Infeksi Zika dulunya acuh tak acuh dianggap sebagai perhatian asing, bukan yang akan membahayakan pantat kita sendiri, sampai kemarin ketika The Star melaporkan kasus virus Zika pertama di Malaysia, dikontrak oleh seorang wanita Klang yang telah kembali dari Singapura.

Jika Anda tidak terbiasa dengan virus tersebut, Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes yang terinfeksi. Gejala Zika biasanya berkembang dalam 3 sampai 12 hari dari gigitan nyamuk dan mereka sering termasuk ruam gatal, demam, sakit tubuh, sakit kepala, mata merah dan kadang mual dan muntah. Kematian telah dilaporkan dari Zika, dan virus ini juga sangat berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Wanita hamil yang terjangkit infeksi ini memiliki risiko tinggi mengantarkan bayi dengan microcephaly, cacat lahir dimana bayi memiliki kepala kecil yang abnormal, dahi yang miring dan otak yang rusak. Sayangnya, belum terbukti obat yang telah ditemukan sejauh ini.

Sekarang setelah Anda menyadari bahaya Zika, yang paling sedikit yang dapat Anda lakukan adalah melakukan tindakan pencegahan yang serius terhadap nyamuk, dan itu dimulai di rumah.

1. Jaga agar Jendela Tertutup

Itulah hal pertama yang harus Anda lakukan. Jangan memberi nyamuk sambutan hangat ke rumah Anda dengan membiarkan jendela Anda terbuka – karena begitulah semuanya dimulai. Dan jika Anda khawatir akan terlalu kaku dengan jendela tertutup, naikkan kipas ekstra atau pasang aircond untuk membuat semua orang merasa nyaman dan bahagia. Dan jika Anda harus membiarkan jendela tertentu terbuka, perbaiki nampan nyamuk. Ini akan membuat hidup sedikit lebih sulit bagi nyamuk sial itu untuk masuk.

Baca Pengetahuan Terkait   Cara Memelihara Otter atau Berang-berang yang Baik

2. Hilangkan Air yang Tergenang

Nyamuk Aedes berkembang biak dengan air yang stagnan. Saluran air yang tersumbat, pot bunga kosong, mangkuk air panas atau wadah yang mengumpulkan air harus dikeringkan dan dikeringkan. Saluran air harus dibersihkan dari sampah dan daun mati agar tidak menghalangi aliran air mengalir, yang membasmi larva.

3. Bersihkan halaman anda

Jika halaman Anda dipenuhi sampah atau kantong plastik terbuka, buang saja! Ini bisa menyimpan air dan menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk. Jika kebun Anda dalam kondisi buruk, kami akan menghubungkan Anda dengan landscapers yang bisa mengubah rumput Anda yang berantakan menjadi karya yang bersih!

4. Gunakan Metode Alami Untuk Menghindari Rumah Nyamuk Anda Bebas

Gunakan bahan alami seperti kamper, daun kayu putih, bawang putih dan lavender untuk mencegah nyamuk tinggal di rumah Anda. Benda-benda alami ini berasal dari bau kuat yang akan membuat nyamuk tetap nyenyak. Mint dan minyak lavender benar-benar melakukan lebih dari sekedar mencegah nyamuk – mereka juga membuat rumah Anda berbau segar dan menakjubkan.

5. Gunakan obat nyamuk

Ini adalah langkah yang sangat penting. Gunakan obat nyamuk baik di dalam maupun di luar ruangan. Anda selalu perlu melindungi diri Anda sendiri karena Anda tidak pernah tahu kapan dan di mana serangga sial itu akan menyerang Anda, jadi membela diri terhadap mereka sangat penting.

6. Semprotkan Rumah Anda

Semprotan seperti Ridsect atau Shieldtox akan segera membunuh nyamuk tersebut, jadi selalu ada yang berguna. Semprotkan bagian luar rumah tepat sebelum Anda keluar atau masuk untuk membersihkan nyamuk tersembunyi. Ini mungkin bukan bau terbaik di dunia, tapi ini cara yang baik untuk membunuh hama ini dan mencegah penyebaran virus Zika di rumah Anda.

Baca Pengetahuan Terkait   7 Tahap Panduan Lengkap Cara Budidaya Teripang

7. Tutupi Tungkai Anda

Untuk menghindari terinfeksi oleh Zika, kenakan pakaian lengan panjang untuk menjaga tubuh Anda dan buang semua bagian yang terpapar dengan repellant nyamuk. Selalu lebih baik aman daripada menyesal!

 

Artikel ini juga muncul di PropSocial dialih bahasakan Hewanpedia. PropSocial adalah situs properti Malaysia pertama yang menampilkan ulasan jujur ​​langsung dari pengguna.