Indonesia mrupakan salah satu negara yang memiliki berbagai jenis flora dan fauna ? lalu tahukah temen-temen mengenai berapa jenis flora dan faunanya ? berikut Hewanpedia akan memberikan informasi mengenai jumlah kekayaan flora dan fauna di Indonesia.

Kawasan indonesia tercatat ditempati 2.827 jenis satwa vertebrata non ikan. dari jumlah tersebut 848 diantaranya merupakan jenis endemik yakni jenis yang hanya terdapat di indonesia. disamping itu indonesia juga ditumbuhi sekitar 37.000 jenis tumbuhan tinggi dari antara 155.475 sampai 183.025 tumbuhan yang ada di dunia. dari jumlah tersebut sekitar 14.800 sampai 18.500 tumbuhan merupakan tumbuhan endemik indonesia. Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki keanekaragaman hayati setelah brasilia.

Tujuan pentingnya untuk mengetahui flora dan fauna di Indonesia terdapat beberapa hal yaitu :

  1. Flora dan Fauna Indonesia dapat dijadikan obyek penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan botani dan zoologi.
  2. Perlunya ditingkatkan kesadaran perlindungan pada flora dan fauna indonesia yang terancam kepunahan
  3. Perlunya  ditingkatkan kecintaan untuk pelestarian dan konservasi flora dan fauna indonesia.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan flora dan fauna yang merupakan terlengkap di dunia akan keberagamannya. Indonesia terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis. terletak di antara dua benua asia dan australia yang merupakan negara kepulauan, yang menyebabkan setiap pulau memungkinkan tumbuh dan menyebarnya hewan dan tumbuhan khas tertentu sesuai dengan kondisi alamnya.

Kerena berbagai kondisi tersebut maka wilayah indonesia kaya akan keanekaragaman fauna. berbagai jenis fauna yang ada diantaranya adalah

  1. Mamalia ( lebih dari 500 jenis )
  2. Kupu-Kupu ( lebih dari 100 jenis )
  3. Reptil ( lebih dari 600 jenis )
  4. Burung ( lebih dari 1.500 jenis )
  5. Amfibi ( lebih dari 250 jenis )
Baca Pengetahuan Terkait   Mitos Hewan-hewan yang di anggap Pembawa Pertanda

Persebaran fauna dikelompokkan dalam tiga wilayah geografis yaitu Fauna Indoensia barat, Fauna Indonesia Tengah dan Fauna Indonesia Timur.  Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat bertipe Asiatis, di wilayah Indonesia Tengah Merupakan Fauna Khas/fauna asli Indonesia sendangkan wilayah Fauna Indonesia Timur bertipe Australis.

Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini