Burung adalah binatang dengan area pergerakan yang luas. Mereka mampu terbang seluas mata mereka dapat memandang. Meski demikian dengan perawatan yang baik tentu saja mereka dapat hidup didalam kandang atau dirumah bersama manusia. Dan berikut beberapa 7 poin keunggulan memiliki burung sebagai peliharaan.

1. UMUR Burung PANJANG

Sebagian besar burung peliharaan memiliki usia lebih lama dibandingkan hewan lain. Ini berarti bahwa kamu tidak perlu berurusan dengan kesedihan karena kehilangan burung peliharaan terlalu cepat. Mereka akan mendampingimu dan menjadi teman belasan tahun lamanya.

2. Dapat meningkatkan INTERAKSI SOSIAL

Studi terbaru menunjukan bahwa memelihara burung mendorong interaksi sosial seseorang. Tentu saja akan baik untuk kesehatan mental kamu. Sangan menyenangkan mendengar burung peliharaan menyambut dengan hangat ketika kamu pulang sekolah, kuliah atau sepulang kerja. Dan disisi lain, ada interaksi dengan pemilik burung lainnya, seperti orang-orang di forum burung atau bahkan komunitas pecinta burung yang ada di daerah kamu.

3. MENUMBUHKAN SIFAT MERAWAT

Ada dasar “kebutuhan” untuk memelihara dan merawat dalam diri setiap makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Burung peliharaan memenuhi syarat kebutuhan untuk dipelihara seseorang. Mereka memerlukan banyak perhatian pribadi dari pemiliknya dan interaksi yang cukup dengan kamu supaya dia tetap sehat.

4. Meningkatkan rasa EMPATI

Setiap hewan peliharaan mendorong rasa empati dalam diri anak-anak. Seekor burung peliharaan benar-benar dapat diajak bicara oleh anak-anak, dan mereka merasa burung peliharaan memahami apa yang mereka katakan. Hal penting ini membuat anak-anak lebih mudah untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain dengan cara memahami lalu mengajak berbicara.

Baca Pengetahuan Terkait   4 Tanda Gejala Burung Beo Sakit

5. MENGHILANGKAN STRES

Bermain dengan burung peliharaan akan menurunkan tingkat stres kamu, dan menurunkan tekanan darah kamu. Apa yang lebih indah dari warna-warni bulu burung, merdunya kicauan mereka dan tingkah laku yang lucu. Duduk di sofa dan berinteraksi dengan mereka akan membuat mood kamu semakin baik, jadi tidak ada alasan lagi untuk menjadi galau dimusim kemarau yang sudah panas ini.

6. MENJAGA PIKIRAN TETAP TAJAM

Ketika seseorang beranjak memasuki usia tua, mereka mungkin mulai melambat dan tidak dapat lagi mudah mengingat yang menunjukan seseorang beresiko mengalami demensia dini. Mengajarkan trik khusus pada burung peliharaan, melatih mereka melakukan sesuatu setiap hari dari setiap proses akan menjaka pikiran seseorang tajam. Hal tersebut juga sebagai bentuk hiburan bagi si teman berbulu kamu. Latihan otak ini terbukti lebih baik daripada obat-obatan.

7. COBA SEKARANG JUGA

Hal terakhir yang bisa kamu ingat adalah kapan kamu berinteraksi dengan burung peliharaan kamu? kapan terakhir kamu mengajarkan trik baru? atau memperkenalkan mainan baru kedalam kandang mereka? atau bahkan kamu belum pernah melakukan semua itu? mengapa tidak mencobanya sekarang?

 

 

Lihatlah buku panduan melatih burung atau membaca artikel tentang trainning burung peliharaan bagi pemula untuk memulai. Cobalah dan sesuatu yang luar biasa akan kamu rasakan ketika burung kutilang kamu mendarat ditanganmu kelak.