Siapa yang tidak menyukai penguin berpakaian tuksedo yang gemuk, terbaring di bebatuan dan perutnya melayang ke laut? Hampir semua orang bisa mengenali seekor penguin, tapi seberapa banyak yang Anda ketahui tentang burung laut ini? Mulailah dengan 7 fakta menarik tentang penguin ini.

1 Penguins memiliki bulu, sama seperti burung lainnya

Penguin menjalani sebagian besar bulunya setiap tahun.

Penguin mungkin tidak terlihat seperti teman berbulu lainnya, tapi memang berbulu. Karena mereka menghabiskan begitu banyak nyawa mereka di air, mereka menjaga agar bulu mereka dilempar ke bawah dan kedap air. Penguin memiliki kelenjar minyak khusus, yang disebut kelenjar preen, yang menghasilkan persediaan minyak waterproofing. Seekor penguin menggunakan paruhnya untuk mengoleskan zat tersebut ke bulunya secara teratur. Bulu minyak mereka membantu membuat mereka tetap hangat di air yang dingin, dan juga mengurangi hambatan saat mereka berenang.

Seperti burung lainnya, penguin bulu bulu montok dan regrow replacement. Tapi bukannya kehilangan beberapa bulu pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, penguin melakukan molting mereka sekaligus. Ini dikenal sebagai malapetaka bencana. Sekali setiap tahun, penguin membungkus ikan untuk mempersiapkan perubahan bulu tahunannya. Kemudian, selama beberapa minggu, itu merusak semua bulunya dan menumbuhkan yang baru. Karena bulunya sangat penting bagi kemampuannya untuk bertahan di perairan dingin, masuk akal bagi seekor penguin untuk tinggal di darat selama beberapa minggu dan mengganti mantelnya sekali setahun.

2 Penguin juga memiliki sayap, seperti burung lainnya

Penguin memiliki sayap, tapi tidak dibuat untuk terbang

Meskipun penguin memiliki sayap seperti burung lain, sayapnya tidak seperti sayap burung lainnya. Sayap penguin tidak dibangun untuk penerbangan. Sebenarnya penguin tidak bisa terbang sama sekali. Sayap mereka diratakan dan meruncing, dan terlihat dan berfungsi lebih seperti sirip lumba-lumba daripada sayap burung.

Ahli biologi evolusioner percaya bahwa penguin bisa terbang di masa lalu, namun selama jutaan tahun, keterampilan terbang mereka berkurang. Penguin menjadi penyelam dan perenang yang efisien, dibangun seperti torpedo, dengan sayap dirancang untuk mendorong tubuh mereka melalui air dan bukan udara. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 menentukan bahwa evolusi ini berakar pada efisiensi energi. Burung yang berenang dan terbang, seperti muram tebal, mengeluarkan sejumlah besar energi di udara. Karena sayap mereka dimodifikasi untuk menyelam, mereka kurang aerodinamis, dan dibutuhkan lebih banyak energi agar bisa mengudara. Penguin membuat taruhan evolusioner bahwa menjadi perenang yang baik akan membantu mereka lebih baik daripada mencoba melakukan keduanya. Jadi mereka pergi ke dalam sirip yang berfungsi, dan melepaskan kemampuan mereka untuk terbang.

Baca Pengetahuan Terkait   Pengertian Amfibi dan Berbagai Faktanya

3 Penguin adalah perenang yang terampil dan cepat

Penguin diajarkan untuk berenang

Begitu penguin prasejarah berkomitmen untuk hidup di air dan bukan di udara, mereka membuktikan diri sebagai perenang juara dunia. Sebagian besar bergerak antara 4-7 mph di bawah air, namun penguin gentoo zippy (Pygoscelis papua) dapat bergerak dengan sendirinya melalui air pada kecepatan 22 mph. Penguin bisa menyelam sejauh ratusan kaki, dan tetap terendam selama 20 menit. Dan mereka bisa meluncurkan diri mereka keluar dari air seperti pesut, untuk menghindari predator di bawah permukaan atau kembali ke permukaan es.

Burung memiliki tulang berongga sehingga lebih ringan di udara, tapi tulang penguin lebih tebal dan lebih berat. Sama seperti penyelam SCUBA menggunakan bobot untuk mengendalikan daya apung mereka, seekor penguin bergantung pada tulang-tulangnya yang lebih besar untuk melawan kecenderungannya untuk mengapung. Ketika mereka perlu melakukan pelarian cepat dari air, penguin melepaskan gelembung udara yang terjebak di antara bulu-bulu mereka untuk segera mengurangi hambatan dan meningkatkan kecepatan. Tubuh mereka dirampingkan untuk kecepatan di dalam air.

4 Penguin makan semua jenis makanan laut, tapi tidak bisa mengunyahnya

Penguin tidak bisa mengunyah makanannya, tapi menelannya seluruhnya

Kebanyakan penguin makan apa pun yang mereka bisa menangkap saat berenang dan menyelam. Mereka akan memakan makhluk laut yang bisa mereka tangkap dan telan: ikan, kepiting, udang, cumi, gurita, atau krill. Seperti burung lainnya, penguin tidak punya gigi, dan tidak bisa mengunyah makanannya. Sebagai gantinya, mereka memiliki duri berdentang dan terbelakang di dalam mulut mereka, dan mereka menggunakannya untuk membimbing mangsanya ke tenggorokan mereka. Penguin berukuran rata-rata makan 2 pon makanan laut per hari selama bulan-bulan musim panas.

Krill, krustasea laut kecil, adalah bagian penting dari makanan untuk anak ayam penguin muda. Satu studi jangka panjang tentang diet penguin gentoo menemukan bahwa keberhasilan berkembang biak berhubungan langsung dengan berapa banyak krill yang mereka makan. Penguin orang tua mencari makan krill dan ikan di laut, lalu kembali ke anak ayam mereka di darat untuk memuntahkan makanan ke mulut mereka. Penguin Macaroni (Eudyptes chrysolphus) adalah pengumpan spesialis; Mereka bergantung pada krill saja untuk nutrisi mereka.

Baca Pengetahuan Terkait   Ini Cara Jitu Membedakan Kelomang Jantan dan Betina

5 Penguin adalah monogami

Seorang ayah penguin kaisar memperhatikan anaknya

Hampir semua spesies penguin melakukan praktik monogami, yang berarti pasangan pria dan wanita secara eksklusif satu sama lain untuk musim kawin. Beberapa bahkan tetap menjadi mitra seumur hidup. Penguin mencapai kematangan seksual antara tiga dan delapan tahun. Penguin jantan biasanya menemukan dirinya sebagai tempat persembunyian yang bagus sebelum mencoba memberi pertanda kepada seorang wanita.

Orang tua penguin bersama-sama, dengan ibu dan ayah merawat dan memberi makan anak-anak mereka. Sebagian besar spesies menghasilkan dua telur sekaligus, tapi penguin kaisar (Aptenodytes forsteri, yang terbesar dari semua penguin) hanya menghasilkan satu ekor ayam pada satu waktu. Penguin kaisar jantan bertanggung jawab untuk menjaga agar telur mereka tetap hangat, dengan memegangnya di kaki dan di bawah lipatan lemaknya, sementara perjalanan perempuan ke laut untuk makanan.

06 Penguin hanya tinggal di belahan bumi bagian selatan

Penguin tidak hanya tinggal di Antartika

Jangan bepergian ke Alaska jika Anda mencari penguin. Ada 19 spesies penguin yang dijelaskan di planet ini, dan semua kecuali satu di antaranya hidup di bawah garis katulistiwa. Terlepas dari kesalahpahaman umum bahwa semua penguin tinggal di antara gunung es di Antartika, itu juga tidak benar. Penguin tinggal di setiap benua di belahan bumi selatan, termasuk Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Sebagian besar pulau menghuni dimana mereka tidak terancam oleh predator besar. Satu-satunya spesies yang tinggal di sebelah utara khatulistiwa adalah penguin Galapagos (Spheniscus mendiculus), yang hidup, seperti dugaan Anda, di Kepulauan Galapagos.

07 Perubahan iklim merupakan ancaman langsung bagi kelangsungan hidup penguin

Penguin Afrika adalah spesies yang paling terancam punah

Para ilmuwan memperingatkan bahwa penguin di seluruh dunia terancam oleh perubahan iklim, dan beberapa spesies mungkin akan segera hilang. Penguin bergantung pada sumber makanan yang sensitif terhadap perubahan suhu laut, dan bergantung pada es kutub. Seiring pemanasan planet ini, musim pencairan es di laut berlangsung lebih lama, berdampak pada populasi krill dan habitat penguin.

Baca Pengetahuan Terkait   5 Jenis Lalat yang sering Anda Temui

Lima spesies penguin sudah tergolong terancam punah, dan sebagian besar spesies yang tersisa rentan atau hampir terancam, menurut International Union for Conservation of Nature’s Red List. Penguin Afrika (Spheniscus demersus) adalah spesies yang paling terancam punah dalam daftar satu spesies (parasit) memberi manfaat lebih dari spesies lain (host) commensalism – satu spesies menguntungkan sementara spesies kedua tidak terbantu atau terluka dalam hal-hal positif – kedua spesies memperoleh manfaat dari interaksi.

Sources:

7 Fakta Menarik Mengenai Penguin
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini