7 Jenis Makanan Terbaik untuk Kura-kura Brazil
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Apakah makanan yang baik untuk kura-kura daun? Faktanya bukan Anda sendiri yang memelihara kura-kura daun. Ada banyak sekali para penghobi di luar sana yang jatuh hati terhadap kura-kura yang berasal dari Brasil ini. Kura-kura daun memang sangat menggemaskan, apalagi ketika ukurannya masih kecil. Anda bisa bermain dengannya baik di daratan maupun perairan. Jadilah memelihara kura-kura daun sebagai hobi yang sangat mengasyikkan.

Sebagai pemilik, tentunya Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kura-kura brazilyang dipelihara. Kalau misalnya Anda mengaku tidak sanggup menjaga kebutuhan dasar kura-kura tersebut sebaiknya lepaskan saja. Jumlah makanan yang dikonsumsi seekor kura-kura daun tidak terlalu banyak kok. Aspek yang paling penting justru Anda harus memberikannya makanan yang bervariasi untuk mencegah kebosanan. Beruntung karena kura-kura merupakan binatang omnivora sehingga Anda bisa memberinya sayur-sayuran dan daging-dagingan.

Di bawah ini beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan kepada kura-kura Brazil!

  1. Pelet

Pelet merupakan makanan instan untuk kura-kura air. Makanan ini sangat praktis karena Anda tinggal memberikannya, pasti kura-kura langsung memakannya dengan lahap. Meskipun saat ini sudah ada pelet khusus untuk kura-kura, tetapi masih jarang lapak yang menjualnya. Sah-sah saja apabila Anda menggunakan pelet ikan untuk makanan kura-kura namun kebutuhan nutrisinya tidak dapat tercukupi dengan baik, khususnya kalsium. Jadi gunakan pelet hanya sebagai makanan selingan kura-kura di kala Anda sedang sibuk tidak mempunyai banyak waktu.

  1. Daging

Daging mengandung banyak sekali protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh kura-kura daun untuk mendukung pertumbuhannya. Jadi sesekali Anda bisa memberikannya makanan berupa daging-dagingan agar tidak terlalu menguras dompet. Daging ayam atau daging sapi bisa diberikan kepada kura-kura dalam kondisi mentah, namun lebih bagus kalau direbus terlebih dahulu supaya kondisinya steril. Jangan lupa untuk memotongnya kecil-kecil supaya kura-kura lebih mudah dalam memakan daging tersebut.

Baca Pengetahuan Terkait   10 Cara Untuk Merawat Akurium Laut Anda
  1. Telur

Hindari memberi makan kura-kura setiap hari sebab justru dapat memicunya mengalami obesitas. Kura-kura sebaiknya diberi pakan sebanyak 3 kali per minggu dengan waktu berselang-seling. Makanan pokok kura-kura yang kami anjurkan adalah telur rebus, terutama bagian putih telurnya yang banyak mengandung protein. Dalam setiap pemberian pakan Anda cukup memberikannya 1-3 butir telur rebus tergantung ukuran kura-kura. Berlebihan dalam memberinya pakan sangat tidak baik untuk kesehatan kura-kura.

  1. Udang

Kalau Anda menginginkan kura-kura yang dipelihara memiliki warna cerah seperti gambar di atas, berikanlah makanan yang banyak mengandung karoten. Zat karoten ini banyak terkandung di dalam udang sehingga Anda patut menggunakannya sebagai makanan selingan bagi kura-kura. Kupaslah udang tersebut dengan membuang bagian kepala dan kulit luarnya terlebih dahulu supaya aman dimakan oleh binatang peliharaan Anda.

  1. Buah

Kura-kura kecil biasanya hanya doyan mengonsumsi daging-dagingan. Namun setelah beranjak dewasa, kura-kura tersebut mau memakan buah-buahan. Semua buah yang mempunyai daging bertekstur lembut/lunak sangat disukai kura-kura. Di antaranya seperti pepaya, pisang, dan mangga. Berikanlah potongan-potongan buah ini sedikit demi sedikit agar kura-kura mau memakannya. Jangan memberikannya langsung banyak sekaligus sebab justru hanya akan mengotori air kolam.

  1. Sayur

Kura-kura juga makan sayur-mayur juga loh meskipun sebenarnya tidak terlalu suka. Sayur-sayuran bisa Anda berikan untuk mencukupi kebutuhan kura-kura akan vitamin, mineral, dan serat. Beberapa contoh sayuran yang baik untuk kura-kura antara lain wortel, sawi putih, lobak, dan kangkung. Sebaiknya berikanlah sayuran pertama kali sebelum Anda memberikan jenis makanan yang lain. Sebab kalau kura-kura diberikan daging dulu, maka ia pasti enggan mengonsumsi sayuran.

  1. Ikan Kecil

Ikan kecil yang masih hidup merupakan makanan yang sangat disukai oleh kura-kura sekaligus menjadi hiburan tersendiri baginya. Kura-kura tersebut biasanya akan bermain-main dengan ikan kecil terlebih dahulu sebelum memakannya. Hal ini tentunya sangat bagus bagi kesehatan jasmani dan rohaninya sebab kura-kura merasa senang. Anda bisa menggunakan ikan-ikan kecil yang banyak terdapat di sungai atau anakan ikan mas. Hindari memasukkan ikan yang mempunyai patil/duri tajam seperti ikan lele atau ikan betok karena malah dapat membahayakan si kura-kura.