Cara dan Pertolongan Pertama Terkena Gigitan Laba-laba – Untuk menghindari laba-laba bersarang di rumah Anda, lakukan pembersihan rumah secara teratur dengan menyapu, mengepel, atau memvakum setiap ruangan dalam rumah.   Lakukan juga pada tempat-tempat yang jarang Anda kunjungi, semisal loteng, ruang bawah tanah, dan garasi. Tutup setiap celah di mana laba-laba mungkin masuk ke dalam rumah.

Untuk melindungi diri dari gigitan laba-laba, saat membersihkan rumah gunakan sarung tangan, lengan panjang, dan celana panjang. Perhatikan di mana Anda meletakkan tangan. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika sampai tergigit laba-laba adalah, jika memungkinkan, identifikasi jenis laba-laba tersebut.

Laba-laba berjenis black widows gigitannya seperti tusukan jarum. Di awal, gigitan hanya akan meninggalkan tanda merah dan bengkak sedikit. Namun dalam beberapa jam, Anda akan merasa sakit perut, kekakuan, demam, dan mual. Setelah itu, kram otot, mual, muntah, kejang, dan peningkatan tekanan darah.   Reaksi ini dapat mengancam jiwa, tidak hanya pada anak-anak, tapi juga orang dewasa. Segera periksakan ke dokter dan minta obat antiracun. Jika mungkin, bawa serta laba-laba agar dokter bisa mengidentifikasinya.

Sedangkan gigitan laba-laba jenis brown violin atau  brown recluse akat terasa seperti sengatan dan menimbulkan kemerahan. Seiring waktu, kemerahan akan melepuh dan Anda bisa merasakan sakit perut seperti maag. Gejala dapat berkisar dari demam ringan, ruam, mual, dan kelesuan.

Sebelum Anda memeriksakannya ke dokter, lakukanlah hal-hal berikut ini:

  1. Bersihkan daerah gigitan dengan sabun dan air.
  2. Jika gigitan pada lengan atau kaki, angkat lengan dan kaki  untuk membantu mencegah pembengkakan.
  3. Biarkan bekas gigitan tetap basah dengan membasahinya dengan handuk basah.
  4. Lalu periksakan segera ke dokter.
Baca Pengetahuan Terkait   6 Hal yang Perlu Diperhatikan Memelihara Ikan Louhan Agar Tidak Cepat Mati

Anda juga bisa melakukan beberapa hal sebagai penanganan awal dan mudah dengan beberapa cara berikut ;

  1. Kompres es

Ketika awal digigit, Anda harus membersihkan luka menggunakan air dan sabun yang tidak terlalu kuat. Selanjutnya gunakan kompres es di bagian yang terluka. Nantinya suhu dingin dari kompres akan membantu membuat ujung saraf mati rasa, sehingga sensasi gatal, pembengkakan serta peradangan dapat dikurangi.

Cara membuat kompresnya sangat mudah. Anda hanya perlu membungkus beberapa es batu kecil dengan handuk tipis. Selanjutnya tempatkan handuk tersebut di atas luka dan diamkan selama 10 menit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

  1. Baking soda

Zak akali yang terkandung pada baking soda mampu membantu menarik racun laba-laba keluar, sehingga dapat menenangkan rasa sakit, peradangan serta gatal pada kulit. Anda bisa mencampurkan 1 sdt baking soda dengan 3 sdt air. Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke area gigitan menggunakan bola kapas. Diamkan selama 5 menit, lalu cuci menggunakan air hangat.

  1. Garam

Cara alami mengobati gigitan laba-laba selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi, garam merupakan bahan yang cocok untuk mengeluarkan racun dari gigitan laba-laba, sehingga proses pemulihan akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, kandungan pada garam tersebut juga dapat membantu mengurangi gejala dari gigitan, termasuk kemerahan dan peradangan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mencuci dahulu area yang tergigit hingga bersih menggunakan air hangat. Setelah itu taburkan garam meja ke kain lap bersih yang basah. Selain menggunakan garam meja, Anda juga bisa menggunakan garam laut. Selanjutnya gunakan kain tersebut untuk dijadikan perban. Diamkan selama beberapa jam, lalu lepaskan kain.

  1. Kentang
Baca Pengetahuan Terkait   3 Cara Sederhana Mengurangi Infeksi Cacing pada Hewan Peliharaan

Anda juga bisa menggunakan kentang untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, sekaligus juga menenangkan. Hal ini dikarenakan sifat anti-iritasi yang terdapat pada kentang sangat bermanfaat untuk menghilangkan peradangan dan rasa gatal.

Anda bisa mengupas 1 buah kentang besar, lalu mencucinya. Setelah itu belah kentang menjadi 2 bagian. Lanjutkan dengan membersihkan luka gigitan menggunakan alkohol. Jika sudah, letakkan tapal kentang ke area yang sakit. Lalu diamkan hingga kering. Agar lebih mempermudah, Anda bisa mengikat kentang menggunakan kain. Setelah kentang menua, Anda bisa membersihkan area yang sakit dengan air hangat.

  1. Jus lemon

Selain menggunakan kentang, Anda juga bisa menggunakan jus lemon sebagai cara alami mengobati gigitan laba-laba. Cara penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat jus dari lemon segar. Setelah itu terapkan jus tersebut ke area yang sakit menggunakan bola kapas. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Cara dan Pertolongan Pertama Terkena Gigitan Laba-laba
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini
Content Protection by DMCA.com