Memiliki sirip dua pada samping kiri kanan depan. Dan pada bagian belakang terdapat satu sirip yang panjang berdiri mirip pesawat tempur. Sedangkan sirip badan belakang bawah lebih pendek. Pada umunya sirip-sirip ini digunakan hiu untuk menyeimbangkan badan ketika berburu.
  2. Ikan hiu memiliki mulut transversal dan pada bagian kepalanya meruncing kearah anterior.
  3. Pada bagian mata ikan hiu agak kecil dan didalamnya terdapat bintik merah. Mata ikan hiu mampu meihat dari kejauhan hingga 100 meter di air jerni.
  4. Ikan hiu memiliki Insang yang  berjumlah 5-7 yang masing masing lamelanya terpisah, tidak ada gelembung udara atau vesica natatoria.

Selain ciri dari luar, ikan hiu juga memiliki memiliki ciri khas dan ciri umum seperti sebagai berikut:

2. Ciri Khas Ikan Hiu

  1. Hiu memiliki kulit dengan sisik plachoid dengan kelenjar mucus. Hiu merupakan salah satu hewan yang bias menyesuaikan tubuhnya dengan lingkungan dan dikenal sebagai hewan yang berdarah dingin.
  2. Pada Skeleton ikan hiu berupa tulang rawan tidak ada tulang keras, vertebrae lengkap dan terpisah.
  3.  Jika dilihat dari bentuk hidung, hiu memiliki cekungan hidung satu sampai dua tampa ada hubungan dengan rongga mulut. Selain itu hiu juga memiliki rahang yang sepasang yaitu bawah dan atas.
  4. Pada bagia mulut, Ikan hiu memiliki gigi yang bergerigi kaya sikat yang dilengkapi gigi email yang sangat tajam dan mampu merobek mangsanya.

3. Ciri Umum atau Utama

Pada bagaian rahang hiu dapat di gerakkan sehingga ikan hiu mampu untuk memakan mangsanya yang lebih besar. Dan pada umunya sering juga didapatkan bendah seperti sepeda yang hancur dalam tubuh ikan hiu.
Ikan Hiu memiliki anggota gerak berpasangan sehingga dikenal sangat kuat merobek-robek mangsanya.
Pada Vertebrae ikan hiu sangat lengkap, namun Vertebrae ini dikenal terpisah.

4. Ciri Fisik Ikan Hiu

Selain dari ciri umum, ciri khusus dan ciri jika dilihan dari luar ikan hiu juga memiliki ciri fisik seperti sebagai berikutu:

Jika dilihat dari ciri fisik kerangka ikan hiu sangat berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang seperti misalnya ikan kod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan-ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang.

Pada bagian rahang ikan hiu beraneka ragam dan diduga telah berevolusi dari rongga insang yang pertama. Rahang ini tidak melekat pada cranium dan mempunyai deposit mineral tambahan yang memberikannya kekuatan yang lebih besar saat berhadapan dengan makanan atau musuh.

Namun jika dilihat dari perkembangannya, Ikan Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya yang dipanen. Akibat dari hal ini, menimbulkan keprihatinan di antara para biologiwan karena meningkatnya usaha yang dilakukan untuk menangkapi ikan hiu selama ini, dan banyak spesies yang kini dianggap terancam punah.

Kekwatiran itu pun membuat beberapa organisasi, seperti misalnya Shark Trust, melakukan kampanye untuk membatasi penangkapan hiu.