Panduan Terlengkap Cara Merawat Lovebird
Jika Bermanfaat, Berikan Penilian untuk Artikel ini

Penting memang perawatan sebagi alat untuk membuat binatang peliharaan senantiasa sehat dan fit, apalagi jenis burung kicau pastinya memerlukan perawatan khusus agar tetap fit dan bunyi. Pada burung, berkicau adalah salah satu tanda bahwa burung tersebut dalam keadaan sehat dan nyaman dengan apa yang dia rasakan didalam sangkar. Berbagai tips dan harasia para pecinta burung kicau melakukan perawatan dan setelan agar burung kesayangannya dapat dilombakan dan menjadi sang juara. Tentunya jika burung tersebut juara dalam suatu lomba, maka harganyapun semakin mahal bahkan hingga 500 kali lipat harga awal.

Cara Merawat Lovebird Harian (Berlanjut)

  1. Pada pagi hari burung lovebird dan kandangnya dikeluarkan dari dalam rumah, bersihkan kotoran yang ada didalam kandang dan jemurlah dengan waktu maksimal 30 menit. Jangan selalu menaruhnya didalam rumah, karena dia juga membutuhkan udara segar pencegah stress. Waktu yang digunakan untuk menjemur paling bagus adalah jam 07.00-07.30. Setelah dijemur mandikan (mandi semprot) menggunatan spray khusus untuk memandikan burung peliharaan.
  2. Setelah selasai dengan langkah nomor 1, maka jemurlah lovebird agar untuk mengeringkan bulu sayap yang basah, dia akan melakukan didir. Penjememuran ini harus dengan pangamatan agar kondisi lovebird sudah benar-benar kering sebelum diambil. Penjemuran dilakukan dengan lovebird lainnya, jika memiliki lebih sari 1 lovebird.
  3. Setelelah selasai dijemur, pindahkan ditempat yang teduh (angin-anginkan) selama 10 meni-an, selanjutnya tutup kandang dengan kain penutup. Dalam kondisi tertutup antara pukul 10-15.00, bisa dilatih dengan masteran lainnya, atau lovebird yang lebih bagus. Agar burung lovebird yang ditutup mendengarkan burung lain yang berkicau.
  4. Pada sore hari setelah jam 15.00 dapat diangin-anginkan lagi, atau bahkan dimandikan kecil, semprot jangan terlalu basah, penganginan dapat dialakukan 30 menitan.
  5. Pada malam hari, tutup kembali sangkar dengan kain penutup, dan dapat dipuutarkan masteran hingga pagi hari.
  6. Jagalah kebersihan sangkar, bersihkan secara rutin dan berkelanjutan setiap harinya.
  7. Pemberian makanan yang teratur jangan sampai telat.
  8. Berikan makanan seperti sayur sayuran dan beberapa tambahan, untuk lebih lengkap makanan yang bagus buat lovebird.
  9. Selain makanan juga harus diberikan vitamin dan nutrisi seperti Vitbird atau Mineralbird. 
  10. Lakukan 9 hal ini secara terus menerus dan terus berlanjut, dan  sekitar waktu 6 bulan burung lovebird Anda sudah mengalami perubahan yang signifikan, menjadi semakin sehat dan pandai berkicau.

Cara Merawat Lovebird Sebelum Lomba

  1. 3 hari sebelum lomba dilakukan berikan tambahan bijian Extra Fooding pada campuran pakan bijiannya.
  2. 2 hari sebelum lomba dilakukan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan burung sebaiknya dijemur maksimal 20 menit saja.
  3. Yang terakhir pada detik-detik lomba akan dimulai, 1 Jam sebelum di gantang lomba, berikan makan kangkung segar.

Cara Merawat Lovebird Sedang Birahi

  1. Yang wajib dilakukan adalah melakukan pengembunan, bisa dilakukan pada jam (05.30-06.00).
  2. Memandikannya lebih sering antara waktu seperti, pagi-siang dan sore, setelahnya dijemur.
  • Untuk penjemuran dilakukan pengurangan menjadi 30 menit/hari saja.
  • Burung lovebird yang sedang birahi sebaiknya asingkan, jangan sampai melihat dan mendengar suara burung lovebird lain dahulu untuk sementara waktu.

 Cara Merawat Lovebird Sedang Tidak Birahi

  1. Untuk pemberian makanan seperti sayuran segar dan extra fooding dapat diperbanyak.
  2. Memandikan dilakukan hanya dengan 2 hari sekali saja.
  3. Sebaiknya penjemuran dilakukan selama kurang lebih 60 menit/hari.
  4. Berikan beberapa makanan tambahan yang mengandung vitamin dan  mineral secara teratur.

Cara Merawat Lovebird Sedang Mabung

  1. Sebaiknya burung ditempatkan ditempat yang sepi dalam keadaan kandang yang tertutup kain penutup (kerodong). Burung Lovebird yang sedang dalam mabung harus banyak dalam kondisi terkerodong baik siang atau malam.
  2. Mandikan burung lovebird yang sedang mabung hanya 1x seminggu saja, dan penjemuran dilakukan selama 30 menit,
  3.  Makanan yang akan kita berikan ditingkatkan porsinya, makanan akan berguna untuk membantu  sel-sel baru dan untuk mempercepat pertumbuhan bulu baru. Pakan yang baik dalam keadaan mabung seperti: Biji bunga matahari, biji kacang hijau, biji fumayin dan variasikan pemberian sayuran segar dan buah.
  4. Berikan Vitamin dan Mineral secara teratur dalam 2x seminggu.

Catatan khusus,lovebird dalam keadaan mabungakan lebih banyak diam dan mendengar, disaat masa-masa iilah yang sangat tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Pemasteran harus dilakukan dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master yang akan didengarkan siburung mabung.

Baca Pengetahuan Terkait   Koordinat Hotspot Mancing di Pulau Seribu